Mobil Toyota Rush 2022

Toyota Rush generasi kedua berubah total di 2017. Hilang sudah ban cadangan bergaya ‘konde’’ menggantung di pintu bagasi. Desain barunya revolusioner dan terlihat lebih gagah bak crossover yang lebih dewasa dan mapan. Apalagi versi terbaru GR Sport yang meluncur di 2021, lebih banyak lagi fitur canggih yang dimilikinya, seperti smartphone remote app.

 

Menariknya, setelah datang Toyota Avanza dan Veloz terbaru di akhir 2021, harga Rush dengan Avanza dan Veloz kini jadi saling beririsan. Toyota Rush dijual RP 245,5 juta – Rp 267,1 juta. Sebagai perbandingan Toyota Avanza dijual Rp 206,2 juta – Rp 264,4 juta sedangkan Toyota Veloz dijual Rp 251,2 juta – Rp 291,5 juta.

Baca Selengkapnya Tutup
  • Tampak Depan Bawah Toyota Rush
  • Tampak samping Rush
  • Tampak Depan Toyota Rush
  • Tampak belakang Rush
  • Tampak Grille Rush
  • Fog lamp depan Rush
  • Lampu depan Rush
  • lampu belakang Rush
  • handle pintu Rush
  • Pelek Rush
  • Tampak depan medium Toyota Rush
  • Tampak depan medum angle Rush
  • Fog lamp belakang Rush
  • Toyota Rush Drivers Side Mirror Rear Angle
Rp 275,35 - Rp 298,65 Juta DP Rp 68,84 Juta EMI : Rp 6,28 Juta x 36
Fuel Petrol Engine 1496 cc Tempat Duduk 7 Kursi Transmission Manual

Harga Toyota Rush

  • All
  • Petrol
  • G MT
    Rp 275,35 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin
  • G AT
    Rp 286,15 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin
  • 1.5 S MT GR Sport
    Rp 287,95 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin
  • Value For Money 1.5 S AT GR Sport
    Rp 298,65 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin
  • G MT
    Rp 275,35 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin
  • G AT
    Rp 286,15 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin
  • 1.5 S MT GR Sport
    Rp 287,95 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin
  • Value For Money 1.5 S AT GR Sport
    Rp 298,65 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin

Toyota Rush Varian dengan value for money terbaik

Varian dengan nilai value for money terbaik untuk Toyota Rush adalah 1.5 S A/T GR Sport. Alasannya singkatnya, karena dilengkapi dengan banyak sekali kelebihan dibanding varian standar atau tipe G.

 

Pertama desain luarnya yang sudah diimbuhi body kit terbaru bergaya sporty lengkap dengan emblem GR Sport yang eksklusif. Desain velg 17-inci machining alloy juga berbeda. Begitupun dehgan fungsi spion lipat elektrik yang fungsional.

 

Masuk ke dalam kabin banyak kelebihan mobil ini dibanding varian G. Mulai dari material soft touch di dashboard, lingkar kemudi berbalut kulit, AC digital dengan mode auto hingga sistem audio 8-speaker.

 

Fitur tambahan khusus varian GR Sport yang baru diluncurkan pada 2021 juga semakin mewah. Mulai dari Automatic Idling Stop System dan sistem multimedia dengan konektivitas smartphone, Weblink (Waze support), DVD AVX7” hingga bisa terhubung dengan internet. Ditambah lagi fitur smartphone remote app hanya tersedia di Toyota Rush 1.5 S GR Sport yang harganya Rp 257,5 juta untuk yang bertransmisi manual dan Rp 267,1 untuk yang bertransmisi otomatis.

Baca Selengkapnya Tutup

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush

Dapatkan wawasan yang lebih baik tentang Toyota Rush, Baca pendapat ahli kami dan bantu untuk membeli atau tidak

Skor Penilaian Carvaganza untuk Toyota Rush

3/5

Overall rating

Dinilai oleh Rizki Satria Carvaganza

  • Toyota Rush - Value For Money

    4.5 Bintang

    Menilik dirinya sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia, Toyota Rush diacungi jempol lantaran masih menjual mobil ini dengan harga yang relatif lebih murah dibanding kompetitor di kelasnya. Bahkan harganya lebih murah ketimbang Toyota Veloz ataupun Mitsubishi Xpander sekalipun. Hebatnya, meski bukan dengan fitur yang terlengkap, Toyota Rush tetap dipandang sebagai kontestan low SUV dengan nilai kelayakan untuk dimiliki yang tinggi. 

     

    Selain harganya yang relatif lebih rendah, Rush punya keunggulan yang tak dimiliki rival. Sistem penggerak roda belakang (Rear-Wheel Drive) menjadi keunggulan utamanya dibanding kompetitor. Jutaan konsumen Rush di seluruh Indonesia sudah mengamini, performa dan ketangguhan mobil ini untuk dipakai di beragam medan.

     

    Mesinnya yang irit turut menunjang. Belum lagi kelapangan kabin dan kemampuan angkut 7-penumpang dengan cukup nyaman. Memang, Toyota Rush tidak sempurna. Model yang relatif belum mendapatkan penyegaran dibanding kompetitor menjadi salah satu kekurangannya.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Eksterior Rush

    3.5 Bintang

    Tampilan generasi kedua Rush jauh berbeda dari sebelumnya! Jika diibaratkan, perubahannya sebanding dengan Kijang Kapsul saat berevolusi ke Kijang Innova.

     

    Pendekatan dinamis, dengan wajah yang sleek, lampu yang tajam, grille besar yang jauh dari pakem hingga bemper yang eksentrik, membuat kami bertanya, apa yang menginspirasi desain ini. Menurut Toyota, pendekatan ini karena ingin membuat Rush sebagai mobil high end, mobil yang mewah nan canggih. Alhasil, parasnya dibuat sangat tampan, dengan empat buah garis bonnet yang tegas dan aksentuasi bemper yang mencirikan Toyota generasi sekarang.

     

    Ada beberapa pihak yang menyebut tampangnya mirip Honda CR-V atau HR-V. Biarkan saja komentar seperti itu, toh persepsi desain memang sangat subjektif. Faktanya, Toyota sukses memberikan napas baru bagi Rush untuk bersaing di industri otomotif Indonesia.

     

    Ketimbang disebut Low SUV, Rush lebih cocok dipanggil crossover. Soalnya, ciri khas SUV justru tak sekental dulu. Jikapun ada yang bisa kami pantau adalah side moulding di bagian penampang roda, skidplate, hingga roof rail yang memang fungsional.

     

    Di atas kertas, konon panjang rush naik 23 cm dibanding sebelumnya. Konon hal itu dikarenakan Toyota ingin memberikan ruang lebih lapang pada kabinnya. Padahal, upaya ini ditempuh dengan mempertahankan basis wheelbase yang sama. Jangan heran jika angka lebar dan tingginya pun tak berubah.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Interior Toyota Rush

    3.5 Bintang

    Lantaran mengubah desain secara keseluruhan, interior pun turut dibenahi dengan aura yang sama. Tapi aura SUV justru lebih terasa di kabin ketimbang di luar. Layout dasbor yang tegak, dengan tampilan simetris antara penumpang dan pengemudi, menjanjikan kesan yang gagah.

     

    Material plastik keras memang mendominasi kabin, apalagi di tipe G. Namun untuk tipe GR Sport, material soft touch sudah membalut beberapa ornamen. Tampilannya lebih mewah. Sayang material kulit murah ini tak disematkan juga pada jok meski lingkar kemudinya sudah dibalut kulit.

     

    Fitur keren yang bisa kami catat, smart stop sebagai standar semua tipe. Pada tipe tertinggi terdapat Smart entry, material soft touch di dashboard, lingkar kemudi berbalut kulit, AC digital dengan mode auto hingga sistem audio 8-speaker.

     

    Fitur tambahan khusus varian GR Sport yang baru diluncurkan pada 2021 juga semakin meningkatkan kualitas interior. Mulai dari Automatic Idling Stop System dan sistem multimedia dengan konektivitas smartphone, Weblink (Waze support), DVD AVX7” hingga bisa terhubung dengan internet. Ditambah lagi fitur smartphone remote app hanya tersedia di Toyota Rush 1.5 S GR Sport.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Mesin, Performa & Konsumsi BBM Rush

    3.5 Bintang

    Soal performa tak banyak yang bisa dibanggakan. Soalnya meski mesin yang digunakan baru untuk Rush, namun unit ini merupakan jantung pacu milik Avanza lama. Mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1,5 liter ini mampu mencipta daya hingga 104 dk. Torsi untuk mencipta momentumnya dipatok pada angka 136 Nm.

     

    Angka ini memang bukan figur yang impresif bagi kelas SUV. Namun menurut Toyota, komposisi ini menjanjikan performa efisiensi yang lebih baik. Apalagi dengan skema penggerak roda belakang, Rush dirasa masih mampu menghadirkan performa gerak yang optimal.

     

    Besar kemungkinan Toyota Rush juga akan mengikuti paltform yang sama dengan yang digunakan Toyota Avanza. Apakah sistem penggerak roda depan dengan transmisi otomatis CVT yang diguanakan pada Toyota Avanza dan Veloz juga akan diterapkan pada Rush terbaru nantinya? Kita tunggu saja.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Pengendaraan dan Pengendalian Toyota Rush

    4 Bintang

    Toyota Rush generasi kedua sudah menggunakan peranti canggih penunjang pengendaraan, Vehicle Stability Control (VSC). Dengan sistem hidraulik yang terintegrasi dengan rem, serta sensor yang membaca sudut kendaraan serta kemudi. Komputer bisa mengkalkulasi kondisi kendaraan dan memberikan dukungan pada gas serta rem agar mudah dikendalikan. Sistem ini membantu pengemudi ketika melajukan mobil dengan manuver ekstrem. Fitur lain yang bisa menunjang pengendaraan, Hill Start Assist. Pemandu ini siap menjaga mobil dari kehilangan daya rem saat memulai start di tanjakan.

     

    Dari keterangan pihak Toyota, konon mobil ini disebut lebih asyik dikendalikan. Radius putarnya saja, katanya, terpangkas 20 cm dari versi Rush ‘berkonde’. Belum lagi revisi besar-besaran pada suspensinya. Hal itu tentu bisa berimbas pada keasyikan bermanuver. Caster angle di keempat sudut disesuaikan dengan perubahan yang terjadi pada Rush. Ini salah satu yang membut Rush terasa lebih enak dikendarai dan dikendalikan dibanding sebelumnya.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Fitur keselamatan Rush

    4 Bintang

    Rem cakram berventilasi diameter 16 inci, tentu sudah lebih dari cukup. Tapi semoga saja sepasang cakram depan ini mampu memberikan redaman optimal. Soalnya rem belakangnya masih tromol.

     

    Untuk fitur pendukung pengereman, ada unit Antilock Braking System yang siap menjaga sistem rem dari terkunci. Sehingga ketika pengemudi melakukan pengereman ekstrem, mobil masih dapat dikendalikan arahnya.

     

    Lebih utama, Toyota Rush dibekali dengan 6 airbag, Hill Start Assist dan lulus uji tabrak ASEAN NCAP dengan predikat 5 bintang. Sayangnya, Toyota Rush belum dibekali dengan fitur keselamatan terpadu, TSS.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Daya Tahan Toyota Rush

    4 Bintang

    Urusan daya tahan, siapa yang mau menyangsikan kualitas Toyota Rush. Low SUV ini dikenal tahan banting dan dapat diandalkan dipakai untuk beragam situasi. Tidak banyak kendala berarti yang ditemukan konsumen Toyota Rush selama memilikinya. Tentu saja, kondisi mobil Anda ditentukan oleh seberapa apik Anda merawatnya.

  • Layanan Purna Jual Rush

    4.5 Bintang

    Berpuluh tahun sudah Toyota ada di Indonesia. Selama itu pula Toyota dikenal sebagai salah satu produsen mobil dengan layanan purna jual terbaik di Indonesia. Bahkan tak sedikit konsumen setia yang tak rela mengganti Toyota miliknya dengan mobil dari brand lain atas alasan ini.

     

    Kesetiaan itu diwariskan turun-temurun ke anak cucu yang juga sudah merasakan sendiri betapa mudahnya merawat mobil-mobil Toyota. Layanan purna jual yang baik serta ketersediaan suku cadang yang memadai. Populasi kendaraan Toyota yang tinggi juga membuat banyak produsen suku cadang aftermarket menawarkan alternatif yang sepadan baik secara harga maupun kualitas. Sehingga jarang konsumen Toyota kesulitan menemukan suku cadang untuk kendaraannya.

    Baca Selengkapnya Tutup

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Toyota Rush

Berapa ground clearance Toyota Rush?

Toyota Rush GR Sport memiliki jarak terendah (ground clearance) setinggi 220 mm.

Berapa jarak sumbu roda Toyota Rush?

Toyota Rush memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) 2.685 mm.

Toyota Rush memakai rem belakang apa?

m belakang Toyota Rush masih menggunakan rem belakang model drum atau tromol.

Berapa ukuran ban Toyota Rush?

Ukuran ban depan dan belakang Toyota Rush adalah 215/65 R16 untuk tipe G dan 215/60 R17 untuk tipe GR Sport.

Mobil Toyota

Alternatif Toyota Rush

Updates - Toyota Rush

Artikel Lainnya

Features - Toyota Rush

Artikel Lainnya

Community - Toyota Rush

Artikel Lainnya