Beranda Updates Penumpang Angkutan Umum di Jakarta Wajib Pakai Masker!

Penumpang Angkutan Umum di Jakarta Wajib Pakai Masker!

Foto: transjakarta.co.id

JAKARTA, Carvaganza.com – Langkah antisipasi dilakukan pemerintah DKI Jakarta. Guna menghindari penyebaran wabah virus corona (COVID-19), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut mengeluarkan memo berisi tentang penggunaan masker bagi pengguna transportasi umum.

Hal ini terungkap lewat memo yang ditujukan kepada Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Dirut PT MRT, dan Dirut PT LRT. Dalam memo dengan nomor 03/memo/04042020 yang dikeluarkan pada 4 April 2020 tersebut, Anies menginstruksikan mengenai kebijakan penggunaan masker dalam transportasi umum di DKI Jakarta.

Beredarnya memo tersebut juga dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sayfrin Liputo. “Iya benar demikian, bagi mereka yang tak menggunakan masker saat naik transportasi umum sanksinya adalah tidak akan dilayani,” kata Syafrin seperti dilansir Antara Minggu (5/4/2020).

“Sebagaimana seruan Gubernur No 9 Tahun 2020 tentang Penggunaan Masker untuk Mencegah Penularan Covid-19, kami menghimbau kepada masyarakat untuk berdiam diri di rumah dan jika ada aktifitas diluar rumah selalu gunakan masker termasuk saat anda berada di Angkutan Umum,” tegasnya.

PT Tranportasi Jakarta, PT MRT, dan PT LRT diminta secara masif melakukan sosialisasi kebijakan penggunaan masker tersebut kepada seluruh penumpang atau warga. Sosialisasi ini digelar di semua stasiun, halte, bus, gerbong kereta, dan lain-lain mulai hari ini. Bahkan disebutkan mulai pekan depan, pengguna transportasi yang tidak mentaati akan dikenai sanksi. “Sosialisasi dilakukan mulai Senin, 6 April 2020 dan penegakan mulai dilaksanakan Minggu 12 April 2020,” demikian isi memo.

Ilustrasi: transjakarta.co.id

Makin Meluas

Infeksi coronavirus yang dikenal juga sebagai penyakit COVID-19 berasal dari hewan, penyakit ini dapat menular ke manusia dan antarmanusia. Penularan virus dari manusia ke manusia bisa terjadi melalui percikan air liur penderita COVID-19 yang dikeluarkan saat bersin, batuk, atau bahkan bicara.

Oleh karena itu, penggunaan masker dianjurkan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus corona, karena dapat menghalau percikan ludah ini.

Saat ini sudah 2.273 kasus positif di sekuruh Indonesia, dimana 198 orang dinyatakan meninggal dunia. Dari angka ini Jakarta menjadi yang terbanyak. Disebutkan kasus postif ada 1.151 kasus dan 279 orang meninggal dunia.

Foto: indonesia.go.id

Himbauan Jokowi

Memo Anies ini sejalan dengan permintaan Presiden Joko Widodo hari ini. Seperti dilansir dari Kompas, Jokowi meminta masyarakat mengikuti saran Badan Kesehatan dunia (WHO) untuk menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung saat melakukan kegiatan. World Health Organization awalnya hanya mewajibkan masker bagi yang sakit, namun kini yang tidak sakit pun wajib memakai masker.

“Karena di awal WHO menyampaikan dulu bahwa yang pakai masker itu hanya yang sakit, yang sehat nggak, tapi sekarang nggak, semua yang keluar rumah harus pakai masker,” kata Jokowi saat Rapat Gugur Tugas Percepatan Penanganan Corona, Senin (6/4/2020.

Ia meminta seluruh jajarannya memastikan stok masker tersedia. Namun tidak dijelaskan jika wajib berarti ada aturan yang memayunginya. Bagaimana dengan yang tidak melakukan? Apakah ada sanksi?

Sumber: antara, kompas; Foto: transjakarta.co.id, indonesia.go.id

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Harga Rp 829 Juta, Ini Kelebihan New Mercedes Benz GLB

JAKARTA, carvaganza.com – Peluncuran New Mercedes-Benz GLB dilakukan bersamaan dengan GLA 200 Progressive Line. Kedua model ini bermain di segmen yang sama yakni SUV/Crossover...

Barisan Fitur Canggih Yang Tersemat di New Mercedes-Benz GLA

JAKARTA, Carvaganza.com – Mercedes-Benz GLA 200 Progressive Line sudah masuk ke pasar nasional. Model ini menjadi SUV termurah pabrikan Mercy di Indonesia dengan banderol...

Proton X50 Sudah Siap Meluncur, Gunakan Turbo Lansiran Geely-Volvo

KUALA LUMPUR, Carvaganza.com – Jumlah model line-up Perusahaan Otomobil Nasional (Proton) bakal bertambah. Pabrikan Malaysia ini sedang bersiap menjual medium SUV X50 yang memiliki...

Rolls-Royce Ghost Extended Meluncur, Penambahan Dimensi Dibungkus Kemewahan

GODWOOD, Carvaganza.com - Belum genap sebulan sejak resmi diluncurkan, Rolls-Royce merilis model tambahan untuk Ghost. Yakni Ghost Extended dengan  penambahan dimensi panjang untuk memberikan...

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...