Lengkapi Line Up Trofeo, Maserati Ghibli dan Quattroporte Dapat Mesin Ferrari

MODENA, Carvaganza.com – Paruh kedua tahun 2020 disi oleh Maserati dengan meluncurkan line up terkencang dari seluruh keluarga modelnya. Kini seluruh model yang dimiliki Maserati mendapatkan varian Trofeo. Praktis, Ghibli, Quattroporte dan Levante sudah lengkap memiliki varian performa kencangnya.

Diluncurkan via sesi virtual pada hari Senin (10/8/2020), dua varian Trofeo baru resmi hadir lengkap di seluruh model. Ghibli Trofeo dan Quattroporte Trofeo menyusul hadirnya Levante Trofeo, yang sudah beredar sejak 2018 lalu. Ferrari ikut dilibatkan dalam melahirkan lini model berperforma kencang ini.

Baik dari sisi penampilan sampai performa teknis ditingkatkan secara lengkap oleh Maserati, melalui trim varian Trofeo ini. Menu utama datang dari mesin V8 3,8 liter twin-turbo, yang menghasilkan tenaga 580 hp dan torsi 730 Nm. Maserati mengandalkan transmisi otomatis ZF 8-speed untuk mendampingi mesin yang dibuat oleh Ferrari ini.

Tonton video: McLaren 720S Vs Ferrari 488 Pista Vs Aventador SV



Mesin tersebut menjadi unit baru yang dimiliki Ghibli dan Quattroporte. Pada Ghibli Trofeo, akselerasi 0-100 km/jam bisa dicapai dalam waktu 4,3 detik. Sedangkan untuk Quattroporte berbeda 0,2 detik lebih pelan, tepatnya 4,5 detik. Kedua model ini tentu lebih kencang daripada Levante Trofeo, untuk bisa menembus top speed 326 km/jam. Masing-masing model sanggup menandingi Mercedes-AMG C63 dan BMW M5 terbaru secara performa.

Baca juga: Ferrari Ungkap Alasan Depak Vettel untuk Sainz

Mengimbangi mesin yang semakin kencang, sektor kaki-kaki ikut ditingkatkan demi performa yang lebih lincah. Ghibli dan Quattroporte menggunakan kombinasi suspensi double-wishbone dan multi-link, yang didukung peredam adaptif Skyhook, juga anti-roll bars. Hadir pula launch control, dan mode berkendara Corsa yang mempertajam respons mesin, serta suara knalpot lebih menggoda.

Bicara soal penampilannya, Maserati menonjolkan grille dengan kisi-kisi vertikal ganda berwarna hitam. Spoiler depan pun diberikan intake yang lebih besar dan agresif, diikuti ventilasi samping pada fender depan beraksen merah. Fascia belakang ditandai dengan diffuser besar dan agresif, serta lampu belakang ‘bumerang’ ala 3200 GT dan Alfieri Concept. Baik Ghibli dan Quattroporte sama-sama berdiri di atas velg 21 inci Orione.

Baca juga: Ferrari F40 Bekas Anak Saddam Hussein Ditemukan di Irak



Beralih ke interior, border tulisan ‘Trofeo’ pada headrest menjadi penanda varian terbuas ini. Masih diikuti oleh aksen serat karbon di sejumlah bagian, serta balutan material kulit Pieno Fiore dengan jahitan warna kontras. Tentunya konfigurasi ini menyulap kabin Ghibli dan Quattroporte semakin provokatif untuk pengemudi.

Tidak hanya tampilan baru, kabin dilengkapi pula dengan sistem infotainment berlayar sentuh 10,1 inci. Saat sedang tidak menggeber mobil, pengemudi akan dimanjakan oleh sistem semi-autonomous driving, khususnya saat di jalan tol.

Baca juga: Mobil Listrik Ferrari akan Pelopori Teknologi Elektrifikasi Baru

Produksi Ghibli dan Quattroporte Trofeo akan dilakukan di pabrik Grigliasco, Turin, Italia. Saat ini kabarnya sudah bisa dibeli, dengan harga £103,890 (Rp 1,998 miliaran) untuk Ghibili Trofeo, dan £126,890 (Rp 2,440 miliaran) untuk Quattroporte Trofeo. Jadi sekarang merasakan performa buas Maserati bisa melalui tidak hanya model SUV saja.

Sumber: Autocar, Carscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda