Beranda EDITOR'S PICKS Ini Deretan Mobil Baru yang Siap Meluncur di 2019

Ini Deretan Mobil Baru yang Siap Meluncur di 2019

JAKARTA, 2 Januari 2018 — Tahun 2018 baru saja ditutup satu hari yang lalu. Sepanjang tahun 2018 sudah banyak mobil baru yang dihadirkan para Agen Pemegang Merek (APM). Memasuki tahun 2019, persiapan dan rencana sudah dilakukan para APM. Nah, mobil apa yang akan hadir di Indonesia pada 2019 ini.

Beberapa pabrikan sudah terang-terangan memberikan informasi terkait kehadiran produk barunya. Namun ada juga beberapa merek yang memilih bungkam dan merahasiakan produk barunya untuk 2019 mendatang.

Dari berbagai informasi yang muncul di media, mobil-mobil baru yang siap meluncur mulai dari city car, sedan, multi purpose vehicle (MPV), hingga sport utility vehicle (SUV). Nah, berikut beberapa mobil-mobil baru yang diperkirakan akan hadir di Tanah Air pada tahun 2019.

Render Toyota Avanva

1. Toyota Avanza

Salah nama yang paling ditunggu kehadirannya tahun ini adalah Toyota Avanza. Kami menempatkan Avanza di daftar teratas. Selain sebagai mobil paling laris, Low MPV ini memang sudah lama tidak mendapat perubahan yang signifikan sejak generasi kedua hadir pada 2011. Jika ditotal, Avanza baru mengalami dua major change meski usianya sudah memasuki 15 tahun.

Avanza yang lahir hasil kerjasama antara Toyota dan Daihatsu ini pertama kali muncul pada Juli 2003 di Gaikindo Auto Expo sebelum resmi diluncurkan pada bulan Desember 2003. Generasi pertama Avanza (2003-2011) baru mengalami perubahan 8 tahun kemudian. Artinya, jika dihitung secara lifecycle 8 tahunan, maka tahun 2019 akan lahir generasi ketiga Avanza.

PT Toyota Astra Motor (TAM) sendiri masih merahasiakan hal ini. Akan tetapi beberapa bocoran beredar di dunia maya. Avanza baru akan menawarkan sederet pembaruan seperti start stop button, HSA, VSC, AC Digital, lampu LED dan antena shark fin. Ini bisa menjadi modal untuk bersaing dengan Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero S.

Memang belum banyak bocoran informasi soal Avanza. Ada kabar yang menyebutkan jika mobil sejuta umat ini akan dihadirkan di awal tahun berdekatan waktunya dengan sedan Toyota Camry.

Daihatsu DN Multisix

2. Daihatsu Xenia

Bersamaan dengan kehadiran Avanza baru, penyegaran juga akan didapatkan saudara kembarnya Daihatsu Xenia. Hal ini dimungkinkan mengingat kedua mobil ini memiliki basis yang sama. Sama seperti Avanza, Daihatsu Xenia juga akan mendapat tampilan eksterior baru. Tidak hanya itu, kabarnya Low MPV ini juga akan mendapat varian baru yang mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter.

Pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang merakit kedua mobil ini juga belum bersedia untuk memberikan keterangan mengenai kabar ini.

Wuling SUV

3. Wuling Almaz

Wuling Motors menjadi salah satu nama yang melejit di tahun 2018. Pabrikan asal Cina itu mampu menyeruak di antara pabrikan-pabrikan asal Jepang dengan produk mereka. Hingga saat ini mereka menghadirkan Small MPV Confero S, MPV Cortez 1.5L dan 1.8L, serta Formo Mini Bus dan Blind Van.

Rencananya, Wuling akan menambah line-upnya di Indonesia tahun depan. Kali ini segmen yang akan mereka sasar adalah pasar SUV. Wuling sebenarnya sudah menampilkan Baojun 530 pada GIIAS 2018 Agustus lalu. Model ini disebut-sebut sebagai basis SUV yang akan dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Wow! Ini Dia Bocoran Nama dan Harga Wuling SUV

Kabar terkini menyebutkan jika Wuling akan menghadirkan SUV barunya pada semester 1 tahun 2019. Info lain yang beredar adalah situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor Wuling. Ada beberapa model yang tercatat, salah satunya adalah Almaz 1.5 LTLUXCVT4x2A. Artinya, SUV ini menggunakan mesin 1.5L Turbo dan transmisi CVT.

Bahkan di situ tertulis jika SUV itu dibanderol Rp 203 juta. Namun hingga kini pihak Wuling belum memberikan informasi pasti soal hal ini.

DFSK Glory 580

4. DFSK Low SUV

Selain Wuling, pabrikan asal Cina lainnya PT Sokonindo Automobile (DFSK) juga berniat mendatangkan SUV terbaru buatannya. Bahkan DFSK mengisyaratkan akan menghadirkan dua mobil baru sekaligus. “Tahun depan kami berencana untuk meluncurkan satu model baru dan satu varian terbaru dari model yang sudah ada sekarang. Jadi ada dua mobil baru tahun depan di Indonesia,” kata Franz Wang, Managing Director of Sales Center DFSK, beberapa waktu lalu.

DFSK masih merahasiakan produk terbarunya itu. Saat ini DFSK memiliki Glory 580 (1.5L dan 1.8L) dan Super Cab di segmen komersial. Kabarnya DFSK akan membawa masuk 1 varian SUV berkapasitas 7 penumpang. SUV dengan mesin 1.500cc Turbo ini diposisikan di bawah DFSK Glory 580. Perkiraannya, model tersebut adalah DFSK Fengguang s560 yang dijual di China.

New Mitsubishi Triton

 

5. New Mitsubishi Triton

Setelah sukses besar dengan small MPV Xpander, Mitsubishi Motors siap menghadirkan model baru di tahun 2019. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dipastikan akan menghadirkan generasi terbaru pikap 1 ton Mitsubishi Triton yang diperkenalkan secara global di Thailand, November lalu.

Carvaganza ikut menyaksikan kehadiran perdana dan melakukan test drive singkat dengan New Triton. Tampil dengan wajah baru yang senada dengan Xpander dan pajero Sport. Pikap dengan mesin 2.5L ini diharapkan bisa memperkuat dominasi Mitsubishi di pasar pikap 4×4 Tanag Air.

Baca juga: Menyaksikan Kelahiran Mitsubishi New Triton di Thailand
Baca juga: Lebih Tangguh dan Mewah, Begini Spesifikasi Mitsubishi Triton Terbaru

Selain Triton, Mitsubishi memang tengah menggeber passenger car mereka. Dua nama lain yang dikabarkan juga hadir adalah Pajero Sport versi facelift dan Eclipse Cross yang hadir dengan model terbarunya tahun depan.

Suzuki All New Jimny

6. Suzuki Jimny 2019

Mobil yang menjadi bintang di GIIAS 2018 lalu adalah Suzuki Jimny. Pada generasi keempat ini, Jimny telah berganti wujud dengan desain lebih gagah dan tangguh layaknya SUV sejati pada eksteriornya. Performa pun ikut meningkat dengan datangnya sejumlah fitur baru untuk mendukung ketangguhannya sebagai mobil 4×4.

Di Jepang, Suzuki menyediakan dua opsi mesin untuk Jimnya yakni empat silinder 1.500cc K15B dan tiga silinder 660cc turbo, sementara pilihan transmisinya adalah manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Untuk di Indonesia, besar kemungkinan akan dipilih mesin 1.500cc.

Baca juga: Intip Spesifikasi All New Suzuki Jimny di GIIAS 2018

Mesin naturally-aspirated (NA) tersebut memiliki tenaga 100,5 hp dan torsi 138 Nm, dengan begitu mesin pada Jimny terbaru ini sudah lebih ganas daripada sebelumnya yang bertenaga 86 hp.

Di Jepang sendiri, mobil ini diluncurkan 5 Juli 2018 dan ditawarkan dengan kisaran harga Rp 188 juta hingga Rp 268 juta. Lantaran sudah banyak peminat, sudah pasti Suzuki akan memboyong mobil ini.

All New Nissan Grand Livina

7. MPV Nissan

Nissan juga tak mau kalah dengan pabrikan lain. Setelah memperkenalkan SUV Nissan Terra pada 2018, Nissan juga siap menghadirkan produk barunya di segmen MPV. Di segmen paling gemuk ini Nissan mengandalkan Grand Livina, Serena, dan Elgrand. Kini berbekal kerjasama dengan Mitsubishi, Nissan akan menghadirkan Small MPV.

