Beranda New Cars Honda Civic Type R Tambah 2 Varian, Lebih Kencang & Eksklusif

Honda Civic Type R Tambah 2 Varian, Lebih Kencang & Eksklusif

TOCHIGI, Carvaganza.com – Tahun 2020 ini menjadi masa penyegaran untuk Honda Civic Type R, yang telah beredar sejak tahun 2017 lalu. Bersamaan dengan penyegaran ini, Honda sekaligus menawarkan pilihan varian baru untuk Civic Type R agar bisa dimiliki lebih banyak orang yang mengidamkannya.

Setidaknya ada dua varian baru untuk hot hatchback andalan Honda tersebut saat ini, untuk kebutuhan konsumen yang berbeda. Yang pertama untuk menawarkan performa lebih ganas di atas trek, sementara varian lainnya menawarkan gaya lebih ‘sopan’ dari Type R standard.

Varian pertama, Civic Type R Sport Line, menjadi varian dengan tampilan tidak mencolok dan menunjukkan gaya lebih kental sebagai hatchback. Perbedaan paling signifikan dari varian Sport Line adalah hilangnya sayap belakang besar, digantikan dengan spoiler kecil di ujung pintu belakang.

Tidak hanya di eksterior, varian Sport Line ini juga membuat tampilan interior lebih ‘kalem’ dengan dominasi warna hitam pada trim jok, dashboard dan pintu. Material berwarna hitam tersebut diberi sentuhan aksen jahitan warna hitam khas Type R, untuk tetap tunjukkan karakter kencang dari Civic.

Lebih Senyap

Honda bahkan membuat hatchback kencang ini lebih nyaman untuk penumpang, dengan ditingkatkannya insulasi atau kekedapan kabin. Secara keseluruhan, Civic Type R Sport Line mengalami peningkatan pada sisi NVH (Noise, Vibration, Harshness).

Masih untuk Sport Line, Honda memberikan velg alloy 19 inci berdesain baru, berwarna hitam, dilengkapi ban Michelin Pilot Sport 4S. Ban ini dipilih karena memiliki konstruksi sidewall yang lebih lembut, sehingga pengendaraan bisa lebih nyaman.

Edisi Terbatas

Varian kedua adalah Civic Type R Limited Edition, yang hanya dialokasikan sebanyak 100 unit untuk pasar Eropa. Untuk varian ini, Type R dirancang menjadi mobil yang lebih menggoda untuk lebih dinamis digeber di sirkuit. Bahkan diklaim sebagai hatchback berpenggerak roda depan paling dinamis.

‘Menu’ utama dari varian terbatas ini adalah pengurangan bobot keseluruhan mobil, yang menjadi lebih ringan 47 kg dari Civic Type R standard. Pemangkasan bobot berasal dari dihilangkannya AC, head unit layar sentuh, serta sejumlah peredam kabin alias insulasi.

Pengurangan bobot lainnya berasal dari pemakaian velg alloy 20 inci dari BBS, dibalut dengan ban Michelin Cup 2 yang lebih kencang. Namun Honda tidak membuang jok penumpang belakang, berlawanan dengan yang dilakukan Renault pada Megane RS Trophy.

Untuk memberikan performa yang lebih menyenangkan, Limited Edition ini telah diberikan kalibrasi ulang pada kemudi untuk feed back lebih baik, sekaligus menyesuaikan ban dan velg baru. Begitu juga dengan suspensi yang dimodifikasi untuk lebih dinamis digeber di sirkuit.

Warna kuning yang dilabeli Sunlight Yellow tersedia eksklusif untuk Civic Type R Limited Edition ini, berikut pulas gloss black untuk atap, spion samping, dan intake kap mesin. Penanda eksklusivitas varian ini bisa ditemui pada plakat khusus yang terpasang pada dashboard.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...