Beranda EDITOR'S PICKS MINI Cooper S Countryman, All-Rounder

MINI Cooper S Countryman, All-Rounder

Foto-foto: Aditya Budiman/Carvaganza

JAKARTA, 19 Oktober 2018“MINI Countryman is the ultimate all-rounder, ready to take you places other vehicles can’t reach.” Terjemahan bebasnya kira-kira begini, MINI Countryman ini adalah mobil yang bisa dibawa kemana saja, tidak seperti mobil lain.

Kutipan tentang MINI Cooper Countryman di laman resmi MINI ini cukup menarik. Pasalnya, banyak orang mengenal MINI sebagai mobil kota yang tampil gaya, bukan mobil yang digunakan untuk menjelajah ke banyak tempat.

Untuk lebih mengenalkan MINI ke konsumen Tanah Air, PT BMW Group Indonesia sebagai pemegang merek MINI di Indonesia, melakukan langkah menarik. Mereka memproduksi MINI Cooper Countryman secara lokal (CKD) di pabrik PT Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara. Di pabrik yang juga merakit BMW ini, dirakit Mini Cooper Countryman dan MINI Cooper S Countryman.

MINI Cooper Countryman rakitan lokal ini mendapat beragam inovasi di bidang tata ruang, fungsi, desain, dan karakteristik premium. BMW menyebut versi rakitan lokal Countryman ini banyak sekali penambahan fitur–fitur berbeda sekali dengan varian build-up dari luar. Apa saja, yuk kita bahas satu per satu.

EKSTERIOR MINI COUNTRYMAN

Dari tampilan luar, MINI tetap mempertahankan desain lincah dan premium yang menjadi ciri khasnya. Khusus untuk Cooper S Countryman sudah menggunakan John Cooper Works Aerodynamic Kit alias body kit di sekujur bodynya. Trim ini diambil dari milik JCW.

Sektor lampu depan dibekali head lamp sedikit mengotak. Kalau saya pribadi melihat, mungkin akan lucu jika lampu depan berbentuk bulat. Kemudian di bagian bumper bawa ada lampu fog lamp. Kedua lampu tersebut menggunakan LED. Grill depan berbentuk trapezoidal mendapat sepuhan krom. Kemudian ada 4 sensor parkir antara grill dan aerokit depan.

Dilihat dari bagian samping, kesan sporty terlihat kental. MINI Countryman menggunakan velg JCW Course Spoke 2-tone color berukuran 19 inch. Velg dibalut ban berukuran 225/45 merk Pirelli serta Countryman memiliki roof rail panjang. Bagian atap dicat warna hitam, dan terdapat juga side skirt di samping pintu yang memanjang dari depan sampai belakang.

Sedangkan di bagian belakang terdapat lampu full LED yang berbentuk membulat. Di bagian bawah terdapat 2 mufler cutter berwarna krom dibalut dengan body kit yang sporty racikan JCW. Uniknya pada pintu belakang sudah terdapat kamera parkir dan 4 buah sensor parkir, untuk memudahkan pengemudi ketika parkir mundur.

INTERIOR MINI COUNTRYMAN

Ketika masuk kabin, kita langsung dimanjakan dengan kemewahan serta sporty khas MINI. Untuk masuk ke kabin, ada akses smart key pada door handle, yang menandakan Countryman sudah menggunakan teknologi keyless. Hal ini memudahkan pengendara. Door handle dibalut oleh krom di empat sisinya sehingga lebih kesan mewah.

Interior MINI Coutryman terdapat material kulit, yang berkulitas tinggi. Lapisan kulit terdapat pada lingkar kemudi yang sudah mendapat fitur tilt dan telescopic. Di lingkar kemudi terdapat tombol pengatur head unit, cruise control, dan padel shifter.

Dashboard memiliki desain muda dan energik. Speedometer, dan tacometer dibentuk secara klasik dan simple. Beragam informasi kendaraan tersedia seperti kecepatan, konsumsi BBM, serta petunjuk arah dari peta.

