Toyota C-HR, Coupe-like Crossover

Toyota C-HR, Coupe-like Crossover

Setelah versi konsepnya muncul di Paris Motor Show 2014, akhirnya Toyota meluncurkan Toyota C-HR versi produksi di LA Auto Show 2016. Crossover ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) baru, sama seperti Prius generasi keempat. C-HR sendiri merupakan singkatan dari Coupe High-Rider. Melihat garis atapnya yang landai menyerupai coupe, crossover ini diberi nama itu.

Meski mirip coupe, nuansa maskulin tetap terasa pada bagian depannya yang kokoh dan lebar. Hal ini berkat desain lampu depannya yang runcing dan bersudut tapi tetap dinamis dan mengalir mengikuti fender depan yang bulat dan besar. Di bagian bawah headlight, daytime running light dengan teknologi LED membingkainya. Toyota dengan cerdas menyamarkan handle pintu belakang di bagian atas, dekat dengan ujung jendela belakang.

Sayangnya, jendela tersebut terlalu sempit sehingga anak-anak yang duduk di kursi belakang akan sulit melihat ke luar. Sementara itu, bagian buritannya terdapat begitu banyak detail sehingga membuatnya terkesan modern. Lampu belakang menonjol ke luar dengan sudut yang mengikuti urat sisi mobil. Kaca belakangnya yang landai berujung pada pahatan mencuat yang juga berfungsi sebagai rear wing.



Untuk interior, Toyota menyematkan touchscreen 8 inci yang mencuat di tengah dashboard. Layar tersebut dilengkapi teknologi HMI (Human Machine Interface) terbaru dengan platform navigasi Multimedia a la Toyota. Selain itu, kabin dilapisi dengan tiga jenis material. Bagi permukaan yang sering disentuh seperti setir menggunakan kulit Nappa.

Sedangkan elemen fungsional seperti tuas perseneling dan tombol lain memakai material bertekstur. Sisanya dilapisi bahan yang menyerupai kulit. Tentu saja tak ketinggalan aksen berwarna piano black dan satin silver untuk membuat interior tak monoton. Toyota menyediakan tiga pilihan tema warna interior yang terdiri dari Dark Grey, Black/Blue dan Black/Brown.



Selain platform, Toyota C-HR juga ‘meminjam’ mesin hybrid milik Prius terbaru. Dengan paduan mesin elektrik dan bensin 1.8 liter VVT-I Atkinson, mobil ini mendapat tenaga sebesar 120 hp pada 5.200 rpm dengan torsi maksimal 142 Nm yang didapat dalam putaran 3.600 rpm. Varian ini dibekali transmisi e-CVT dan penggerak roda depan.

Toyota juga menyediakan mesin bensin 1.2 liter turbocharged yang pertama kali terlihat pada Toyota Auris. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 114 hp dengan torsi 185 Nm. Varian mobil bermesin ini tersedia dalam all-wheel drive dan front-wheel drive serta mendapatkan pilihan transmisi manual 6-kecepatan (AWD) atau Continuously Variable Transmission/CVT (AWD dan FWD).

Spesifikasi Toyota C-HR

Layout Kendaraan: Crossover, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, FWD/AWD
Mesin: 1.8 L Hybrid /120 hp /142 Nm; 4 silinder 1.2 L turbocharged/114 hp/185 Nm
Transmisi: M/T 6-kecepatan/CVT
Ground clearance: 165 mm (estimasi)
Wheelbase: 2640 mm
P x L x T: 4350 x 1795 x 1555 mm
Bobot Kosong: N/A
Kapasitas Tangki: N/A

MIRAH PERTIWI

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya