Beranda Drives Hyundai All New i20 2017, Get On Rockin’

Hyundai All New i20 2017, Get On Rockin’

Pemilik DNA mobil reli WRC yang dapat santun di jalan raya.

daihatsu giias 2019

Padatnya lalu lintas ibukota Jakarta menyambut saya ketika saya hatchback generasi kedua Hyundai i20 ini dari showroom PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) di kawasan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kami ingin menjajal kendaraan yang memiliki DNA mobil reli selama empat hari untuk merasakan langsung segala aspek yang dimiliki kendaraan yang pertama kali diluncurkan di dunia tahun 2008 ini.

Hyundai i20 teranyar ini telah diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 beberapa waktu lalu. Bahkan saat itu, PT HMI memajang Hyundai i20 model reli yang dipakai di World Rally Championships (WRC) sebagai pembanding mata bagi konsumen. Nah, berbekal rasa penasaran tersebut saya membelah traffic Jakarta. Saya ingin merasakan bagaimana performa mesin Kappa 1.4 liter D-CCVT yang diboyongnya memberikan sensasi mengemudi.

Mesin mobil hatchback tersebut mampu menyemburkan tenaga 100 hp pada 6000 rpm dan torsi 133 Nm pada 4000 rpm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 4-kecepatan. Mesinnya cukup responsif, perpindahan giginya halus. Putaran bawahnya bertenaga ketika Anda membangun kecepatan secara linear. Mesin secara obyektif membaca setiap injakan kaki kanan untuk menambah putaran mesin. Ketika di-kickdown pada posisi transmisi D, mobil langsung melesat.

Lingkar kemudi yang sudah mengadopsi electronic power steering cukup komunikatif dalam merespon setiap input yang diberikan oleh pengemudi, tanpa terasa ruang kosong. Pengemudi pun dapat merasakan feedback yang diberikan setir atas kondisi jalan yang dilewati. Berbekal dimensi yang kompak dengan panjang 3985 mm, lebar 1734 mm, tinggi 1.485 mm dan ground clearence 150 mm, New Hyundai i20 terasa lincah membelah lalu-lintas padat dari Jakarta Selatan ke Jakarta Utara. Namun bantingannya agak keras, meskipun tidak terlalu mengganggu. Suspensi McPherson yang diseting keras itu ternyata membuat mobil stabil ketika menikung dengan body roll minim.

Unjuk kerja mesin juga dibarengi dengan kabin yang lapang, cukup senyap dan jok lembut yang nyaman. Pandangan ke segala arah luas. Setir dibungkus kulit sintetis membuat pegangan tangan menjadi bertambah mantap dan sudah mengadopsi tilt and telescopic steering. Sekujur interior bernuansa hitam dan abu-abu yang senada antara kursi dengan dashboard. Pada bagian palang setir, terdapat tombol untuk mengoperasikan pengaturan audio dan MID pada meter cluster.

Di tengah dashboard, terdapat layar sentuh 8 inci yang berisikan informasi sistem multimedia lengkap dengan sistem CD, DVD, USB, AUX, Ipod dan menyajikan informasi navigasi. “Berhubung playlist lagu-lagu di iPhone saya lebih oke, biar Bluetooth yang bekerja,” ungkap saya dalam hati. Teriakan Arian di lagu Akselerasi Maksimum oleh Seringai mengantarkan perjalanan saya. Hyundai menyematkan empat buah speaker yang tersebar di keempat pintu. Oh ya, saya sempat tersasar ketika mencari sebuah kedai kopi di kawasan Kelapa Gading, namun berkat navigasi GPS mobil saya dapat menemukan tempat yang dicari.

Oh ya saya nyaris lupa memberikan deskripsi tentang eksterior. Versi generasi kedua mendapat penyempurnaan lewat desain baru pada lampu utama sehingga terlihat lebih tajam plus penambahan Daytime Running Light (DRL). Grille mendapat sentuhan desain baru berupa hexagonal honeycomb dengan pinggiran grille diberi aksen krom, begitu juga dengan fog lamp yang sudah terintegrasi dengan DRL depan.

Pada bagian samping bawah, pabrikan memberikan garis molding samping yang oleh Hyundai diberi istilah waist line molding sehingga pada saat kesan sporty mobil menjadi bertambah tinggi. Desain velg alloy 16 inci pun baru dengan enam palang berikut aksen krom di setiap sisinya. Sentuhan juga bisa kita lihat pada bagian belakang melalui desain lampu belakang yang baru.

Untuk sektor keamanan, pabrikan melengkapi i20 terbaru ini dengan dual airbag depan, rear parking sensor, dan rem ABS.

Spesifikasi Hyundai All New i20 2017

Layout: Hatchback, 5-Pintu, 5-Penumpang, mesin depan, FWD
Mesin: Kappa 4 silinder segaris DOHC 1.4L/ 100 hp@ 6000rpm/ 133 Nm @4000 rpm
Transmisi: A/T 4-Kecepatan
PxLxT: 3985 x 1734 x 1485 mm
Wheelbase: 2570 mm
Bobot Kosong: 1505 kg
Kapasitas Tangki BBM: 45 Liter
Rekomendasi BBM: RON 92

TITO LISTYADI

Video Terbaru Youtube Carvaganza