Terdampak Pandemi, Honda Tutup Operasi Di 2022

Terdampak Pandemi, Honda Tutup Operasi Di 2022

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda Motor Co pada Rabu (30/12) mengatakan secara resmi akan berhenti menyuplay mobil-mobil terbaru ke seluruh diler resmi mereka di Russia. Tindakan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya restrukturisasi operasi mereka secara global paska pandemi yang melanda dunia selama kurang lebih setahun belakangan ini.

Meski begitu, seperti yang kami kutip dari Reuters, produsen mobil asal Jepang ini tak akan meninggalkan Russia walaupun bukan untuk menjual mobil. Mereka akan tetap membuka layanan purna jual serta penjualan sepeda motor dan genset.

Tak seperti dua produsen mobil asal Jepang lainnya, Toyota dan Nissan, Honda memang tak memiliki fasilitas perakitan di Russia. Performa penjualan mereka juga tak begitu bagus di negara yang berpenduduk lebih dari 145 juta jiwa itu. Pada November 2020 misalnya, dalam sebulan mereka hanya mampu menjajakan 79 kendaraan. Pencapaian ini 50 persen lebih rendah dari angka penjualan di bulan yang sama tahun sebelumnya. Di Russia, Honda juga hanya menjual dua kendaraan, yakni CR-V dan Pilot. Kebetulan keduanya adalah kendaraan jenis Sport Utility vehicle (SUV).

Penjualan Honda di Russia sepanjang tahun 2020 sampai bulan November tercatat menurun 15 persen dengan total penjualan 1.383 unit saja. Bandingkan saja dengan total penjualan kendaraan di Russia yang mencapai 1,3 juta kendaraan di periode yang sama. Performa penjualan yang kurang baik inilah yang menjadi alasan Honda menutup operasi mereka di Russia pada 2022 mendatang.

Tak berhenti di Russia saja, Honda juga melakukan sejumlah tindakan demi menghadapi pandemi Coronavirus. Mereka berencana untuk menghentikan penjualan kendaraan berbahan bakar minyak mulai 2023 di Eropa. Honda hanya akan menjual mobil bertenaga listrik.

Penjualan Honda di Indonesia



Tentu saja hal ini berbeda dengan kondisi Honda di Indonesia. PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat peningkatan penjualan di Indonesia selama enam bulan berturuy-turut di akhir 2020. Puncaknya di November, mereka sukses mencatat penjualan 7.455 unit ritel atau meningkat 13,6 persen dibanding bulan sebelumnya. Total sepanjang Januari-November 2020 tercatat angka penjualan Honda di Indonesia menembus 69.564 unit.

Penjualan terbanyak masih disumbang oleh Honda Brio Satya yang laku 3.067 unit. Sementara itu Honda Brio RS terjual sebanyak 1.190. Mobil terlaris berikutnya adalah Honda HR-V 1.5L yang membukukan 1.190 unit. “Meski belum sepenuhnya stabil tetapi kami bersyukur Honda masih bisa mempertahankan pertumbuhan penjualan positif,” ungkkap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM kepada jurnalis dalam bincang virtual beberapa waktu lalu.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Wow! Honda Tawarkan Diskon Akhir Tahun Sampai 90 Persen

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya