Beranda Updates Setelah Formula E, Seri F1 di China Juga Batal karena Virus Corona

Setelah Formula E, Seri F1 di China Juga Batal karena Virus Corona

SHANGHAI, Carvaganza.com – Setelah berdampak pada Formula E, kini giliran Formula 1 yang harus membatalkan seri China akibat virus Corona. F1 telah memutuskan untuk meniadakan balapan yang dijadwalkan pada 19 April 2020 mendatang tersebut, tidak lama setelah seri Formula E dibatalkan.

Wabah virus Corona yang semakin parah di China berdampak pada banyak kegiatan dan acara internasional, bahkan sampai ke berbagai negara sekitar. F1 menjadi ajang kesekian yang harus dipertimbangkan ulang penyelenggaraannya di China, tepatnya di Shanghai.

Tidak ingin ambil risiko terhadap para anggota tim dan penyelenggara terkait, Ross Brawn sebagai managing director of motorsport di F1 menyatakan seri F1 Grand Prix China tidak dilaksanakan. Brawn namun masih membuak opsi untuk memindah jadwal seri China musim 2020.

“Menurut saya, kalau ada kemungkinan itu tidak digelar di bulan April, maka akan ditunda,” kata Brawn dikutip oleh Motorsport.

“Kami akan membiarkan peluang terbuka untuk melihat apakah balapan bisa berlangsung di akhir tahun ini. China adalah pasar yang antusias dan berkembang. Jadi kami ingin mengadakan balapan di China.”

Tukar Jadwal

Melalui pernyataan tersebut, Brawn juga membantah skenario seri China bertukar jadwal dengan seri lain yang ada di kalender musim 2020. Brawn justru ingin mencari celah di antara seri yang ada musim ini, untuk memindahkan jadwal seri China.

“Tampaknya sulit. Kami sedang menunggu promotor dan otoritas di China untuk membuat keputusan akhir, yang saya rasa akan mereka lakukan. Mereka telah membatalkan semua acara publik di bulan Maret. Jadi tidak ada acara atau akvititas olahraga publik,” lanjut Brawn.

Tantangan berat untuk F1 adalah membuat keputusan dengan cepat dalam beberapa pekan ke depan. Karena berhubungan dengan pengiriman logistik dan personil tim, untuk persiapan seri China yang merupakan seri keempat musim ini.

Dampak Virus Corona

F1 menjadi ajang motorsport kedua yang harus batal akibat menyebarnya virus Corona, setelah Formula E di Sanya pada 21 Maret 2020 telah lebih dulu dibatalkan. Tidak hanya motorsport, ajang besar lain yang terkena dampak yaitu World Athletics Indoor Championships di Nanjing, bulan Maret, ditunda sampai tahun depan.

Tidak hanya di China, bahkan Hong Kong juga mempertimbangkan ulang penyelenggaraan ajang olahraga seperti atletik, sepak bola, ski, tinju, tennis, badminton dan bola basket dalam waktu dekat.

F1 akan memutuskan nasib seri China saat kondisi sudah jauh membaik. Apakah akan dibatalkan atau dipindahkan, kita tunggu saja keputusannya nanti.

Sumber: Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Gaikindo Gaungkan Keselamatan Berkendara di Ajang GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO. Tak hanya di kendaraan penumpang, tema ini juga digaungkan lewat penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International...

Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

MEDAN, Carvaganza.com – Daihatsu kembali menggandeng Alan & Susy Technology (ASTEC) menyelenggarakan turnamen bulutangkis yaitu Daihatsu Astec Open 2020. Kompetisi ini yang dibuka di...

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat...

Astra Auto Fest 2020 Catat 3.500 SPK dan Transaksi Rp 700 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19 – 23 Februari di Astra Biz Center BSD City lalu berakhir manis. Penyelenggara...

Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

DENPASAR, Carvaganza.com – Pabrikan otomotif Wuling Motors resmi menjadi salah satu sponsor utama tim sepak bola Bali United. Kolaborasi itu, menargetkan perluasan merek dan...