Beranda Updates Pabrik Hentikan Produksi, Nissan: Kami Tetap Eksis

Pabrik Hentikan Produksi, Nissan: Kami Tetap Eksis

JAKARTA, Carvaganza.com – Nissan sudah memastikan penghentian operasi pabrik mereka di Purwakarta, Jaw Barat. Meski demikian PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai pemegang merek Nissan Tanah Air, menegaskan bahwa mereka tidak angkat kaki dari pasar Indonesia. NMI akan tetap melayani penjualan dan purna jual baik untuk Nissan dan Datsun di Indonesia.

“Mohon agar masyarakat tidak salah persepsi. Ini tidak ada dampaknya bagi konsumen,” jelas Hana Maharani, Head of Communications NMI, Senin (23/3/2020) kemarin. “Karena Nissan tetap eksis di Indonesia, kita terus menyediakan rangkaian produk dan layanan sales dan aftersales buat konsumen di Indonesia,” kata dia.

Ia mengakui jika pabrik yang dihentikan tersebut memproduksi Nissan dan Datsun Go dan GO+. Meski demikian secara operasional tidak akan pengaruhnya bagi jalannya NMI. Pihaknya juga fokus untuk meningkatkan merek Nissan dengan terus menghadirkan ragam kendaraan terbarunya di Indonesia. “Tidak ada dampakya sih ke konsumen kita. Karena, mobil kita selama ini tidak diproduksi di sini. Selama ini produksi di Jepang dan Thailand,” tegas Hana.

Hana menjelaskan pengumuman penutupan pabrik itu sudah ada sejak Januari 2020. Sementara mobil-mobil Nissan yang saat ini ada itu diproduksi di luar Indonesia seperti di Jepang dan juga Thailand.

“Mobil kami selama ini tidak diproduksi di sini. Selama ini produksi di Jepang dan Thailand,” kata Hana. MPV Nissan Serena dan SUV X-Trail diproduksi di Jepang. Sementara SUV Nissan Terra, March, Navara, dan Juke didatangkan dari Thailand. “Kecuali Livina diproduksi di pabrik mitra aliansi atau pabrik Mitsubishi,” katanya.

Baca juga: Tak Produktif, Nissan Hentikan Produksi Pabrik di Indonesia

Foto: Aditya Pratama

Penegasan

Sebelumnya, President Director PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi menjelaskan bahwa keputusan Nissan itu menjadi bagian dari rencana optimisasi rightsizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis. Rencana ini merupakan bagian strategi Nissan global.

“Nissan telah memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di pabrik Nissan di Indonesia. Ini adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup rightsizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis,” ungkap Sekiguchi dalam keterangan resminya.

Sama seperti Hana, ia juga menegaskan jika Nissan tidak akan meninggalkan pasar Indonesia. Produsen kendaraan asal Jepang itu akan terus mengisi pasar Indonesia dengan berbagai produk unggulan mereka ke depannya melalui mitra Aliansi dari Nissan.

“Kami ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan rangkaian produk Nissan dan memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada pelanggan kami di sini,” tegas dia.

Baca juga: Siap Bertarung, Nissan Luncurkan Kompak SUV Murah Tahun Ini

WAHYU HARIANTONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto