Beranda EDITOR'S PICKS Carvaganza Editors’ Choice Award 2018: McLaren 720 S 2018

Carvaganza Editors’ Choice Award 2018: McLaren 720 S 2018

Terus terang,  memilih mobil untuk Carvaganza Editor’s Choice (CEC) 2018 kali ini bagi saya gampang. Tak seperti dua tahun sebelumnya. Tak terlalu banyak mikir meskipun pada tahun ini mobil yang saya tes secara pribadi lebih dari 15 unit dan mungkin lebih dari setengah mobil yang Carvaganza coba selama setahun, saya juga cobain mulai dari mobil LCGC sampai supercar dengan tenaga kuda di atas 700 hp.

Pada waktu miting pertama, saya langsung bilang dengan mudahnya McLaren 720 S 2018 sebagai jagoan, berada di list paling atas mengalahkan dua nominator saya lainnya. Tak banyak mikir karena pada waktu saya mencobanya di Bridgestone Proving Ground di Karawang, Jawa Barat, saya sudah langsung memilih supercar ini untuk Editors Choice nanti.

Pertanyaannya kenapa? Dari sisi subyektifitas memang saya adalah pengagum tim McLaren dari dulu dan kebetulan saya pernah bekerja sebagai jurnalis majalah F1 Racing Indonesia. Ketika hampir semua generasi saya pada tahun 90-an dan 2000-an begitu menggilai tim Ferrari, saya lebih suka McLaren. Apalagi ketika Kimi Raikkonen menjadi pembalap McLaren. Koleksi merchandise F1 saya pun lebih banyak McLaren.

Namun subyektifitas tidak mendominasi pikiran saya. Dari dari sisi fakta dan data eksak,  saya pernah mencoba mobil ini di sirkuit Bridgestone sampai saya merasa benar-benar puas. Saya menggeber mobil ini di sirkuit sendirian sampai lebih dari 16 lap sehingga saya mengistilahkannya sampai saya ‘mabok’ mobil.

Dari sisi pabrikan sendiri, memang McLaren tergolong baru di Indonesia jika dibandingkan dengan manufacture seperti Ferrari dan Porsche. Tapi secara teknologi, ia tidak kalah dengan brand sportscar/supercar lain dan justru McLaren terkenal sebagai supercar yang mengusung teknologi terkini. Jika ingat McLaren, orang akan mengaitkannya dengan teknologi.

Eka Zulkarnain (kiri) menyerahkan penghargaan untuk McLaren 720 S

Mobil ini sudah menyihir saya dari sisi penampilan karena dirancang betul-betul aerodinamis. Sangat stabil, kencang dan user-friendly bagi siapapun karena tidak rumit dengan segala tombol yang bisa mengganggu. Interiornya khas sportscar, simpel dengan nuansa sporty yang kuat.

Mesin V8 twin-turbo 4000 cc terus meraung-raung dikala Anda membejek McLaren di trek lurus 850 m Bridgestone Proving Ground. Tenaga maksimal 720 PS akan tersentak keluar dan bisa menghempaskan kepala Anda ke belakang ketika mobil keluar dari tikungan medium. Mobil terasa stabil salah satunya  berkat fitur traction control dan electronic stability control (ESC) yang disematkan pabrikan. Mobil ini amazing, jika Anda mau tahu alasan-alasan teknisnya simak di web www.carvaganza.com atau majalah Carvaganza edisi April 2018.

PILIHAN: EKA ZULKARNAIN | FOTOGRAFER: SYAIFUL ACHMAD & RACHMAT HIDAYAT

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Ini Jadwal Balap Rio Haryanto Bersama T2 Motorsports

JAKARTA, 23 Maret 2019 – T2 Motorsports, tim balap yang menaungi David Tjiptobiantoro dan Rio Haryanto akan ikuti kejuaraan balap...
video

VIDEO: All New Ertiga Suzuki Sport Review

JAKARTA, 22 Maret 2019 – Suzuki tak mau kalah dalam bersaing di segmen Low atau Small MPV di Indonesia. Guna...

Adira Finance Lunasi Cicilan 100 Konsumennya

JAKARTA, 21 Maret 2019 -- Adira Finance, salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, mengumumkan pemenang program HARCILNAS atau Harinya...

REVIEW: Makin Sporty, Ini 11 Fitur Baru di Ertiga Suzuki Sport

JAKARTA, 22 Maret 2019 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan varian terbaru dan termahal Ertiga yang diberi nama All...

The Newest Lexus UX, SUV yang Dinamis dan Stylist

JAKARTA, 22 Maret 2019 – Memenuhi beragam kebutuhan dan keinginan konsumen bukanlah perkerjaan mudah apalagi konsumen urban yang hidup dinamis...