8 Hal Yang Perlu Diketahui dari Honda Civic Hatchback RS Turbo

JAKARTA, Carvaganza.com – Pada weekend kemarin, PT Honda Prospect Motor (HPM) telah mengumumkan secara resmi Honda Civic Hatchback RS Turbo sebagai Official Car untuk Kejuaraan Balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) musim 2020. Kendaraan ini dijadikan sebagai Fast Doctor kejuaraan yang digelar di Sirkuit Sentul tersebut.

Honda Civic Hatchback RS Turbo ini memang memiliki keistimewaan di keluarga New Honda Civic yang dirilis di Indonesia. Versi facelift dari Civic Hatchback ini diluncurkan PT HPM awal tahun 2020. Kehadirannya sekaligus melengkapi line-up RS di Indonesia, menyusul Brio RS, Jazz RS dan Mobilio RS.

Penyegaran
Pabrikan menjadikan varian baru ini sebagai penyegaran untuk Civic Hatchback dan diklaim semakin seksi. Bahkan, HPM mengubah tagline Civic Hatchback dari “Drive Sexiness” menjadi “Sexiness Intensified”. Penyegaran ini dilakukan setelah Honda lebih dulu melakukan pada varian terkencang, Civic Type R.



Baca juga: Honda Civic Hatchback RS Turbo Dan Honda Civic Turbo Jadi Official Car ISSOM 2020

Penampilan luar
Varian RS memang terlihat lebih sporty dibandingkan Civic Turbo karena pemakaian side skirt. Mengadopsi elemen dua warna alias two-tone kelihatan seperti menyambung dengan lip spoiler depan dan belakang. Tampilannya memang mirip dengan Civic Type R, apalagi jika dilihat dari pemindahan posisi  dua buah knalpot ke tengah spoiler belakang, yang diapit oleh diffuser. Terdapat pula side under spoiler.

Emblem RS disematkan pada bagian depan dan bagian belakang Honda Civic Hatchback. Penambahan aero kit pada bumper depan, bumper belakang dan Side Sill Garnish pada bagian samping. Velg 17 inci dua warna lima palang membuat mobil terlihat tambah sporty.

Kabin
Aroma sporty dijalarkan ke dalam interior. Jok, setir, tuas transmisi, konsol tengah dan door lining yang terbungkus material kulit berkualitas mendapat jahitan warna merah. Pedal gas dan rem dibikin bernuansa krom berdesain Sport Pedal sehingga makin macho.

Begitu Anda masuk ke dalam kabin, terdapat beberapa perubahan kecil. Nuansa sporty ditampilkan lwat desain baru yang memadukan kulit dengan aksen jahitan merah khas mobil sport pada jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah dan Door Lining. Pola jok dibikin lebih sporty sedikit semi bucket. Desain Sport Pedal bernuansa chrome pada tuas gas dan rem.



Baca juga: Honda Civic Type R Tambah 2 Varian, Lebih Kencang & Eksklusif

Baca juga: Honda Civic Hatchback 2020 RS Diperkenalkan, Harga Rp 499 Juta

Jok berlayout semi bucket dibikin nyaman dan enak untuk menghempaskan badan. Posisi duduk pengemudi yang bisa diatur oleh 8 pengaturan elektrik sangat menunjang nilai ergonomis. Pandangan ke depan pun luas.

Sistem Infotainment
Nuansa sporty yang sangat kental didukung oleh infotainment modern dan canggih. Sentral hiburan itu terpusat pada Capacitive Touch Screen 7 inci. Terkoneksi dengan Smartphone untuk Android dan iOS. Pengaturan audio selain dapat melalui layar sentuh di dashboard, juga bisa memakai tombol pengaturan (Steering Switch Control) pada setir.

Fitur Audio & Hands-Free Telephone Switch memungkinkan pengemudi untuk mengatur atau mengubah channel audio sesuai dengan keinginan serta menerima panggilan telepon tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Legroom belakang lapang
New Honda Civic Hatchback RS Turbo memiliki dimensi PxLxT sebagai berikut 4.501mm x 2.075mm x 1.421mm. Dimensi wheelbase adalah 2700 mm dan jarak pijak depan 1.547 mm dan belakang 1.563mm. Sebagai mobil kompak, kendaraan yang tergolong seksi ini memiliki ruang yang lapang di jok belakang. Anda tak merasa kesempitan seperti koper kelebihan barang di dalam kompartemen pesawat terbang.

Hal ini sangat baik untuk perjalanan jarak jauh. Penumpang akan tetap merasa nyaman dan tenang.

Bagasi Lapang
Selain legroom belakang dan depan lega, bagian bagasi juga lapang. Padahal kalau dilihat dari luar, bodinya kelihatan kecil. Saya menganalogikan, kendaraan ini seperti masuk ke ruang bioskop. Dari luar terlihat kecil, pas masuk ke dalam lapang.

Baca juga: First Drive Honda Civic Hatchback RS, Makin Sexy dan Nyaman



Kabin Senyap
Dari hasil pengetesan yang dilakukan oleh Carvaganza, kabin senyap sehingga sepanjang perjalanan terasa menenangkan. Nyaris tidak terdengar suara angin dari luar. Bahkan redaman suspensinya berhasil menjaga kabin tidak banyak bergoyang, tidak ada gejala limbung.

Performa
Mesin mengaplikasi empat silinder segaris 1.5 liter VTEV Turbo. Sama dengan varian Civic Turbo sedan. Melontarkan tenaga 170 hp dan torsi 220 Nm. Mesin andalan ini sudah memenuhi standar Euro4, berkat Earth Dreams Technology (EDT) yang ramah lingkungan.

Dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT dengan EDT. Torsi terasa padat sehingga mobil menjadi lebih lincah di traffic yang tersendat. Apalagi ketika dipacu di highway dan membutuhkan bermanuver.

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda