Dilelang Rp 15M, Sang Flamboyan Lamborghini Miura P400 S

SANTA MONICA, Carvaganza – Salah satu mobil Lamborghini yang paling legendaris adalah Miura. Nama ini sangat akrab di telinga kalangan car enthusiast dan menjadi salah satu ‘figur’ yang disegani.

Dari lingkaran sejarahnya, antara tahun 1968 sampai 1971, pabrikan Lamborghini hanya membuat 338 unit sampel Miura. Dulu mesinnya mengadopsi V12 yang terpasang melintang bertenaga 350 hp, dikombinasikan dengan transmisi lima manual lima percepatan sebagai model P400 di tahun 1966. Lalu dua tahun kemudian datang versi P400 S tahun 1968 dengan tenaga yang lebih besar 20 hp menjadi 370 tenaga kuda.

Kini, salah satu supercar legendaris itu ada di Amerika dan bakal dilelang bulan Juni ini oleh Gooding & Company Auction. Supercar Lamborghini Miura P400 S model tahun 1968 tersebut mengadopsi bodi karya builder Nuccio Berton. Diprediksi bisa terjual dengan harga US$ 1 juta (kisaran Rp 15 milyar) dan bakal menjadi salah satu ‘permata termahal’ dalam lelang serta menjadi incaran kolektor.

Lamborghini Miura P400 S

Pecinta mobil klasik mengibaratkan Miura P400 S 1968 seperti penyanyi spinto soprano yang memiliki rentang suara yang luas dari mulai oktaf rendah sampai oktaf tinggi. Spinto berasal dari bahasa Italia yang artinya “didorong”.

Ketika Lambo mendebut Miura P400 S tahun 1968, pabrikan Sant’Agata Bolognese ingin memperlihatkan komitmennya pada kecepatan dengan mengambil istilah ‘spinto soprano’. Miura P400 S Merupakan penyempurnaan dari P400 pertama, yang saat itu diistilahkan sebagai patung yang belum kelar dipanggang di dalam kiln. Padahal pada saat meluncurkan Miura P400 versi pertama, pabrikan menggambarkan kendaraan itu dengan kalimat, “dari bulan Oktober sampai Februari, kami bekerja keras 24 jam, 7 hari seminggu seperti orang gila…chassis yang dipakai sebagai prototipe percobaan pada musim gugur tahun 1965 telah menjelma menjadi mobil paling indah di dunia – hanya dalam waktu empat bulan.”

Miura P400 dianggap sebagai supercar yang memiliki bodi indah, kencang dan enak dilihat dengan sudut-sudut desain yang sensual. Versi P400 S juga punya penampilan yang sama, namun kualitas handling, kenyamanan dan mutu bahan yang dipakai lebih bagus lagi. Pabrikan juga memberikan sentuhan penyempurnaan pada kepala silinder mesin.

Lamborghini Miura P400 S

Sant’Agata tetap mempertahankan desain lampu yang unik pada P400 S, yang dibingkai oleh logam yang desainnya meniru bulu mata hitam panjang. Dulu, Miura diibaratkan sebagai aktris super cantik Elizabeth Taylor yang memiliki mata indah, bertubuh seksi dan penampilan sensual.

Varian terakhir dari Miura adalah SV yang artinya adalah spinto veloce, atau berarti “didorong cepat”. Power yang dimiliki lebih kuat, tapi tanpa bulu mata khas model S. Jadi kehadiran Miura P400 S tahun 1968 pada acara lelang Gooding & Company Auction menjadi sesuatu yang luar biasa. Apalagi Miura telah ikut mengukuhkan brand Lambo sebagai pencipta supercar papan atas. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: thedrive.com dan Gooding & Company

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Lamborghini Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya