Beranda Features Ini 3 Desainer Rolls-Royce Bespoke Yang Mengerjakan Wraith Kryptos

Ini 3 Desainer Rolls-Royce Bespoke Yang Mengerjakan Wraith Kryptos

JAKARTA, Carvaganza.com – Kendaraan dengan harga selangit seperti Rolls-Royce selalu punya cerita menarik. Bukan sekadar mobil, Ia adalah bagian dari gaya hidup sang pemilik. Makanya padanan untuk kendaraan di kelas ini akan sangat sulit dicari.

Para pembeli Rolls-Royce boleh memodifikasi mobilnya sesuai dengan selera, atau istilah pabrikan Goodwood adalah Bespoke. Tapi tidak semua bagian mobil bisa di Bespoke atau dipersonalisasi sesuai selera pembeli. Ada beberapa ketentuan yang tidak boleh. Misal, mesin kendaraan, bobot mobil, dimensi dan keamanan serta keselamatan mobil.

Konsumen boleh memilih cat sendiri, warna jahitan jok, warna jok, material jok, aksen interior, velg, warna velg dan lain-lain. Rolls-Royce memiliki lebih dari 40 ribu warna cat pilihan. Bahkan, ada konsumen yang ingin mobilnya di cat sesuai warna kayu di pohon di halaman rumahnya. Ada yang memilih cat sesuai warna sepatu olahraga kesayangan dan lain-lain. Kelakuan orang banyak duit ada saja.

Bahkan menurut manufaktur Goodwood, lebih dari 90 persen mobil yang keluar dari pabrikan Rolls-Royce adalah Bespoke. Selera pembeli untuk melakukan Bespoke itu dilatar-belakangi oleh ragam alasan. Bagi konsumen, kendaraan Rolls-Royce itu bagaikan kanvas kosong yang bisa digambar. Mereka dapat berkolaborasi dengan desainer, engineer dan pengrajin Home of Rolls-Royce di Goodwood untuk menciptakan kreasi individual.

Rolls-Royce memiliki departemen tersendiri untuk mengerjakan Bespoke tersebut yang dipimpin oleh Gavin Hartley selaku Head of Bespoke Design. Rolls-Royce Bespoke Wraith Kryptos Collection lahir dari tangan Gavin dan tim. Ia dibantu oleh Katrin Lehman, Bespoke designer – Colour and Trim. Mereka bertanggung jawab kepada Matthew Danton selaku Lead Designer Rolls-Royce Motor Cars.

Baca juga: Rolls-Royce Wraith Kryptos Collection, Coupe Mewah Penuh Kode Misteri

Rolls-Royce Bespoke Wraith Luminary Collection

Gavin Hartley, Bespoke Design Manager

Mulai bergabung dengan tim Rolls-Royce Design tahun 2005 sebagai Bespoke Design Manager di Goodwood Design Studio. Ia bertanggung-jawab atas semua aspek Bespoke Design yang ingin dikerjakan. Sudah puluhan unit mobil konsumen tokoh-tokoh terkemuka di dunia Ia tangani. Ia juga ikut berkontribusi mendesain mobil-mobil Rolls-Royce masa depan dan pengembangan line-up Phantom.

Karena Rolls-Royce juga dimiliki oleh BMW, Gavin pernah ikut terlibat di dalam mendesain interior Range Rover yang diluncurkan tahun 2002.

Baca juga: Rolls-Royce Bikin Game Online, Terbuka Untuk Dimainkan Publik

Gavin Hartley

Katrin Lehman, Bespoke Designer – Colour & Trim

Rolls-Royce Wraith Kryptos Collection yang hanya diproduksi 50 unit, lahir dari ide dirinya. Katrin suka dengan dunia kriptologi alias ilmu yang mengupas dunia kode rahasia. Ia menyebut dirinya sebagai amateur chryptologist (penghobi kriptologi).

Lahir di Frankfurt, Jerman, ia adalah lulusan ilmu Desain Industri di Munich tahun 2018. Waktu ia sedang menyusun tesis di kampusnya, Ia sudah magang di Rolls-Royce Motor Cars di Goodwood. Spesialisasinya di departemen Collection Cars.

Katrin Lehman

Ia adalah orang yang ditugaskan untuk menangkap semua imajinasi pembeli untuk diwujudkan dalam bentuk jadi. Nah, Katrin lah yang mengonsep dan mendesain Rolls-Royce Wraith Krytos Collection, yang hanya diproduksi 50 unit untuk pasar seluruh dunia. Katrin lah yang menciptakan labirin kode rahasia yang cukup rumit untuk dipecahkan oleh pembeli.

“Sebagai desainer, saya selalu terinspirasi oleh gagasan bahwa kita bisa mengomunikasikan pesan yang hanya dimengerti oleh sekelompok kecil orang elit saja. Menggunakan simbol, piktogram dan sandi. Nah proses untuk mencari kunci menjadi bagian integral dari sesuatu yang dicari dan dianggap bagian dari karya seni,” ujar Katrin.

Matthew Danton

Matthew Danton, Lead Designer Rolls-Royce Motor Cars

Memulai karier dengan Rolls-Royce pada 2011. Sebagian besar waktunya berkecimpung dalam membentuk tema dan memperkaya narasi setiap model limited edition. Ia juga yang memperkaya setiap detail mobil-mobil kategori Collection Car sehingga menjadi kendaraan super mewah yang unik dan tiada tanding.

Salah satu maha karyanya selain Wraith Kryptos Collection adalah Rolls-Royce Wraith Luminary Collection. Bespoke model yang penuh dengan terobosan desain.

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

SEOUL, carvaganza.com – Memang mobil-mobil kecil dengan tenaga besar agak mengalami kemunduran. Cupra Ibiza, Audi S1 dan Renault Clio R.S sudah out, tapi masih...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin Dengan Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Chapter-3)

Klaus-Günter Jacobi berhasil membawa sahabatnya, Manfred Koster keluar dari Jerman Timur menggunakan BMW Isetta yang telah dimodifikasi. Rencananya ini dibantu dua orang pelajar yang...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Chapter-2)

Menyembunyikan orang di dalam mobil yang lebarnya tak lebih dari 127 cm dan panjang 228 cm itu jenius sekaligus gila. Jenius karena orang lain...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Chapter-1)

Klaus-Günter Jacobi mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkan seorang sahabat. Sahabatnya itu ia sembunyikan di dalam mobil beroda tiga yang berukuran sangat kecil, BMW Isetta. Berikut...

Modifikasi Suzuki Jimny, Racing Style to Sleeper Style

DENPASAR, Carvaganza -- Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki Jimny? Yup SUV buatan Suzuki ini memang tenar sejak jaman kehadiran perdananya 1979. Sebagian pemilik...