Microsoft Surface Car, Tak Kalah Keren Dari Mobil Otonom Apple

Microsoft car

JAKARTA, CARVAGANZA – Perseteruan Microsoft dan Macintosh selama beberapa dekade terakhir memang selalu menarik untuk diperhatikan. Kedua perusahaan teknologi terdepan di dunia itu berlomba menciptakan inovasi produk berteknologi canggih. Tapi bagaimana jadinya kalau peperangan ini tak berhenti di dunia komputer dan teknologi. Bayangkan kalau Microsoft dan Apple membawa pertarungan sengit ini ke ranah transportasi.

Perkenalkan Micsrosoft Surface Car, mobil masa depan yang terinspirasi dari desain laptop miliknya. Desain mobil ini digambar oleh desainer otomotif Korea, Yang Gu-rum. Meski hanya berbentuk konsep, namun Microsoft Surface Car punya bentuk yang sangat dekat dengan versi produksinya.

Microsoft car

Eksterior mobil ini memiliki konsep ‘boxy’ dan sederhana tanpa banyak ornamen detail. Terlihat Microsoft berusaha menterjemahkan desain laptop dan tablet miliknya pada mobil ini. Bodinya dibalur cat berwarna silver dengan aksen hitam mengkitat. Wajahnya tampak tak dilengkapi dengan lubang radiator yang memberi petunjuk bahwa mobil ini memakai tenaga listrik sebagai penggerak.

Tak ada gambar interior mobil ini. Tapi jelas interiornya akan dijejali dengan beragam fitur dan teknologi canggih. Melihat dari luarnya, sepertinya bagian dalamnya juga hanya disiapkan untuk mengakomodasi dua orang penumpang saja. Tak ada kaca spion yang berarti mobil ini menggunakan kamera sebagai pengganti kaca spion. Lampu depan dan lampu belakangnya menggunakan LED Strip yang panjang. Terakhir, ada logo Microsoft yang mentereng di setiap pintu.

Microsoft car

Gambar ini memang hanya rekayasa seorang desainer otomotif belaka. Hingga kini pun Microsoft belulm pernah memberikan indikasi keterlibatannya untuk membuat mobil. Tetapi melihat cantiknya mobil Microsoft ini, alangkan serunya menantikan perseteruan kedua brand teknologi raksasa dunia ini bila bersaing di industri otomotif.

Mobil Listrik Swakendali Apple Dikembangkan Bersama Hyundai

Apple Car

Kalau mobil Microsoft masih hanya sebatas imajinasi belaka, Apple sudah melangkah jauh. Perusahaan spesialis teknologi terkemuka asal Amerika Serikat (AS) itu dikabarkan tengah menjalin kerjasama dengan Hyundai untuk memproduksi mobil listrik swakendali. Kabar ini dilansir oleh surat kabar Korea IT News pada Minggu, 10 Januari 2021.

Isu ini sudah berkembang sejak beberapa hari sebelumnya. Bahkan tanpa pengumuman resmi, isu ini berhasil mendongkrak harga saham Hyundai hingga 20 persen. Kabar awalnya, Hyundai dan Apple sudah seruju menjalin kerjasama pembuatan mobil listrik otonom pada 2027. Namun di laporan terakhir oleh surat kabar Korea, IT News, kabar itu ditepis. Kata mereka Hyundai dan Apple akan memulai pengembangan pada Maret ini dan memulai prouksi kendaraan listrik swakendali mereka pada 2024 di Amerika Serikat.

Saat diminta keterangan resminya, Hyundai Motor global menolak memberikan komentar. Memang Hyundai sendiri sebelumnya pernah mengaku tengah didekati sejumlah perusahaan lain untuk bekerjasama mengembangan kendaraan listrik yang dapat mengemudikan dirinya sendiri. Sementara itu, Apple sendiri masih bungkam.

Laporan oleh surat kabar Korea, IT News juga belum menyebutkn detail mengenai dimana lokasi fasilitas produksi mereka nanti, berapa unit kapasitasnya dan kapan produk pertamanya akan dirilis.

Apple- Hyundai

Kabar awal berkembang bahwa keduanya akan memproduksi mobll listrik swakendali mereka di pabrik Kia dia Georgia, Amerika Serikat. Kia adalah salah satu anak perusahaan Hyundai Motor dan pabrik di Georgia sanggup untuk memperiapkan produksi 100 ribu kendaraan pada 2024. Malahan kabarnya pabrik ini diharapkan dapat memproduksi mobil listrik swakendali Apple sebanyak 400 ribu kendaraan pertahun.

Masih menurut surat kabar IT News, Apple dikabarkan akan merilis ‘beta version’ atau mobil Apple versi uji coba pada tahun depan. Sedangkan menurut kantor berita Reuters, selain mengembangkan mobil listrik otonom, Apple juga dikabarkan akan mempersiapkan teknologi baterai yang lebih canggih sebelum 2024.

Sejak isu ini beredar, pada Senin (11/1) harga saham Hyundai Motor melonjak 14,6 persen. Sedangkan harga saham anak perusahaannya, Kia juga ikutan terdongkrak sebanyak 9,1 persen.

Di Indonesia sendiri Hyundai juga telah bertransformasi. Kini ia datang sebagai produsen mobil yang akan memproduksi kendaraannya di Indonesia. Pabrik Hyundai di Kota Delta Mas, Bekasi yang sudah dibangun sejak 2019 akan rampung pada 2021. Fasilitas ini akan menjadi pabrik Hyundai terbesar di Asia Tenggara dan akan digunakan sebagai basis produksi mobil listrik mereka.

Menariknya, pabrik belum selesai dibangun, Hyundai sudah berani meluncurkan dua kendaraan elektrik sekaligus pada 2020 lalu. Keduanya adalah Hyundai Kona Electric dan Hyundai Ioniq. Kedua mobil ini menjadi pionir kendaraan elektrik sepenuhnya di Indonesia di era modern. Patut kita tunggu kiprah Hyundai dengan deretan mobil listriknya di Indonesia nanti. RIZKI SATRIA

Baca juga: Desain Baru Setir Tesla Model S, Tuas Sein dan Wiper Hilang

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya