Beranda Updates Mercedes-Benz S 600 Guard, Mobil Kepresidenan Baru untuk Jokowi

Mercedes-Benz S 600 Guard, Mobil Kepresidenan Baru untuk Jokowi

JAKARTA, 23 Agustus 2019 – Setelah bertahun-tahun bertahan dengan mobil dinas yang sering rusak, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akhirnya akan mendapatkan mobil kepresidenan baru. Masih dari jenis yang sama, mobil baru Jokowi yaitu Mercedes-Benz S 600 Guard.

Meski sama-sama S-Class, mobil terbaru yang akan didapatkan Jokowi adalah generasi terbaru S 600 dengan kode seri W222. Untuk tugas kepresidenan ini, dipercayakan S-Class dengan trim atau varian Guard yang memiliki keamanana dan daya tahan bak kendaraan militer.

Mobil ini akan menggantikan S-Class lama yang sudah dipakai sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yaitu S 600 Pullman Guard. Bedanya, S 600 Guard yang akan Jokowi pakai tidak memiliki konfigurasi body panjang seperti limusin.

“Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekretariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan kelas VVIP Kepresidenan,” jelas pernyataan resmi Kementerian Sekretariat Negara RI.

Dua unit S 600 Guard disediakan oleh Kemensetneg karena selain akan digunakan sebagai mobil dinas baru Presiden Jokowi, satu unit lainnya juga akan disediakan untuk Wakil Presiden terlantik nantinya, Ma’ruf Amin.

Mercedes-Benz Indonesia bahkan disebut ditunjuk langsung untuk menjadi penyedia mobil baru ini, tanpa melewati proses tender seperti mobil-mobil baru para menteri. Mobil yang saat ini dipakai adalah produksi tahun 2008 dan beberapa kali dilaporkan mengalami masalah teknis, termasuk mogok saat dibawa ke luar kota.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza