Beranda Updates F1: Bottas Menang Atasi Kekacauan GP Austria 2020, Hamilton Dipenalti

F1: Bottas Menang Atasi Kekacauan GP Austria 2020, Hamilton Dipenalti

SPIELBERG, Carvaganza.com – Seri Perdana Formula 1 2020 di Austria telah digelar dengan hasil yang cukup di luar prediksi. Valtteri Bottas berhasil keluar sebagai pemenang, dengan dua pembalap lain di tiga besar yang di luar dugaan. Ferrari dan McLaren justru meraih podium di Austria, menyusul sejumlah kekacauan yang terjadi di balapan.

Posisi pertama sukses dipertahankan oleh Bottas untuk Mercedes, setelah sempat menahan tekanan dari rekan setimnya sendiri Lewis Hamilton. Bottas melanjutkan performa apiknya sejak raih pole position pada sesi kualifikasi. Kemenangan diraihnya dengan cukup dominan pada balapa 71 lap di Red Bull Ring.

Hamilton yang menyelesaikan balapan tepat di belakang Bottas harus tergusur ke posisi empat, menyusul penalti lima detik yang diterimanya. Penalti diterima Hamilton menyusul insiden tabrakannya dengan Alexander Albon di tikungan 4, setelah restart periode safety car terakhir. Hamilton dan Albon bertarung untuk posisi kedua di podium, namun berakhir tanpa satu pun berdiri di podium.

Efeknya, penalti Hamilton mengantarkan Charles Leclerc dan Lando Norris menjadi penghuni podium selanjutnya menyusul Bottas. Dua kali safety car sendiri membantu Leclerc untuk maju dari posisi ke-7 sampai ke-2. Setelah kualifikasi sendiri Leclerc bahkan tidak yakin bisa finish di podium dengan performa mobil Ferrari SF1000.

Sementara Norris meraih podium pertamanya di F1 setelah meraih hasil kualifikasi terbaik sepanjang karirnya di F1, posisi keempat. Norris bahkan harus menyalip Sergip Perez dengan cukup agresif dua lap jelang finish. Podium di Austria menjadi yang kedua untuk McLaren dalam tiga balapan terakhir, setelah Carlos Sainz di Brazil 2019 lalu.

Di saat Leclerc berhasil amankan podium untuk Ferrari di seri pertama, Sebastian Vettel justru mengalami akhir pekan yang tidak ideal. Setelah gagal lolos ke sepuluh besar di kualifikasi, Vettel sempat terlempar ke baris belakang di balapan. Vettel sempat bersenggolan saat berusaha menyalip Sainz di tikungan 3, namun akhirnya finish ke-10 dan membawa poin untuk Ferrari.

Dari total 20 pembalap, hanya 11 yang berhasil mencapai garis finish pada balapan kali ini. Max Verstappen yang sejak awal disebut akan menjadi ancaman Mercedes terpaksa gagal finish di lap 11. Mobil Red Bull RB16 miliknya tiba-tiba kehilangan daya mesin dan memaksanya tinggalkan balapan lebih awal.

Dua kali safety car pada balapan disebabkan oleh George Russel yang terhenti di pinggir trek yang mengharuskan evakuasi cukup lama. Kemudian setelah periode safety car pertama berakhir, roda kanan depan Kimi Raikkonen terlepas di tikungan terakhir. Balapan Kembali tertahan bahkan saat belum berlangsung satu lap setelah safety car pertama.

Satu-satunya rookie tahun ini, Nicholas Latifi nyaris saja mempersembahkan poin untuk Williams pada debutnya. Banyaknya pembalap yang tersingkir membuahkan posisi ke-11 untuk Latifi, namun jaraknya terlalu jauh untuk mengejar Vettel.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...

Pabrikan Sportscar Perancis Ini Ingin Jadi Ferrari Versi Mini

PARIS, Carvaganza.com – Setiap pabrikan otomotif punya cara dan strateginya sendiri untuk menegaskan eksistensinya di tengah pasar. Apalagi, kalau merek yang dibawa sempat lama...