Beranda New Cars Intip Spesifikasi All New Suzuki Jimny di GIIAS 2018

Intip Spesifikasi All New Suzuki Jimny di GIIAS 2018

TANGERANG SELATAN, 9 Agustus 2018 – Kehadiran All New Suzuki Jimny di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 telah menjadi salah satu magnet pengunjung paling kuat. Meski belum dijual saat ini, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang penasaran dan ingin meminangnya untuk masuk ke garasi.

Pada generasi keempat ini, Jimny telah berganti wujud dengan desain lebih gagah dan tangguh layaknya SUV sejati pada eksteriornya. Performa pun ikut meningkat dengan datangnya sejumlah fitur baru untuk mendukung ketangguhannya sebagai mobil 4×4.

Lalu apa saja yang baru dan berubah pada Jimny saat ini dibandingkan pendahulunya? Tentunya menarik untuk disimak sebelum akhinya JImny benar-benar diluncurkan ke pasar Indonesia suatu saat nanti.

Dimensi

Pada generasi sebelumnya, Jimny memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi yang membengkak. Untuk generasi ketiga yang hadir tahun lalu, Jimny memiliki dimensi 3.395 x 1.475 x 1.705 mm, dengan wheelbase 2.250 mm.

Sedangkan Jimny generasi terbaru yang baru diluncurkan bulan Juli lalu, memiliki dimensi panjang 3.480 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.725 mm, sementara ground clearance yang dimiliknya tidak berubah sepanjang 2.250 mm.

Eksterior

Suzuki membawa nuansa nostalgia pada desain eksterior Jimny, yang kembali menggunakan model lampu utama bulat dan lampu sein tepat di sebelahnya, seperti Jimny generasi pertama. Lampu utamanya sudah menggunakan proyektor LED yang dilengkapi dengan washer atau penyemprot air untuk membersihkan kotoran di permukaannya.

Desain kap mesin kini tidak lagi menyatu dengan grille, seperti generasi pertama, dengan garis bonnet lebih tinggi dan tegak, membuat tampilan Jimny mirip Jeep Wrangler versi mini. Grille dengan ventilasi vertikal dan frame berwarna hitam menegaskan karakter tangguh SUV kecil ini.

Warna hitam menjadi kombinasi khas Jimny yang diterapkan pada bumper depan dan belakang, serta fender flare keempat rodanya, termasuk spion samping. Bagian atap juga termasuk yang dilabur dengan warna hitam

Mesin & Drivetrain

Di Jepang, Suzuki menyediakan dua opsi mesin untuk Jimnya yakni empat silinder 1.500cc K15B dan tiga silinder 660cc turbo, sementara pilihan transmisinya adalah manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Untuk di Indonesia, besar kemungkinan akan dipilih mesin 1.500cc.

Mesin naturally-aspirated (NA) tersebut memiliki tenaga 100,5 hp dan torsi 138 Nm, dengan begitu mesin pada Jimny terbaru ini sudah lebih ganas daripada sebelumnya yang bertenaga 86 hp.

Seperti tradisinya, Suzuki menyediakan dua jenis sistem penggerak pada SUV ikonik yang popular di era 1990-an di Indonesia ini, dengan pilihan 4×2 dan 4×4.

Interior

Pada unit display yang ada di GIIAS 2018, interior Jimny didominasi warna hitam, dengan layout tetap sederhana dan fungsional. Paling mencolok adalah bagian tengah dashboard yang dapat mengakomodir layar infotainment lebih besar. Tapi pada unit yang dipamerkan, belum menggunakan head unit layar sentuh.

Desain lingkar setirnya sudah seragam seperti model Suzuki terkini, yang dilengkapi beberapa tombol pengendali sisitem audio, MID dan fungsi koneksi Bluetooth. Panel instrumen diwakili speedometer dan tachometer yang simetris, disertai MID di bagian tengahnya.

Yang mengembalikan kesan macho dari Jimny terbaru adalah kembalinya pengatur mode 2WD atau 4WD dengan model tuas, tidak lagi menggunakan tombol putar di bagian dashboard. Tuas terletak di bagian belakang tuas transmisi .

Sementara elemen modernitas dihadirkan melalui tombol pengatur AC lingkaran yang terintegrasi dengan layar informasi di bagian tengahnya.

Fitur

Rangkaian fitur keselamatan canggih turut dipersenjatai untuk Jimny, yang terbaru adalah DSBS (Dual Sensor Brake Support) berupa dua buah sensor terdiri dari kamera monocular dan sensor laser, untuk mendeteksi potensi tabrakan.

Lampu utama didukung dengan teknologi High Beam Assist yang bisa menyesuaikan intensitas pencahayaan ke arah depan, seiring berubahnya kondisi lalu lintas.

Beberapa fitur pelengkap keselamatan lainnya termasuk Weaving Alert, Lane Departure Warning dan Traffic Sign Recognition. Sementara untuk pendukung kemampuan off road, hadir fitur Brake LSD Traction Control, Hill Hold Control dan Hill Descent Control.

Tahun lalu PT Suzuki Indomobil Sales merilis Jimny generasi ketiga dalam jumlah terbatas dengan harga Rp 285 juta. Bisa jadi, saat All New Jimny diluncurkan di Indonesia nantinya, dengan spesifikasi lengkap, harganya bisa melebihi Rp 300 juta.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar

Last Update

Jealng Debut, BMW Z4 Ungkap Wujud Utuhnya

MUNICH, 16 Agustus 2018 – Beberapa hari lalu beredar foto bocoran wujud dari versi produksi BMW Z4 Concept. Tidak perlu...

Toyota Yaris GRMN, Product of Nürburgring

ALKISAH tiga tahun lalu, Toyota mengirimkan satu unit prototipe Yaris tiga pintu ke salah satu fasilitas milik mereka yang berdekatan...

Edukasi Pasar, V-KOOL Gelar Cek Kaca Film Gratis 100 Mobil

JAKARTA, 15 Agustus 2018 – PT V-KOOL Indo Lestari hadir di ajang GIIAS 2018 tak hanya untk jualan. Agen pemegang...

Shell Lubricants Indonesia Resmikan Customer Experience Center

JAKARTA, 15 Agustus 2018 -- Guna lebih mengenalkan teknologi dan pengembangan produknya, Shell Lubricants Indonesia diresmikan “Customer Experience Center” di...

Unjuk Gigi, Wuling Motors Raih SPK 626 Unit di GIIAS 2018

CIKARANG, 15 Agustus 2018 – Wuling Motors mulai unjuk gigi di kancah otomotif Tanah Air. Wuling mengakhiri keikutsertaanya di Gaikindo...