Beranda EDITOR'S PICKS Carvaganza Editors’ Choice Award 2018: Toyota C-HR

Carvaganza Editors’ Choice Award 2018: Toyota C-HR

Boleh dibilang, kemunculan Toyota C-HR di segmen compact SUV/crossover  khususnya di Indonesia cukup terlambat, apalagi jika melihat para kompetitornya yang sudah melakukan start beberapa tahun lebih awal. Sebut saja Mazda CX-3, Chevrolet Trax, Honda HR-V, serta Nissan Juke yang menegaskan lahirnya segmen ini.

Saya harus akui juga bahwa bukan keputusan yang mudah untuk menunjuk C-HR sebagai mobil pilihan saya untuk Carvaganza’s Editors Choice Award 2018 ini. Mobil ini muncul sebagai pilihan terbaik saya, menghadapi salah satu sportscar asal Jerman.

Toyota C-HR saya pilih bukan semata karena mobil ini adalah produk yang terbaik di kelasnya, dan ya, memang secara keseluruhan C-HR bukan produk terbaik di segmen ini. Di atas kertas, spesifikasi C-HR tidak selengkap CX-3 apalagi bila bicara soal fitur dan teknologi pendukungnya.

Ya, saya sempat meragukan C-HR karena begitu meluncur di Indonesia dengan harga mulai Rp 488,5 juta,  soalnya ini banderol paling mahal jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Alasan saya akhirnya memilih C-HR lebih karena kesan yang sangat membekas setelah saya mencobanya langsung, bahkan meski belum melakukan pengujian menyeluruh.

“Driving is Believing”, kiranya menjadi ungkapan tepat alasan saya memilih C-HR. Sensasi berada di balik kemudinya menjadi yang paling berkesan. Kualitas pengendaliannya seolah menunjukkan aplikasi platform TNGA (Toyota New Global Architecture) membuat C-HR terasa seperti dari dunia yang berbeda, a whole new level!

Platform TNGA ini dibangun untuk menawarkan ikatan emosional dan kesenangan berkendara kepada pengemudi, khususnya pada C-HR yang berkarakter sporty. Dari posisi duduknya yang agak rendah ala coupe sampai karakter pengendaliannya yang terasa sangat berkelas dibandingkan produk Toyota yang pernah ada selama ini di Indonesia, C-HR terus saja memberikan kejutan.

Wahyu Hariantono (kiri) menyerahkan penghargaan untuk Toyota C-HR

Kemampuan bermanuver C-HR baik dari karakter kemudi dan suspensinya hampir menyamai apa yang selama ini saya rasakan pada mobil-mobil premium. Apalagi dengan CVT ‘ajaib’ yang mampu berikan sensasi perpindahan gigi manual layaknya transmisi otomatis konvensional, menjadi nilai plus lain untuk drivability C-HR.

Selain itu, desain eksterior C-HR yang edgy dan agresif turut mendukung sensasi “fun to drive”, sehingga menjadi paket yang atraktif. Tidak heran kalau nantinya C-HR bisa menjadi idola baru kaum millennial yang sangat peduli soal penampilan.

Jadi, saya memilih C-HR karena keberhasilannya menjawab rasa skeptis saya melalui kualitas drivability yang sangat mengesankan.

PILIHAN: WAHYU HARIANTONO/ FOTOGRAFER: SYAIFUL ACHMAD & RACHMAT HIDAYAT

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Ganti Oli Pakai Mobil Lubricants Dapatkan Liburan Gratis Ke Mana Saja

JAKARTA, Carvaganza.com - Perawatan mesin mobil secara berkala, wajib dilakukan guna menjaga kondisi mesin tetap prima dan awet. Selain penting mengetahui tingkat kekentalan (SAE)...

Kia Kembangkan Kendaraan Militer Masa Depan, Mirip Hummer

SEOUL, carvaganza.com -  Pabrikan Kia membuat kendaraan militer bukan hal baru. Malah sudah memasok mobil perang untuk militer Korea Selatan dan sejumlah negara lain,...
video

Video: Hypercar Rp 48 Milyar Dihancurkan, Demi Validasi

KROASIA, carvaganza.com – Melihat mobil hypercar seharga US$ 2 juta (sekitar 24 milyar) dihancurkan itu bikin miris. Tapi demi validasi dan kepercayaan publik, hal...

MItsubishi Xpander Mulai Resmi Dirakit di Malaysia, Apa yang Beda?

KUALA LUMPUR, Carvaganza.com - Tidak hanya dari Indonesia dan Vietnam, suplai Mitsubishi Xpander akan datang juga dari Negeri Jiran. Tepatnya di fasilitas perakitan Pekang,...

Kisah Dibalik Penciptaan Mobil Terindah Di Dunia

JAKARTA, Carvaganza.com - Tak usah disangkal, Maserati MC20 adalah mobil paling cantik di dunia. Jangan ragukan juga performanya. Banyak produsen mobil yang mengaku punya...