Beranda Drives Siap Bertarung, Nissan Luncurkan Kompak SUV Murah Tahun Ini

Siap Bertarung, Nissan Luncurkan Kompak SUV Murah Tahun Ini

NEW DELHI, Carvaganza.com – Meski terbilang agak terlambat, Nissan dikabarkan akan segera ikut bertarung di segmen SUV murah. Produk ini tengah digodok di India. Rencananya model ini akan diluncurkan tahun 2020. Planning Nissan ini diindikasikan dengan gambar yang dirilis Nissan Motors India. Mobil berkode EM2 ini bakal bersaing dengan Hyundai Venue, Maruti Suzuki Vitara Brezza dan Tata Nexon.

Jika jadi terwujud, Nissan EM2 menjadi SUV terkecil pabrikan, tepatnya posisi di bawah Kicks. Aliansi dengan Renault sangat dimanfaatkan, terutama berbagi platform. Masuk dalam segmen SUV kecil di sana, berarti menyasar konsumen berbujet rendah. Basisnya mengambil dari Renault HBC yang dijadwalkan meluncur tahun ini juga. Tak lain masih satu rangka dengan small MPV Renault Triber, yaitu platform CMF-A+.

Gambar yang disebar rancang desain Nissan begitu terasa, malah terbaca sedikit bahasa sama dengan Kicks. Paling kentara dari otot menyembul di area fender yang diakhiri bokong hatch. Bedanya, permainan ala floating roof yang memindahkan area mengambang di pilar-D bagian atas. Desain lampu belakang mengingatkan sang kakak X-Trail. Sementara lampu utama meruncing panjang sebagai pembentuk garis bodi samping.

Baca Juga: Lawan Toyota C-HR Hybrid, Nissan Kicks e-Power Diduga Kuat Segera Dijual di Indonesia
Baca Juga: Nissan X-Trail dan Dua Model Lain mendapat Trim Anyar, Tema Gelap Bertabur Teknologi

Spesifikasi dan Mesin

Belum ada informasi mengenai spesifikasi yang dilansir Nissan India. Mereka hanya memberi sedikit informasi seputar teknologi. “Dilengkapi teknologi terkini yang menjadi bagian dari Nissan Intelligent Mobility, dan sesuai visi perusahaan bagaimana kendaraan digerakkan, dikendarai dan terintegrasi dengan masyarakat,” kata Nissan dalam siaran pers. Ini cukup menggambarkan kandungan teknologi Nissan termutakhir, dalam hal konektivitas maupun asistensi berkendara.

Bicara drivetrain yang paling cocok, pasti mengacu pada Renault sebagai basis utama. Besar kemungkinan meminjam dari Renault HBC, sebuah mesin bensin 3-silinder 1,0-liter turbo bertenaga 95 PS. Salah satu opsi mesin juga untuk Triber, begitu pula transmisi manual 5-speed yang masih jadi pilihan utama pasar India. Itu saja spek yang bisa ditebak.

Saat ini India menjadi pusat berkembangnya SUV murah. Kontestasinya besar sekaligus permintaannya tinggi dan bertumbuh masif. Model baru pun semakin banyak bermunculan, karena memang sedang banyak peminatnya. Maruti Suzuki Vitara Brezza dan Hyundai Venue masih penguasa segmen yang juga disebut SUV sub-4m ini.

EM2 ini akan menjadi produk SUV Nissan pertama buatan Hindustan. Pengembangan produk baru menjadi strategi pabrikan Jepang itu menyusul berbagai masalah yang menghantam mereka dalam beberapa tahun terakhir. Kasus Carlos Ghosn dan diskontinu merek Datsun, Nissan jelas membutuhkan satu model baru untuk mendongkrak nama mereka.

Baca juga: Nissan Rilis Kompak SUV Murah Berbasis Renault Triber Tahun Ini

Sumber: Zigwheels

ANINDIYO PRADHONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto