Back To The Future! Inilah DeLorean DMC-12 Versi Abad Ke-21

JAKARTA, Carvaganza.com – Tentu sangat menyenangkan rasanya bisa kembali ke masa lalu atau pergi ke masa depan sesuka hati. Tema ini sukses mengantarkan trilogi film Back To The Future cukup populer di tahun 1980-an. Gara-gara film ini, nama DeLorean terangkat. DMC-12 kendaraan futuristis disulap oleh Doctor Emmett ‘Doc’ Brown menjadi mesin waktu bertenaga flux capacitor.

Hampir empat puluh tahun kemudian, predikat mobil Science-Fiction Back To The Future pun masih melekat erat pada DeLorean DMC-12. Banyak yang berharap satu-satunya mobil ciptaan John DeLorean itu ada versi barunya. Karena pada masanya, mobil sport yang didesain oleh Giorgetto Giugiaro itu punya tampilan futuristis dengan pintu gull-wing unik. Konon kini kabarnya hanya tersisa 6.500 unit yang masih layak beroperasi dari total 9.000 unit kendaraan yang diproduksi.

Harapan untuk melihat DeLorean generasi terbaru memang jauh dari angan. Tapi sebagai penyeduh rasa, seorang desainer mobil asal Spanyol, Angel Guerra, menciptakan rupa digital DMC-12 versi abad ke-21. Usut punya usut, sama seperti saya, Angel juga salah seorang penggemar film Back To The Future dan DeLorean DMC-12.

“Waktu saya menonton film ini saya mungkin masih berusia 6 atau 7 tahun. Walaupun masih kecil, tapi film itu terus melekat di otak saya hingga kini. Karena sejak saya melihat mobil itu di film Back To The Future, saya langsung tahu cita-cita saya ingin menjadi seorang desainer mobil,” ujar Angel seperti yang kami kutip dari Retrogeist.



Menurut Angel, ia menghabiskan waktu selama dua minggu untuk menciptakan desain mobil ini. Dalam menciptakan karyanya itu, ia mempelajari karya-karya desainer Giugetto Giugiaro. Ia juga mengambil inspirasi dari beberapa mobil buatan Italia seperti Lancia Montecarlo. “Saya mengambil bahasa desain mobil-mobil Italia dan memadukannya dengan ciri khas mobil Jerman yang minimalis,” ujar desainer Rimac Automobili itu.

Angel membuat dimensinya lebih besar dari versi originalnya. Bodinya melebar guna memuat ban dan velg sporty yang berukuran raksasa. “Idenya adalah mendesain mobil ini sesederhana mungkin. Tak banyak lekukan dan proporsinya rapih,” lanjutnya.



Meski banyak perubahan, tapi banyak pula elemen desain klasik DeLorean lawas yang dipertahankan Angel untuk karyanya. Misalnya pintu gull-wing dan kaca jendela belakang. Karya Angel ini pantas untuk dijadikan sebagai hadiah untuk peryaan 40 tahun DeLorean yang pertama kali diciptakan pada 1981.

Sayangnya hingga kini belum ada kabar tentang rencana hidup kembalinya mobil DeLorean DMC. Begitupun dengan rumor yang akan mereboot trilogy film garapan Robert Zemeckis ini. Sebagai informasi, saat pembuatan film ini Robert Zemeckis dimentori secara langsung oleh produser kawakan, Steven Spielberg.

Walaupun kecil harapan DeLorean versi modern terlahir kembali, maupun film Back To The Future terbaru terwujud, tetapi gambar reender Angel Guerra cukup untuk menjadi obat rindu bagi saya dan banyak lagi penggemar film dan mobil ini.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Toyota Supra Tampil Seksi Dengan Atap Targa Di SEMA Show 2020



Sumber: Retrogeist

Artikel yang direkomendasikan untuk anda