Beranda Updates GIIAS 2020 Batal, GAIKINDO Siapkan Pameran Pengganti

GIIAS 2020 Batal, GAIKINDO Siapkan Pameran Pengganti

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 memang baru melewati paruh pertamanya, namun sudah menjadi tahun yang sulit, khususnya karena wabah COVID-19. Semua aspek kehidupan terdampak dari kondisi ini, tidak terkecuali industri otomotif. Yang terbaru, kini berdampak pada gelaran pameran otomotif akbar di Indonesia.

GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) resmi mengumumkan bahwa tahun ini tidak akan menggelar pameran terbesarnya. GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 resmi dinyatakan batal digelar. Sedianya, GIIAS dijadwalkan pada 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan.

Kondisi di Indonesia maupun global yang belum mendukung untuk menyelenggarakan pameran berskala internasional menjadi alasan utamanya. Namun, GAIKINDO tetap menyiapkan alternatif untuk tetap memberikan sajian kepada masyarakat otomotif Tanah Air.

“Pada setiap penyelenggaraan GIIAS, membutuhkan persiapan yang kompleks, detil dengan waktu yang cukup panjang, oleh karena itu, melihat waktu yang semakin pendek, GAIKINDO mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS 2020 – BSD City,” kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.

Penyelenggaraan GIIAS sebagai pameran otomotif berskala internasional dengan endorsement dari OICA, membutuhkan waktu persiapan yang Panjang. Karena selain acara pameran intinya, GIIAS juga mencakup penyelenggaraan konferensi internasional, GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC). Kemudian kehadiran kendaraan konsep, serta peluncuran berbagai produk terbaru dari para peserta, yang membutuhkan banyak persiapan.

Lebih lanjut, Nangoi berujar GAIKINDO akan merencanakan digelarnya GIIAS The Series untuk tahun 2021.  GAIKINDO memiliki tanggung jawab untuk tetap berupaya dan berkontribusi terhadap pertumbuhan industri otomotif Indonesia.

“Sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memulihkan ekonomi negara, serta dengan arahan dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, maka diputuskan tahun ini GAIKINDO akan menyelenggarakan sebuah pameran otomotif dengan konsep berbeda dari GIIAS,” jelas Nangoi.

Pameran Pengganti

Meski GIIAS 2020 tidak akan digelar, GAIKINDO tetap akan menggelar pameran alternatif untuk mendukung berjalannya industri otomotif. Mengisi masa akhir tahun, GAIKINDO akan menggelar Jakarta Auto Week, selama sembilan hari.

Jakarta Auto Week dijadwalkan akan digelar pada tanggal 21 – 29 November 2020, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Pameran yang akan menciptakan potensi penjualan mobil secara masif, dan juga dapat menjadi ajang memperkenalkan produk baru.

“Seperti yang kita ketahui GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif. Sedang GAIKINDO Jakarta Auto Week tujuannya adalah untuk menggenjot penjualan mobil baik existing product ataupun yang baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua III dan Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

Di JCC, Jakarta Auto Show akan menempati area seluas sekitar 30.000 m2, yang dianggap menjadi pameran proporsional untuk masa seperti saat ini. Dengan pemilihan waktu akhir tahun, area dan lokasi pameran di tengah kota, akan menjadi dorongan positif bagi industri otomotif untuk tampil maksimal.

Selama sembilan hari pameran diharapkan dapat menarik 250 ribu pengunjung, hal ini tentu disesuaikan dengan pembatasan sosial, protokol kesehatan Covid-19. Protokol akan berkaitan dengan pembatasan jumlah pengunjung pada satu waktu agar tetap aman seperti disampaikan Rizwan. Berbagai program telah direncanakan untuk mendongkrak penjualan yang terjadi selama pameran.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...