Mobil Yang Ditolak Di Fast & Furious Pertama, BMW Enggak Masuk

JAKARTA, Carvaganza – Film Fast & Furious selalu menghadirkan kendaraan yang memanjakan para pecinta mobil. Mulai dari debutnya pada 21 tahun silam, terdapat mobil-mobil yang ikonik. Misalnya Nissan Skyline milik tokoh Bryan, atau Dodge Charge yang dikendarai Vin Diesel, sampai Honda S2000 yang ditunggangi rivalnya, Johny Tran. Tapi tahukah Anda bahwa proses seleksi tersebut menyisakan banyak cerita.

Pasalnya baru-baru ini, Craig Lieberman yang menjadi Technical Advisor untuk tiga film FF ini membongkar kisah tersebut. Ia menyebut bahwa sebenarnya banyak mobil yang tidak sesuai dengan skrip. Pada video yang ditayangkan di channel Youtubenya, ia blak-blakan memberikan penjelasan mengapa kendaraan tersebut digunakan oleh para tokoh di Fast & Furious.

Ia menjelaskan bahwa saat proses pemilihan kendaraan itu harus cocok untuk tokoh yang diperankan. Tidak hanya itu, mereka juga harus memutar otak demi mendapatkan mobil-mobil terbaik meski dengan budget yang minim saat itu. Dan yang terakhir, mobil-mobil tesebut harus mampu mengikuti setiap set action pada film tersebut.

Mitsubishi 3000 GT
Mitsubishi 3000 GT

Di samping itu, ada pertimbangan lain. Mereka harus mencari mobil-mobil yang saat itu dijual di Amerika Serikat dan mewakili para modifikator lokal. Artinya, tidak ada supercar yang digunakan dan tidak ada kendaraan dengan setir kanan.

Pada video tersebut, Craig menyebutkan bahwa banyak kendaraan yang tidak sesuai dengan cerita di skrip. Misalnya pada set kemunculan Brian yang mengendarai Mitsubishi 3000 GT. Harusnya pada skrip mobil yang digunakan oleh mendiang Paul Walker itu adalah Mitsubishi Eclipse 2000. Sedangkan, Matt Schulze yang harusnya mengendarai Honda Civic, eh malah diganti menjadi Nissan Maxima.

Ia beralasan bahwa aktor yang menjadi rekan Vin Diesel itu memiliki postur tubuh yang tinggi, sehingga harus disesuaikan agar lebih cocok. Sedangkan rival mereka, Johny Tran yang pada skrip harusnya menggunakan Ford Mustang diganti menjadi Honda S2000. Sutradara beralasan kendaraan itu jauh lebih maskulin dan proporsional dengan tokoh oriental tersebut. Craig Liberman juga menyatakan, sebenarnya dalam diskusi film, ia sempat menyodorkan Mazda Miata tapi sayang tidak lolos.

BMW M3 E36
BMW M3 E36

Pada video berdurasi 13 menit itu, Craig Liberman juga menyatakan sempat mengajukan BMW M3 E36 dan Audi S4 untuk tokoh Jessie. Liberman beralasan, kendaraan itu cocok untuk karakter Jessie sebagai mekanik dan ahli IT. Tapi kandas karena tim modifikator kesulitan memodifikasi dua kendaraan sesuai dengan keinginan sutradara. Akhirnya tim membuat VW Jetta sebagai tunggangan aktor Chad Lindberg pada Fast & Furious 1. Terakhir, ia menyebut bahwa mobil yang digunakan aktris Jordana Brewster yang berperan sebagai Mia adik Vin Diesel adalah Honda Accord bukan Integra. 

Sumber: roadandtrack.com

ALVANDO NOYA/EZ

Artikel yang direkomendasikan untuk anda