Beranda Features Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com – Jika kehadiran generasi keenam  Toyota Corolla ditandai munculnya Bubble Economy Jepang pada 1987, kelahiran generasi ketujuh justru ditandai dengan hancurnya Bubble Economy tahun 1991. Pesta pora ekonomi sudah berakhir. Para pelaku bisnis Jepang sudah mulai memperketat ikat pinggang untuk tidak melakukan belanja berlebihan dan menghambur-hamburkan uang.

Generasi Ketujuh 1991-1995
Di generasi ini, bodi Corolla E100 melar lagi. Dari yang tadinya subcompact menjadi compact car. Makanya, nama sebutannya menjadi Great Corolla. Layout bodi yang tersedia adalah sedan dan versi wagon penggerak roda depan.

Engine mengusung 1.6 liter, menghasilkan tenaga 105 hp. Tapi di beberapa negara bagian Amrik yang UU emisinya lebih ketat lagi, mesinnya hanya menghasilkan 100 hp. Trim tertinggi diperkuat mesin 1.8 liter dengan 115 hp.

Baca juga: Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 1)

Di Indonesia, Great Corolla dijual PT TAM tahun 1992 dalam dua tipe. Yaitu tipe SE bermesin 2E 1.3 liter dan tipe SE-G bermesin 4A-FE 1.6 liter. Tahun 1994, 1.3 SE digantikan oleh 1.6 SE. Tidak hanya itu, dalam peredarannya (1991-1995), Great Corolla mengalami empat kali perubahan tampilan minor.

Generasi Kedelapan: 1995-2000
Produksi generasi kedelapan dimulai pada Mei 1995. Desain E110 Corolla ini mengalami sedikit perubahan, namun tetap mempertahankan tampilan khas yang diwariskan dari E100. Memasuki 1998, untuk pertama kalinya Corolla non-Jepang mendapatkan mesin 1ZZ-FE, di mana blok mesin dan cylinder head terbuat dari alumunium. Bobot kendaraan pun menjadi lebih ringan dibandingkan mesin Seri A yang memakai material logam.

Generasi Kesembilan: 2000-2007
Generasi kesembilan diperkenalkan pada tahun 2000. Penampilannya disebut ‘reborn’ karena meninggalkan imej konservatif menuju imej elegan – modern. All New Corolla digantikan dengan Corolla Altis pada generasi kesembilan ini. Bodinya lebih besar, tapi engine masih tetap sama 1.8 liter. Power mengalami kenaikan menjadi 130 hp dengan transmsi otomatis 4 percepatan dan manual 4 speed.

Baca juga: Sepeda Hasil Kolaborasi Pabrikan Supercar Ini Pantas Dikoleksi

Pada tahun 2005, mendapatkan penyegaran dengan menelurkan versi XRS yang mengedepankan kesan sporty. Tenaganya 170 hp. Perangkat safety pun ditambahkan sehingga sangat lengkap di kelasnya. Untuk pertama kalinya, Corolla menyematkan fitur Vehicle Stability Control dan Traction Control.

Generasi Kesepuluh: 2006-2013
Generasi kesepuluh (E140) mulai diperkenalkan bulan Oktober 2006. Di pasar Jepang disebut sedan Corolla Axio. Sedangkan untuk versi station wagon, nama lama dipertahankan Corolla Fielder. Untuk pasar mancanegara, versi yang dibuat lebih melar dan style yang berbeda. Untuk Kawasan Asia Tenggara, India dan Taiwan masih tetap memakai nama Corolla Altis.

Di Jepang, pemakaian mesin 1.3 liter dihentikan, lantas digantikan dengan jantung pacu 1.8 liter dual VVT-I untuk mendampingi 1.5 liter dual VVT-i. Girboks baru memakai super CVT, sedangkan versi 1.8 liter mengadopsi mode sekuensial 7-speed.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp 500 Juta

Di pasar nasional tersedia versi mesin 1.8 liter dan 2.0 liter dengan mengadopsi girboks manual 6-speed dan super CVT 7-speed.

Generasi Kesebelas: 2013 – 2017
Jika generasi kesembilan dan kesepuluh memiliki dimensi yang lebar untuk mendapatkan space yang maksimal, generasi kesebelas malah kembali pada platform Corolla di awal. Sebagai kendaraan kompak dan user-friendly. Dimensi panjang dipangkas 50 mm sekaligus menjadi perubahan model pertama dalam sejarah Corolla yang membuat mobil berdimensi lebih kecil.

Di Jepang merilis mesin baru 1NR-FE DOHC Dual VTT-I, untuk mendampingi mesin 1.5 liter dan 1.8 liter. Untuk pertama kalinya pula, model hybrid masuk dalam barisan model Corolla. All New Corolla Altis ini menganut desain eksterior Keen Look sehingga terlihat lebih sporty.

Baca juga: Ini Dia Varian dan Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross

Generasi Keduabelas: 2018 – sekarang
Model body hatchback Toyota Corolla generasi ke-12 mulai diperkenalkan di Geneva Motor Sh0w 2018 sebagai model pra-produksi. Diberi nama Toyota Auris. Sedangkan versi produksi Corolla hatchback untuk pasar Amerika Utara diluncurkan di New York International Auto Show 2018.

Di Jepang sendiri, versi hatchback diluncurkan Juni 2018 dengan nama Corolla Sport. Versi station wagon generasi ke-12 dengan nama Corolla Touring Sport dirilis di Paris Motor Show 2018. Ragam penyempurnaan dilakukan mulai dari interior dan eksterior dan bersifat cukup masif.

Dari Sedan Ke SUV/Crossover
Memasuki tahun 2020, pabrikan memproduksi Toyota Corolla versi SUV/Crossover dengan diberi nama Toyota Corolla Cross. Merupakan terobosan baru pabrikan untuk menyiasati pasar yang terus tumbuh, sekaligus memanfaatkan nama besar Corolla.

Kehadiran Corolla dalam format crossover, semestinya tak perlu jadi bahan perdebatan. Pasalnya, Toyota Corolla sebagai passenger car sebelumnya sudah dirilis dalam bentuk hatchback, liftback dan station wagon. Bukan hanya sedan.

Baca juga: Ini 3 Desainer Rolls-Royce Bespoke Yang Mengerjakan Wraith Kryptos

Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross telah diluncurkan di Indonesia pada 6 Agustus lalu dengan mengadopsi mesin bensin 4 silinder segaris 16 valve DOHC VVT-i 1.8 liter . Menghasilkan tenaga 138 hp (140 PS) di 6000 rpm. Torsi maksimalnya di 177 Nm yang dapat diperoleh dari 4000 rpm. Menggunakan girboks CVT-I 7-speeed plus Sequential Shift and Shift Lock.

Satu pilihan mesin lagi adalah hybrid. Tenaga yang dihasilkan 96 hp (98 PS) dan torsi 142 Nm. Ditamah motor listrik 70 hp serta torsi 163 Nm. Girboks E-CVT dengan Shift Lock.

Sumber: disarikan dari ragam sumber.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...

100 Mobil Meriahkan Ultah Ke-2 Jakarta All New Corolla (JANC) Senayan

JAKARTA, Carvaganza – Perayaan ulang tahun merupakan hal yang ditunggu komunitas mobil. Seperti pecinta Toyota Corolla Generasi ke-8 (1996 – 2001) yang tergabung dalam...