Beranda New Cars Toyota Corolla Cross Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp 500 Juta

Toyota Corolla Cross Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp 500 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota Corolla Cross telah resmi meluncur ke pasar Indonesia akhirnya, pada hari Kamis (6/8/2020), melengkapi line up keluarga SUV Toyota. Peluncuran oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) ini menyusul debut Corolla Cross sebelumnya di Thailand dan Vietnam. Menarik, harga yang ditawarkan untuk mobil ini tidak sampai dengan Rp 500 juta.

TAM merilis Corolla Cross dalam dua pilihan varian, yaitu Corolla Cross 1.8 dan Corolla Cross Hybrid. Varian pertama tersedia dalam harga Rp 457,8 juta, sedangkan Hybrid dengan Rp 497,8 juta, kondisi OTR DKI Jakarta. Secara langsung banderol Corolla Cross menempatkannya di bawah kelas C-HR.

“Maket terbesar di Indonesia memang dari jenis MPV. Namun kini tren SUV juga tumbuh, bahkan 65 persen lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Maka, kami mengenalkan Corolla Cross yang sesuai dengan pasar. Jadi Toyota tak hanya menyodorkan mesin bensin saja, tapi juga hybrid bagi konsumen yang suka elektrifikasi,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), dalam presentasi yang digelar virtual.

“Mobil ini pakai platform TNGA. Nyaman untuk bermanuver dan handling enak. Lalu di model hybrid emisi gas buangnya 60 persen lebih baik dari mobil biasa. Kemudian BBM 50 persen lebih irit dari reguler.”

Corolla Cross memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm serta tinggi 1.620 mm. kebinnya menjanjikan ruang memadai antara bangku baris pertama serta kedua. Termasuk ruang bahu penumpang yang lega dan nyaman. Wheelbase sepanjang 2.640 mm tidak hanya membuat area kabin semakin lapang tapi juga memastikan mobil terasa nyaman di jalan. Sementara volume bagasi luas dengan ketinggian lantai pas, praktis untuk meletakkan barang.

Sebagai SUV perkotaan, Toyota ingin memastikan penghuni kabin dimanjakan oleh beragam fitur. Interior elegan bernuansa hitam dilengkapi fitur seperti steering switch dan AC digital dual zone. Kemudian panel instrumen berupa MID 4,2 inci, head unit 9 inci IPS display. Makin lengkap, masih ada radio, Bluetooth, NFC (untuk e-toll), miracast, voice command, moonroof dan rain sensor di balik kaca depan. Wiper bisa diatur, berfungsi secara otomatis.

Lalu penumpang di baris kedua terjaga kenyamanannya berkat terpasangnya AC di belakang konsol tengah. Kemudian di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci serta auto fold mirror.

Mesin dan Fitur Keselamatan

Jantung pacu bensin reguler bervolume 1,8 liter empat silinder segaris, 16 valve DOHC plus VVT-i. mesin 1,8 liter yang dipakai sama seperti terpasang pada C-HR. Rasio kompresi 10:1 unit power sanggup membuncahkan daya 138 hp (140 PS) di 6.000 rpm. Torsi puncak 177 Nm didapat sejak 4.000 rpm. Transmisi pakai CVT-i 7-speed plus Sequential Shift and Shift Lock.

Opsi hybrid jauh lebih menarik dengan kompresi rasio lebih tinggi (13:1) dan tenaga tersalur 96 hp (98 PS) serta 142 Nm. Plus sokongan dari motor listrik 71 hp (72 PS) serta 163 Nm. Distribusi energi kinetik menggunakan girboks E-CVT dengan Shift Lock. Untuk harga estimasi selisih Rp 40 juta antara reguler dibanding hybrid. Melihat perbedaan harganya, kemungkinan Corolla Cross versi HEV akan lebih diminati oleh konsumen.

Namun sayang, fitur Toyota Safety Sense tak tersedia pada semua varian. Semua Corolla Cross hanya dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif. Mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC). Lanjut Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir depan belakang, kamera parkir di belakang, serta imbuhan alam plus immobilizer.

Servis

Alasan lain yang membuat varian hybrid lebih menarik dimiliki adalah soal servis. Selisih harga kecil tapi Anda tak perlu repot dalam urusan perawatan. Banderol keduanya sudah termasuk gratis servis berkala sampai dengan ke-6 kali. Maksimum empat tahun atau 50.000 km (tergantung mana yang tercapai dahulu). Terkandung di dalamnya gratis biaya jasa dan suku cadang.

Tersedia pula warranty selama 36 bulan atau 100.000 km, berlaku di seluruh bengkel resmi Toyota. Untuk pelanggan varian HEV di sini, mendapatkan tambahan garansi dia tahun atau 50.000 km. Sehingga total menjadi 5 tahun atau 150.000 km.

ANJAR LEKSANA | WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...