Toyota Supra Tampil Seksi Dengan Atap Targa Di SEMA Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Perhelatan SEMA Show 2020 terpaksa ikutan jadi virtual. Meski begitu, bukan berarti tak ada mobil penarik atensi yang tampil di pameran otomotif virtual ini. Salah satunya, Toyota Supra Sport Top Concept.

Mobil yang hanya dibuat satu unit untuk keperluan pameran saja ini mengambil basis Toyota Supra Heritage Edition yang tampil di SEMA Show tahun sebelumnya. Toyota kemudian membawa mobil itu ke salah satu bengkel mereka di Fort Worth, Texas dan memotong atapnya. Lalu Pusat Divisi Riset dan Pengembangan Toyota Amerika Utara di Ann Arbor, Michigan datang dengan panel atap hasil cetak 3-Dimensi. Jadilah Toyota Supra Heritage Edition beratap targa yang bisa dicopot-pasang sesuka hati. Atapnya itu bisa disimpan rapih ke dalam bagasinya.



Lantaran sudah tak punya atap lagi, untuk menunjang faktor keselamatannya, Toyota memperkuat struktur rangka dan bodi di dekat bagian atap. Supaya terlihat lebih agresif, terpasang velg 19-inci HRE yang dibalut ban Toyo Proxes. Pengeremannya diganti dengan Brembo.

Mesin 3,0 liter turbocharged 6-silinder sumbangan BMW menjadi sumber tenaganya yang baru. Mesin ini menghasilkan 382 hp tenaga dan 499 Nm torsi puncak. Mesin barunya ini punya performa 47 hp lebih bertenaga dengan peningkatan torsi 4 Nm dibanding mesin sebelumnya. Menurut klaim, Supra yang lebih bertenaga ini mampu melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam hanya dalam tempo 3,8 detik saja.



Walaupun punya performa yang lebih beringas dan tampilan yang lebih agresif, namun menurut Toyota mobil ini tak sebrutal Toyota Supra Heritage Edition. Misalnya, bagian turbonya tidak dimodifikasi. Tetapi knalpot ganda di bagian tengah difuser belakangnya tetap ada.

Memang betul mobil ini sepertinya harus dijual dan dipajang di diler-diler Toyota di seluruh dunia. Sayangnya hingga kini Toyota belum berencana memproduksi mobil ini. Padahal tak ada cara lain yang lebih sempurna untuk mendengarkan raungan knalpot di belakang dari atas Toyota Supra beratap terbuka ini. Semoga saja Toyota mendengarkan masukan dari banyak penggemarnya di seluruh dunia.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Kisah Asal Muasal Nama Dan Filosofi di Balik Logo BMW

Artikel yang direkomendasikan untuk anda