Beranda Features Sepeda Hasil Kolaborasi Pabrikan Supercar Ini Pantas Dikoleksi

Sepeda Hasil Kolaborasi Pabrikan Supercar Ini Pantas Dikoleksi

JAKARTA, Carvaganza.com – Para pabrikan mobil superkencang punya gimmick unik yang rugi jika dilewatkan. Bukan hanya soal teknologi pemacu hasrat adrenalin di lintasan aspal, termasuk juga dalam membuat produk yang tak menggunakan mesin. Sepeda-sepeda ini contohnya. Fanatik brand supercar sekaligus pegiat olahraga bersepeda, mungkin perlu menyimpan deretan sepeda ini sebagai benda koleksi berharga.

Ferrari CX60 Mountain Bike

Pabrikan Maranello pernah merilis sepeda seharga Rp 45,8 juta. Tergolong murah bukan? Bukan sebuah sepeda balap yang cepat di jalan aspal, melainkan sepeda gunung untuk menerabas berbagai medan. Terdengar jauh dari karakter Ferrari. Pun ia tidak dirakit sesuai dengan filosofi sang Kuda Jingkrak dalam menghadirkan teknologi ringan dan kencang. Kontradiktif.

Anda bisa menilai sendiri, penampilannya nampak seperti sepeda gunung pada umumnya. Hanya saja, memiliki aksara Ferrari di rangka. Itu yang membuatnya superspesial. Ferrari pun tak turun tangan untuk merancang sepeda ini. Mereka hanya menyerahkan sepenuhnya kepada Turbo dan Colnago. Spesifikasinya pun tak ada yang spesial: frame aluminium, rem Shimano Deore, ban Continental Explorer, pedal Wellgo, suspensi Rock Shox, dan fork Suntour Epicon serta perangkat gigi Shimano LX.

Specialized S-Works McLaren Tarmac

Siapa tak kenal brand Specialized di kalangan pesepda? Para pehobi otomotif, tentu menasbihkan McLaren sebagai produsen sportscar papan atas. Ketika dua pabrikan ini berkolaborasi untuk membuat sepeda, hasilnya adalah sepeda dengan ciri khas begitu eksklusif. Warna oranye dan hitam khas McLaren yang disepuh pada sekujur frame, bukan sembarang cat. Metode dan material pengecatan sama seperti dilakoni untuk McLaren P1.

Paket sepeda seharga Rp 262 juta dijual termasuk dengan helm, sepatu dan name plate serta gantungan dinding yang semuanya senada. Sehingga, ketika Anda memajangnya di garasi bersama McLaren kesayangan, keduanya seolah senada.

Ingin memilikinya? Pasti saat ini stoknya sudah habis. Sebab McLaren hanya memberikan lisensi pada 250 unit sepeda untuk dibuat oleh Specialized.

BMC Lamborghini Limited Edition Road Bike

BMC merupakan perusahaan asal Swiss yang terkenal sebagai produsen sepeda terbaik. Dalam rangka ulang tahun Lamborghini ke-50, mereka ingin merilis sebuah sepeda spesial untuk menemani mobil istimewa.

Kerjasama ini pun akhirnya menghasilkan sebuah sepeda yang sangat eksotis, seperti mobil-mobil berlambang banteng itu. Demi Lamborghini pun, BMC mengutus Impec, sub brand dari BMC untuk mendesain sepeda yang memiliki tampilan tak kalah eksotik.

Diluncurkan bersamaan dengan mobil perayaan 50 tahun Lamborghini, Veneno. Sama seperti Veneno yang banyak menggunakan material karbon, BMC-Lamborghini juga pakai bahan nomor wahid itu. Lamborghini menghargai sepeda ini sekitar Rp 420 juta kala itu. Meski tak mampu melaju sekencang Veneno hingga lebih dari 320 km/jam, Lambo mengklaim bisa membuat pesepeda yang mengendarainya bisa menikmati sensasi kencang dari sepeda-sepeda mahal lain di jalanan.

Porsche Bike RS

Berbeda dari Lamborghini yang ingin menghadirkan sepeda mahamewah, Porsche justru merilis sepeda yang lebih masuk akal. Bahkan fiturnya pun terbilang sangat praktis, berjenis hybrid. Ya, sepeda yang dikomposisikan sebagai campuran sepeda balap dan gunung, menggunakan material karbon tercanggih untuk membuat bobotnya teramat ringan. Semua perangkat gear pakai Shimano XTR 20-speed. Peranti rem mengandalkan Magura dan rim Crankbrothers berspesifikasi ban khusus balap.

Meski ‘hanya’ sekitar Rp 65 juta untuk sebuah sepeda bermerek Porsche, namun desainnya sangat menawan. Bahkan beberapa pembalap sepeda pun mengakui merasa asyik mengendarainya untuk mendapatkan kecepatan tinggi. Hanya saja, tak cocok bagi yang senang mengayuh ke medan lebih beragam. Ini sebuah road bike tanpa suspensi.

Aston Martin One-77 Bike

Pemilik Aston Martin tentu paham ada satu mobil yang paling seksi yang pernah dibuat. Adalah Aston Martin One 77. Karena itu, sepeda ini dibuat dengan mengambil sepenuhnya, Aston Martin One 77 Bike.

Memakai rumus serupa pabrikan lain untuk meringankan bobot. Yaitu memanfaatkan material serat karbon. Namun bukan itu bagian paling canggih dari sepeda ini. Melainkan fitur sinkronisasi dengan GPS untuk memberikan informasi akurat pada pesepeda tentang berbagai parameter yang terukur.

Misalnya saja torsi pada crank, tenaga di setiap sisi pedal, hingga tenaga yang tak terolah menjadi gaya gerak, friksi, kecepatan, dan banyak lagi. Banyak sensor digunakan dan diolah oleh On Board Computer canggih. Pantas banderolnya mencapai Rp 520 juta.

Sumber: Icebike, Newspress, Icebike, Ferrari, McLaren, Porsche

ANINDIYO PRADHONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Proton X50 Sudah Siap Meluncurkan, Gunakan Turbo Lansiran Geely-Volvo

KUALA LUMPUR, Carvaganza.com – Jumlah model line-up Perusahaan Otomobil Nasional (Proton) bakal bertambah. Pabrikan Malaysia ini sedang bersiap menjual medium SUV X50 yang memiliki...

Rolls-Royce Ghost Extended Meluncur, Penambahan Dimensi Dibungkus Kemewahan

GODWOOD, Carvaganza.com - Belum genap sebulan sejak resmi diluncurkan, Rolls-Royce merilis model tambahan untuk Ghost. Yakni Ghost Extended dengan  penambahan dimensi panjang untuk memberikan...

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...