Ketika saya duduk di kursi pengemudi terasa ngepas dan nyaman. Jok bergaya semi bucket shied dibalut material kulit dengan aksen JCW. Jok bisa diatur secara elektronik baik naik turun mau maupun mundur. Bagian sisi pintu ada all auto power window, auto retrack, serta auto door lock.

Sistem entertainment MINI Countryman dilengkapi layar head unit 7 inch yang sudah touch screen dengan sistem OS racikan BMW Group. Kita bisa mengatur mobil sesuai keinginan, baik mode pengendaraan, tampilan headunit di layar, dan pengaturan MINI home lainnya.

Masih di sektor entertainment, speaker MINI Countryman mendapatkan racikan premium audio dari Harman Kardon, komposisi bass dan treble sangat baik. Namun ada catatan di sini, yaitu hilangnya Apple Car Play dan Android Auto. Untuk sektor navigasi MINI sangat detail dan akurat.

PERFORMA MINI COUNTRYMAN

MINI Countryman menggunakan mesin 2.0T 4 silinder TwinPower Turbo. Saat kami melakukan test di kawasan BSD minim sekali terjadinya gejala turbo leg. Tenaga 192 ps dapat diraih sejak rpm rendah. Sedangkan to9rsi mencapai 280 NM pada putaran mesin 4.300 rpm.

Suspensi terasa nyaman saat berakselerasi cepat dan tidak terjadi limbung. Suspensi mobil ini disetting untuk driver oriented. MINI Countryman sangat gesit saat berakselerasi, padahal termasuk keluarga berbadan bongsor. Saya merasakan pengendalian mobil ini terasa mantab.

Khusus mode berkendara terdapat 3 mode, yaitu : ECO untuk mode hemat BBM, DYNAMIC untuk crusing, dan SPORT untuk berakselerasi cepat. Oh ya, MINI Countryman ini menggunakan transmisi otomatis 8 kecepatan.

New MINI Cooper Countryman rakitan lokal dibanderol Rp 699 juta dan MINI Cooper Coutryman S rakitan lokal dibanderol Rp 899 juta. Kedua harga sudah dalam status on the road.

Spesifikasi Mini Cooper Countryman S

Mesin: 2.0L MINI TwinPower Turbo empat silinder
Kapasitas: 1988 cc
Tenaga: 192 dk / 5.000-6.000 rpm
Torsi: 280 Nm / 4.600 rpm
Transmisi: 8-Speed Sports A/T
P x L x T: 4.299 x 1.822 x 1.557 mm
Wheelbase: 2.670 mm
Suspensi Depan: Single-Joint Spring Strut Axle
Suspensi belakang: Multi-link Rear Axle
Velg: 19 inch

ADITYA BUDIMAN

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

TEST DRIVE: Rolls-Royce Cullinan 2019, Merasakan Sensasi “Tank Mewah”

PADA tulisan sebelumnya Carvaganza sudah cerita tentang sejarah dan tampilan eksterior Rolls-Royce Cullinan. Saya kebetulan mendapat kesempatan menjajal SUV pertama...

DFSK Glory 560 Segera Diluncurkan, Melawan Honda HR-V?

JAKARTA, 25 Maret 2019 - Beberapa waktu lalu bocor sosok Glory 560 dari DFSK di Indonesia. Tak lama setelahnya, beberapa hari kemarin muncul jelas...

Menikmati Fitur T-Link di Toyota New Veloz, Keliling Jakarta Jadi Fun

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Beragam fitur disematkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Toyota New Avanza dan New Veloz....

REVIEW: Rolls-Royce Cullinan 2019, Warisan para Sheik dan Maharaja

SEPULUH tahun lalu, kita akan sulit untuk percaya jika Rolls-Royce akan membuat kendaraan jenis SUV. Tapi, tuntutan konsumen membuat pabrikan...

Mobil Ferrari Paling Ekstrem akan Meluncur Hari Ini

MARANELLO, 25 Maret 2019 – Tidak lama setelah meluncurkan F8 Tributo, Ferrari kembali akan memperkenalkan mobil terbarunya hari ini. Mobil...