Beranda Updates Tak Produktif, Nissan Hentikan Produksi Pabrik di Indonesia

Tak Produktif, Nissan Hentikan Produksi Pabrik di Indonesia

JAKARTA, Caravaganza.com – Nissan akhirnya mengumumkan penghentian operasi pabriknya di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat. Produksi meliputi mobil Nissan maupun Datsun dilakukan sejak awal tahun ini. Tingginya biaya produksi dan turunnya penjualan selama beberapa tahun terakhir disebut menjadi pemicu utama diambilnya keputusan ini.

Nissan Motor Company, pabrikan terbesar kedua di Jepang, menyatakan harus mengambil langkah tersebut. Upaya ini sebagai konsolidasi produksi global, menghadapi penurunan penjualan yang bisa mengancam kelangsungan perusahaan sendiri. “Ini merupakan bagian dari rencana untuk memperbaiki, mengoptimalkan produksi, dan mengatur ulang operasi bisnis,” tulis pernyataan Nissan yang dilansir Reuters.

Pengurangan produksi, yang berujung pada penutupan pabrik, diperlukan untuk mempercepat pemotongan biaya dan membangun ulang operasi mereka. Bulan lalu, brand aksasa Jepang berusia 86 tahun itu mencatatkan kerugian kuartal untuk pertama kalinya dalam satu dekade bulan lalu. Hal ini memaksa mereka memangkas perkiraan laba tahunannya.

Retrukturisasi besar-besaran diumumkan CEO baru Nissan Makoto Uchida pada Mei lalu Nissan mengalami kekacauan sejak penangkapan dan pemecatan pemimpin lama Carlos Ghosn pada akhir 2018.

Baca juga: Siap Bertarung, Nissan Luncurkan Kompak SUV Murah Tahun Ini

Pengaturan Ulang

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang membawahi Nissan di Tanah Air membenarkan berita tersebut. Disebutkan keputusan ini sudah dilakukan sejak awal tahun. “Nissan telah memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di pabrik Nissan di Indonesia sejak Januari,” tulis pernyataan Isao Sekiguchi, President Director PT Nissan Motor Indonesia.

Dalam pernyataannya, Isao Sekiguchi mengatakan penghentian ini adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup rightsizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis. Sejumlah reformasi strategis dirancang untuk membangun basis operasional yang akan memastikan profitabilitas yang konsisten dan berkelanjutan dalam jangka menengah.

“Kami akan terus bekerja dengan mitra Aliansi kami untuk memastikan footprint manufaktur di Indonesia. Kami terus berfokus untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia dengan terus menghadirkan model-model baru,” katanya.

Langkah ini sebenarnya sudah diumumkan oleh NMI pada akhir tahun 2019 lalu, untuk menyudahi aktivitas produksinya. Nissan memproduksi Livina dan Grand Livina pada 2018 lalu, sebelum generasi baru Livina hadir diproduksi Mitsubishi. Sementara Datsun akan mengakhiri masa produksinya sejak merek ini lahir kembali pada tahun 2014 lalu. Aktivitas produksi di NMI Plant 2 itu akan berdampak pada model Datsun GO dan GO+. Sementara untuk Datsun CROSS sudah dihentikan produksinya sejak September 2019.

Sebagai informasi, saat ini NMI menjajakan Nissan Livina, Serena, X-Trail, Terra, Juke, Navara dan March. Isao menekankan jika mereka tetap beroperasi di Indonesia. “Kami ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan rangkaian produk Nissan dan memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada pelanggan kami di sini,” kata dia.

Baca juga: Ada Logo Baru, Tanda Nissan Siapkan Penerus 370Z?

WAHYU HARIANONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Rolls-Royce Sekarang Jualan Kursi Lipat Seharga Rp 125 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Kalau Anda seorang pemilik Rolls-Royce yang tinggal di daerah Cilebut dan setiap harinya pergi ke kantor naik KRL (Kereta Rel Listrik)...

Semua Maserati Akan Bermesin Listrik Pada 2025

JAKARTA, Carvaganza.com – Maserati mungkin bukan salah satu brand otomotif yang getol memperkenalkan jajaran mobil listriknya. Namun mereka berjanji akan mengejar ketertinggalannya dari produsen...

Dua Mobil Super Mewah Jepang Ini Buatan Australia

JAKARTA, Carvaganza.com - Toyota Century jadi limosin paling mewah yang pernah dibuat oleh pabrikan Jepang. Mobil ini benar-benar mendefinisikan ulang arti kata mewah untuk...

Daihatsu Sharing Teknologi Terios untuk 100 Guru SMK se-Jawa Tengah

JAKARTA, Carvaganza - Astra Daihatsu Motor (ADM) terus berkomitmen memberikan berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa melalui salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yakni pada...

Astra Peugeot Sunter Dibuka Kembali, Hadir dengan Desain dan Fasilitas Baru

JAKARTA, Carvaganza -- Astra Peugeot Sunter kembali beroperasi dan siap menyapa publik. Pada pengujung 2020 ini, Astra Peugeot Sunter resmi dibuka kembali. Selain tampilan...