Mobil Tanpa Sopir Di Cina Keliling Jualan Ayam Goreng KFC

JAKARTA, Carvaganza.com – Banyak yang beranggapan kalau pandemi Coronavirus bikin perkembangan mobil otonom ikutan digembleng belakangan ini. Tentu saja perkembangan teknologi masih sepenuhnya diarahkan untuk mengurangi penyebaran dan penularan virus.
Tetapi situasi pandemi mengubah cara konsumen berbelanja. Termasuk membeli makanan secara online untunk menghindari kerumunan. Bayangkan kalau kurir yang mengantar makanan pesanan Anda robot bukan manusia. Tentu lebih baik lagi bukan.

Seperti yang dilakukan oleh perusahaan makanan cepat saji KFC di Cina. Salah seorang pengguna Twitter melihat food truck otonom yang melayani penjualan ayam goreng KFC beberapa waktu lalu di sana. Restoran di atas roda ini adalah kerjasama KFC dengan perusahaan Cina bernama Neolix.


— プーアル (@shanghaineko) November 17, 2020


Bulan lalu Forbes melaporkan kalau Neolix tengah memulai kerjasama dengan Yum Brands (Pemilik KFC Cina) untuk mengembangkan kendaraan tanpa awak yang akan menyediakan makanan. Kabarnya kerjasama juga dilakukan dengan Pizza Hut. Belum ada keterangan resmi dari Neolix mengenai jenis kendaraan yang digunakan untuk kerjasama ini. Melihat bentuknya, kendaraan yang sama juga digunakan oleh Neolix untuk menyemprot disinfektan selama masa pandemi beberapa waktu lalu di Cina.

Cara kerja restoran berjalan ini juga unik. Konsumen memilih menu lewat layar sentuh dan membayar melalui QR code. Setelah itu jendela akan terbuka dan konsumen dapat mengambil pesanannya. Belum jelas, bagaimana sistem mencegah konsumen mengambil makanan lain di dalam kendaraan yang bukan pesanannya. Jelasnya sih tak ada pelayan di dalam kendaraan yang menyiapkan pesanan.

Mobil ini bekerja dengan dukungan sensor LIDAR dan GPS di lingkungan terbatas sehingga dapat memiliki kemampuan untuk mengintervensi keadaan darurat. Mobil tanpa sopir ini memiliki jarak tempuh 100 km dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.

Situasi pandemi memang mengubah banyak hal. Termasuk perkembangan teknologi mobil otonom. Misalnya, mobil otonom ada yang dipersiapkan sebagai armada angkutan tanpa awak. Ada juga yang berfungsi sebagai kendaraan logistik yang berjalan otomatis. Tetapi menuangkan ide kendaraan otonom sebagai restoran berjalan jelas sangat luar biasa. Apalagi sistem pembayaran contactless memungkinkan segalanya berlangsung secara otomatis tanpa perlu banyak keterlibatan tangan manusia dalam setiap proses transaksi.

Menarik untuk ditunggu apakah konsep ini akan diterapkan di negara lain atau oleh restoran lain. Pastinya, mobil mungil berisi ayam goreng yang berjalan sendiri di taman akan menggugah selera konsumen yang tak sengaja melintas. Begitulah cara Cina berkreasi menjaga ekonomi di tengah pandemi. Beda negara beda pula triknya. Di Jakarta, Indonesia misalnya, melihat wiraniaga Pizza Hut menjajakan Pizza di pinggir jalan bukan hal yang aneh lagi.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Ini Dia, Station Wagon Bertenaga Listrik Pertama Di Dunia

Sumber: Cnet.com, Forbes

Artikel yang direkomendasikan untuk anda