Beranda EDITOR'S PICKS Kaleidoskop Otomotif 2018: Maret dan April

Kaleidoskop Otomotif 2018: Maret dan April

Berbagai agenda penting meramaikan dunia otomotif Tanah Air. Memasuki bulan Maret 2018, Agen Pemegang Merek (APM) mulai bersicepat memperkenalkan model-model andalannya. Peugeot, Toyota, Lexus, BMW, Mercedes-Benz menjadi beberapa di antara APM yang melansir produk barunya.

Di bulan April menjadi ajang penyelenggaraan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Sebagai salah satu pameran otomotif nasional, IIMS 2018 juga digunakan para pemain otomotif untuk melansir model barunya.

Berikut catatan penting kaleiodoskop otomotif nasional pada bulan Maret dan April versi Carvaganza.

MARET

All-New Peugeot 3008. Peugeot 3008 generasi kedua ini sama sekali berbeda dengan generasi pertama dari segala aspek. Apalagi dari segi tampilan. Crossover ini terlihat lebih kokoh dibandingkan sebelumnya, yang bentuknya terlalu dominan ke MPV. Fitur pun tidak banyak yang spek down, melainkan hampir sama dengan yang dipasarkan di Eropa sehingga harganya lebih mahal dibandingkan yang sebelumnya di pasarkan di Indonesia, Rp 679 juta on-the-road.

Di sektor mesin, Peugeot dibekali 1.6 liter turbo bertenaga 165 hp dan torsi 240 Nm, dipadukan dengan transmisi otomatis 6-speed.

Lexus RX 350 L. Ini adalah SUV Lexus dengan kapasitas tujuh penumpang dan merupakan pengembangan dari Lexus RX 350 L versi 5 penumpang. Panjang bodinya bertambah 110 mm dibandingkan RX series lainnya seperti RX 300 Luxury dan RX 300 F SPORT.

Lexus RX 350L ini hanya memiliki satu pilihan mesin V6 3.500cc. Sedangkan untuk model RX lainnya ada yang memiliki mesin 2.000cc turbo. Alasannya, mesin 3.500cc memberikan driving performance yang diinginkan.

Ferrari Challenge Asia Pacific. Dua pembalap Indonesia mendominasi podium Race 1 Ferrari Challenge Asia Pacific 2018 di putaran pembuka di Sirkuit Melbourne, Australia. Balapan ini menjadi supporting race Formula 1 dan sangat bergengsi.

Kedua pembalap itu adalah Rama Danindro yang keluar sebagai juara pertama dengan waktu 28 menit 43,1385 detik sekaligus mencatat fastest lap selama balapan 2 menit 20,8779 detik. Sedangkan Renaldi Hutasoit keluar sebagai juara ketiga 28:46,1561.  Tim Indonesia sendiri pada ajang ini diperkuat tiga pembalap yakni Renaldi Hutasoit, Rama dan Kamaditya.

Lexus LS 500. Wajahnya mendapat sentuhan baru berupa paket peningkatan penampilan F Sport. Penyempurnaan selain di grille depan, juga penambahan side skirt baru dan velg 20 inci. Ada dua tipe yang dipasarkan di Indonesia yakni Lexus LS 500 dan LS 500h.

Untuk versi mesin bakar, menggunakan mesin baru V6 Twin-Turbo 24 Valve DOHC dengan dual VVT-I berkapasitas 3445 cc. Dikombinasikan dengan transmisi otomatis 10 kecepatan. Memiliki kemampuan sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 4,1 detik dan top speed 250 km/jam.

Grand Livina Special Version. Mobil ini diperkenalkan pada acara LivinAlife di Serpong, Tangerang, Propinsi Banten. Mesinnya sama dengan Livina lainnya, namun dibuat penyegaran lewat aero kit depan, samping dan belakang dengan hiasan baja tahan karat dan rear roof spoiler dwi warna.

Lampu depan ditambahkan dengan Daytime Running Light untuk memberikan aksen stylish. Lampu belakang juga mndapat penyempurnaan untuk meningkatkan safety bagi pengendara mobil.

Datsun CROSS. Datsun Indonesia resmi memulai penjualan Datsun CROSS, yakni kendaraan compact crossover yang merupakan flagship baru Datsun di Indonesia. Kendaraan ini dijual mulai dari Rp. 161,490,000.- (on the road DKI Jakarta).

Datsun CROSS dilengkapi transmisi otomatis XTRONIC CVT (Continuously Variable Transmission), serta fitur keselamatan berkendara VDC (Vehicle Dynamic Control), ABS (Anti-lock Braking System) dan Dual-SRS Airbag.

(Foto: Guntur Panji Relawan/Carvaganza)

Toyota New Alphard dan New Vellfire. PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan New Alphard dan New Vellfire untuk para konsumen Indonesia sekaligus juga untuk memperkuat pangsa pasar Toyota di segmen Luxury MPV sebesar 91,9 persen pada tahun 2017.

Perubahan yang dilakukan oleh pabrikan untuk mobil MPV mewah ini meliputi bagian eksterior dan interior. Penyempurnaan tersebut di antaranya Perubahan pada headlamp, hood moulding, bumper, grille serta foglamp bezel. Pada interior meliputi odometer yang lebih canggih dan mewah serta pemakaian aksen kayu.

Kedua produk Toyota ini menjadi model favorit MPV mewah di Tanah Air. Meski terdapat model-model lain sekelasnya, namun Alphard menjadi pilihan pertama konsumen di kelas ini.

APRIL

Indonesia International Motor Show (IIMS). Diselenggarakan selama 11 hari dari tanggal 19 sampai 29 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Dari kendaraan roda empat tercatat 16 merek yang terlibat, dan hampir semua merek roda dua yang ada di Indonesia pun ikut serta.

Menurut Project Director IIMS Hendra Noor Saleh jumlah pengunjung IIMS 2018 sebanyak 526.431 dan merupakan rekor baru bagi Dyandra selama melaksanakan pameran lebih dari 20 tahun. Nilai transaksi tembus Rp 4,08 trilyun, dan mengalami peningkatan signifikan dibandingkan 2017 yang sebesar Rp 3,2 trilyun.

Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition. Diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 dengan jumlah produksi hanya 1000 unit saja. Dan sesuai namanya mobil ini mengadopsi sistem audio premium dari Rockford Fosgate untuk meningkatkan kenyamanan bagi konsumen.

Dikembangkan dari basis varian Dakar 4×2 dengan warna utama Diamond Black Mica. Pabrikan menyematkan sejumlah penyegaran di luar selain sistem audio yaitu spare tire coverfront under garnishrear under garnishmuffler cutterengine hood emblem, 18 inch alloy wheel special design, dan emblem spesial Rockford Fosgate Limited Edition. Varian Pajero Sport Rockford Fosgate. Mesinnya tetap sama.

Mitsubishi New Triton Athlete. Juga diperkenalkan di ajang IIMS 2018 dengan mendapat penyegaran di sektor eksterior dan interior. Penyempurnaan pada sisi eksterior adalah Sporty Black Grille; Stylish Sporty Bar; Aggressive 17 inch Alloy Wheel, Sporty Front Bumper Garnish, Stylish Body Stripping, Stylish Gate Spoiler, Sporty Black Side Step, Sporty Rear Bumper, Sporty Black Door Handle, Sporty Black Electric Folding Door Mirror, Stylish HID Headlamp With DRL.

Untuk fitur ditambahkan suguhan Keyless Operating SystemPush Start Button dan Leather Seat Material + Power Seat dengan paduan aksen warna hitam dan oranye pada interior. New Triton Athlete hadir dengan dua pilihan transmisi otomatis (A/T) 5-kecepatan yang dijual Rp 445 juta dan manual (M/T) 5-kecepatan seharga Rp 431 juta. Untuk memberikan tampilan berbeda, model ini hadir dengan satu pilihan warna, yakni White Pearl.

Suzuki All New Ertiga. Indonesia dipilih oleh pabrikan Suzuki sebagai tempat world premiere low MPV miliknya yang laris di pasar nasional yakni All New Suzuki Ertiga. Dibandingkan yang sebelumnya, panjangnya melar 130 mm sehingga kabin menjadi lebih luas. Suzuki menyediakan tiga pilihan tipe, GA, GL dan GX sebagai tipe tertinggi. Untuk tipe GX ada juga optional yang menggunakan fitur Electronic Stability Program (ESP).

Kendaraan yang diproduksi di pabrik Suzuki di Cikarang ini memiliki kandungan lokal sampai 84 persen dan dibekali mesin bensin 4 silinder segaris 16 katup 1.5 liter. Menghasilkan tenaga 103 hp dan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm.

Toyota C-HR. Meluncur secara resmi di Jakarta pada IIMS 2018. Dibekali dengan mesin bensin 2ZR-FBE 4 silinder segaris DOHC 1.8 liter. Menghasilkan tenaga 140 hp dan torsi 171 Nm yang dialirkan ke roda depan oleh transmisi CVT 7-kecepatan.

Untuk fitur keselamatan dilengkapi dengan Blind Spot Monitor System, Rear View Monitor, Vehicle Stability Control (VSC), ABS+EBD+BA dan Hill Start Assist.

All-New BMW X3. Diluncurkan di Jakarta, Sport Activity Vehicle (SAV) lima penumpang ini dilengkapi fitur-fitur unggulan yang terpasang di BMW seri 7 atau seri 5 seperti Efficient Lightweight, BMW Gesture Control dan BMW Display Key.

Memakai mesin bensin 4 silinder 2.0 liter TwinPower Turbo menghasilkan tenaga 180 hp dan torsi 290 Nm. Mobil yang dibanderol seharga Rp 1,009 milyar off-the-road ini memiliki kemampuan sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 8,3 detik dan top speed 215 km/jam.

EKA ZULKARNAIN