Kabar mengenai rencana Nissan meluncurkan MPV berbasis Mitsubishi Xpander dan dijual dengan label Nissan memang sudah lama terdengar. Meski tak banyak terungkap namun kehadiran Small MPV kembaran Xpander ini tentunya akan menjadi angin segar bagi Nissan. Pasalnya, Xpander mendapat sambutan cukup hangat dari konsumen Tanah Air. Diharapkan kehadiran MPV ini bisa menambah amunisi Nissan di segmen MPV.

Honda WR-V

8. Honda WR-V

Honda disebut-sebut akan menambah jajaran line-upnya dengan menghadirkan compact crossover Honda WR-V. Mobil ini dinilai memiliki banyak keunggulan, kecil, mungil, ground clearance tinggi dan memiliki platform seperti Honda Jazz generasi ketiga. Meski demikian, informasi yang beredar menyebutkan jika WR-V mengunakan mesin bensin 1.2 liter dan hanya ditawarkan dalam transmisi manual. Kapasitas mesin ini dianggap terlalu kecil dan kalah bersaing dengan mesin 1.5 liter yang lebih popular.

Selain itu, Honda juga akan melakukan penyegaran beberapa produk lain seperti Honda Mobilio, BR-V, Honda Civic, Honda Accord, dan Honda Jazz.

BMW X-5 2019

9. BMW

Brand yang kemungkinan cukup sibuk tahun 2019 ini adalah BMW. Bayerische Motoren Werke dikabarkan akan melansir setidaknya 5 mobil baru yang siap diperkenalkan.

Nama-nama yang muncul mulai dari crossover mewah BMW X5, BMW Seri 3, BMW Z4, dan BMW M5 yang akan tampil baru. Selain itu juga akan hadir BMW 8 Series yang sudah diperkenalkan secara global pada 15 Juni 2018 lalu.

Mercedes-Benz G-Class

10. Mercedes-Benz

Tahun 2019, Mercedes-Benz Indonesia akan memberikan porsi perhatian sedikit lebih pada segmen SUV. Saat ini Mercedes-Benz memiliki GLA, GLC, GLE, GLS, dan Mercedes-AMG G 63. Nah, kabarnya Mercedes-Benz akan memboyong satu model “all new” di segmen ini.

Selain itu juga akan hadir B-Class. CLA 4-door Coupe, CLA Shooting Brake, edisi refreshment GLC dan GLC Coupe, GLE, GLS, dan satu compact car baru.

Banyak informasi mengenai mobil baru lainnya yang akan hadir seperti Porsche 911 generasi baru, SUV Porsche Macan yang akan masuk pasar tahun depan. Selain itu juga ada nama lain seperti Proton X70, Range Rover Evoque, VW T-Roc, Hyundai Tucson, Hyundai Grand i10, Mazda3, Infiniti Q30, Jaguar XE, Audi A4, Audi Q8, dan Lexus UX.

Nah, yang mana lebih dulu diluncurkan resmi? Kita tunggu kepastiannya.

RAJU FEBRIAN



Last Updates

5 Tips Menjaga Emosi Saat Mengemudi di Bulan Puasa a la Auto2000

JAKARTA, 20 Mei 2019 -- Saat berpuasa, Anda tidak hanya diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus, tapi juga menahan...

Berani Terima Tantangan Honda Brio Saturday Night Challenge?

JAKARTA, 20 Mei 2019 -- PT Honda Prospect Motor (HPM) akan kembali menggelar ajang keterampilan mengemudi bertajuk Brio Saturday Night...

Harga Bagus Jelang Lebaran, Penjualan Mobil Bekas Melonjak 37%

JAKARTA, 20 Mei 2019 -- Bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri biasanya diiringi dengan peningkatan transaksi berbagai barang, tidak...

TOSCA Bagi-Bagi Takjil ke Sesama Pengguna Jalan

JAKARTA, 20 Mei 2019 – Bulan suci Ramadhan dimeriahkan oleh Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) dengan kegiatan berbagi kepada sesama pengguna jalan. Mengisi akhir...

Toyota Supra 2020, Ressurection of A Hero

AKHIRNYA setelah selama 17 tahun off dan selama lebih dari 10 tahun publik dibuat penasaran, Toyota Supra hidup kembali. Sportcar...