Beranda EDITOR'S PICKS Range Rover, Dari Generasi ke Generasi

Range Rover, Dari Generasi ke Generasi

SEJAK kehadiran Range Rover pertama tahun 1970, kendaraan ini terus berevolusi. Ia telah menjelma menjadi SUV premium yang mengadopsi ragam kecanggihan teknologi, kapabilitas SUV khas Inggris dan menjadi kiblat SUV dunia serta desainnya menginspirasi.

Pada tahun 1969, pabrikan menelurkan prototype Range Rover yang pertama dan kerahasiaannya sangat dijaga. Tim desainer dan engineer menamai prototype ‘top-secret’ ini dengan nama ‘Velar’,  dari bahasa Italia ‘velare’ yang artinya menyelubungi atau menutupi. Sebanyak 26 prototipe pertama bahkan mendapatkan nama yang sama untuk menyamarkan identitasnya.

Pada tahun 1970, lahirlah Range Rover pertama yakni Range Rover 3-Door setelah sukses menguji coba mobil konsep Velar. Selain pujian, atang juga ragam kritikan karena pabrikan memilih mengombinasikan mobil ‘off-road’ dengan desain yang elegan.

Evoque pertama kali muncul di depan publik pada Paris Motor Show 2010 sebagai mobil konsep LRX dan pada tahun 2011 mulai diproduksi. Banyak pihak menyambut baik kehadiran Evoque karena dianggap sebagai penyegaran bagi desain Range Rover yang dianggap terlalu klasik.

Di dalam keluarga Rang Rover sendiri terdiri dari empat model yakni Range Rover, Rang Rover Sport, Range Rover Velar dan Range Rover Evoque. Masing-masing kendaraan memiliki karakteristik sendiri.

Land Rover Range Rover Evoque 2012

Masih sama dengan versi debut tahun 2011, Evoque  menjadi mobil yang paling akomodatif dengan harga terjangkau. Seperti model sebelumnya, diperkuat oleh mesin 4 silinder segaris turbocharge 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 240 hp dan torsi maksimal 339 Nm. Tenaga dikirimkan ke keempat roda yang sudah dilengkapi dengan sistem off-road Terrain Response.

Land Rover Range Rover Evoque 2013

Seperti model sebelumnya, Evoque tahun ini diproduksi dalam format dua dan empat pintu. Dengan kapasitas lima penumpang dewasa, ruang bagasi mobil ini mampu mengakomodasi 557 liter, sedangkan jika jok belakang dilipat menjadi 1.444 liter. Mendapat facelift pada bagian grille depan, dan untuk pertama kalinya mendapat park assistance system, fitur kemudahan off-road serta sistem navigasi.

Land Rover Range Rover Evoque 2015

Seluruh tipe sudah mendapat fitur-fitur canggih sebagai fitur standar. Misalnya fitur-fitur driver assist seperti Parking Sensor dan Rear Cross Traffic Alert. Ditambah dengan Rearview Camera, sensor parkir depan belakang, Lane Departure Warning, Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning dan kamera 360 derajat.

Model 2015 juga menjadi model pertama Evoque yang mendapatkan fitur InControl Apps Infotainment System dan applikasi smartphone yang terintegrasi dengan Apple CarPlay serta Android Auto.

EKA ZULKARNAIN

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

REVIEW: Rolls-Royce Cullinan 2019, Warisan para Sheik dan Maharaja

SEPULUH tahun lalu, kita akan sulit untuk percaya jika Rolls-Royce akan membuat kendaraan jenis SUV. Tapi, tuntutan konsumen membuat pabrikan...

Mobil Ferrari Paling Ekstrem akan Meluncur Hari Ini

MARANELLO, 25 Maret 2019 – Tidak lama setelah meluncurkan F8 Tributo, Ferrari kembali akan memperkenalkan mobil terbarunya hari ini. Mobil...

Mitsubishi Pasang Logo dan Tagline di Pesawat Garuda Rute Jakarta-Nagoya

NAGOYA, 25 Maret 2019 – Kerjasama branding antar perusahaan yang dilakukan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan Garuda...

9 Tips Aman Mengemudi di Malam Hari

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Berkendara di malam hari seringkali tidak bisa kita hindari meskipun memiliki potensi bahaya lebih besar....

Mercedes-Benz A-Class Jadi Bintang Video Klip Terbaru KimoKal

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Mercedes-Benz ingin membuat A-Class terbaru semakin digemari oleh kalangan muda atau millennials untuk menjadi mobil...