Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand mobil yang menancap di pikiran orang dan akhirnya menjadi mindset.

Menurut riset yang dilakukan oleh Interbrand, nama brand otomotif yang paling top di dunia sekarang ini adalah Toyota. Interbrand merilis hasil risetnya itu dalam Best Global Brands Report (BGB) tahun 2020, sebuah laporan riset dan survei terhadap brand-brand di dunia yang dirilis setiap setahun sekali.

Menurut laporan itu, untuk posisi brand secara keseluruhan, Toyota menempati posisi ketujuh, bercampur dengan brand-brand dari industri lainnya. Dari 10 besar brand paling terkenal di dunia itu, hanya Toyota dan Mercedes-Benz sebagai brand otomotif yang masuk dalam urutan 10 besar. BMW berada di luar urutan 10 besar, yakni di posisi ke-11.

Baca juga: Video First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia



Lantas atas dasar apa penilaian yang dilakukan oleh Interbrand itu? Menurut Interbrand seperti dikutip website www.driving.ca,  penilaian berlandaskan pada tiga elemen kunci. Pertama analisa performa finansial produk atau jasa, kedua adalah peranan brand di dalam memainkan keputusan pembelian di kalangan konsumen dan elemen ketiga adalah kekuatan kompetitif brand tersebut.

“Leadership, engagement dan relevansi adalah tiga tema konsisten yang kami lihat pada saat brand mencoba menavigasi lanskap bisnis yang berubah dengan cepat,” kata CEO Interbrand Global Charles Trevail.

“Ketiga elemen itu adalah kunci untuk membuka hasil-hasil yang diinginkan pada saat krisis seperti sekarang ini, membangun kepercayaan konsumen dan ketahanan bisnis. Dengan menetapkan ambisi yang kuat dan mengejarnya dengan penuh keberanian dan sepenuh hati, brand dapat membantu kita menghadapi itu semua, memahami kekisruhan yang terjadi dan melihat jauh ke depan, memperjuangkan satu dasawarsa kemungkinan yang baru,” tambah Trevail.

Tesla menyodok naik


Dari hasil survei dan riset yang dilakukan oleh Interbrand, posisi tiga besar brand paling kesohor di dunia ditempati oleh perusahaan social technology yaitu Apple di urutan pertama, Amazon (ke-2) dan Microsoft (ke-3). Seperti kita ketahui, ketiga brand itu sekarang erat kaitannya juga dengan brand otomotif. Pada tahun ini, posisi perusahaan-perusahaan digital di dalam benak konsumen juga semakin merangkak naik. Misalnya, Netflix (urutan ke-41 dengan valuasi +41%), PayPal (ke-60, +38%) dan Zoom (ke-100).

Brand mereka naik, begitu juga dengan pemasukannya. Di lain sisi, brand-brand otomotif malah mengalami kemerosotan, tidak lagi populer di mata masyarakat jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Wow, Tesla Raup Pemasukan Besar di Kuartal 3 Tahun 2020



Yang mengejutkan adalah, brand Tesla. Pada tahun 2018 dan 2019, merek tersebut tak pernah masuk urutan 100 besar. Tapi tahun 2020 ini malah masuk ke posisi 50 besar, tepatnya di urutan ke-40. Di bawah Toyota, Mercedes, BMW, Honda (urutan ke-20) dan Hyundai (ke-36).

Selain dari lima nama brand otomotif di atas, brand otomotif lain yang menembus urutan  100 besar adalah Volkswagen (47), Porsche (55), Nissan (59), Ferrari (79), Kia (86), Land Rover (93), and Mini (95).

Menurut Interbrand, brand mobil listrik Tesla berkembang pesat pada tahun 2020 meski terjadi pandemi COVID-19. Tesla telah sukses menancapkan leadership dalam membangun trend otomotif dan langkahnya diikuti oleh banyak orang. “Brand Tesla adalah bendera masa depan yang telah mendorong tumbuhnya permintaan dari langkah-langkah yang mereka lakukan. Tak hanya itu, brand tersebut juga telah membangun likuditas yang sangat besar dengan menarik dan mempertahankan loyalitas para investor retail.”

Interbrand adalah sebuah lembaga konsultan marketing yang berpusat di New York, Amerika Serikat, yang telah melakukan ragam survei dan riset terhadap brand-brand di seluruh dunia.

Sumber: www.driving.ca

EKA ZULKARNAIN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda