Revisi Kalender F1 2021: Mulai di Bahrain, Australia Digeser

JAKARTA, Carvaganza.com – Formula 1 akhirnya bergerak cepat dalam menentukan kepastian kalender balap musim 2021, yang sampai pekan lalu mendapati kondisi sejumlah seri terancam. Kini, Formula 1 telah resmi merilis versi revisi dari kalender 2021, namun tanpa menghilangkan atau membatalkan seri Australia yang seharusnya menjadi pembuka. Bahkan, ada tambahan menarik yang menggantikan salah satu seri yang kemungkinan batal.


Diumumkan pada hari Selasa (12/1/2021) kemarin, F1 akan memulai musim 2021 lewat seri Bahrain pada tanggal 28 Maret 2021. Jadwal Bahrain tidak berubah, karena memang dari awal diatur menjadi seri kedua setelah Australia. Sedangkan Australia sendiri, untuk saat ini digeser menjadi sebelum akhir musim.


Jumlah balapan sebanyak 23 seri tidak berubah untuk kalender versi revisi ini. Merespons ketidakpastian kondisi China untuk menggelar balapan di Shanghai setelah Bahrain, F1 menggantikannya dengan seri Imola di Italia. Untuk dua musim berturut-turut, F1 akan digelar lagi di Imola, setelah sempat absen lama sejak tahun 2006. Imola yang memadatkan kalender 2020 yang terdampak pandemi, menjadi favorit banyak pembalap di grid.


Grand Prix Australia


Perubahan terjadi pada slot seri keempat yang kini menjadi ketiga, yang juga belum dipastikan untuk diisi seri apa. Prediksi terbesar sejauh ini, slot untuk tanggal 2 Mei tersebut akan dipakai untuk seri Portugal di Portimao. Sirkuit yang tahun lalu juga debut menggelar F1 itu dianggap lebih praktis dari sisi logistik antara seri Imola dan Spanyol.


Seri Australia, untuk saat ini tidak dibatalkan seperti tahun lalu, namun dipindahkan ke antara seri Brazil dan Arab Saudi. Secara urutan, Australia menjadi seri ke-21, mengisi slot setelah rangkaian seri benua Amerika digelar, menuju Timur Tengah. Arab Saudi juga akan debut tahun ini menjadi tuan rumah balapan F1, berlokasi di kota Jeddah. Sementara seri penutup kembali akan bertempat di Yas Marina, Abu Dhabi.


Otoritas di Australia bersikeras balapan tetap digelar tahun ini. Keberlangsungan balapan dianggap penting oleh F1 dan otoritas Australia, berikut para mitra yang terlibat dalam penyelenggaraan grand prix. Jadwal Grand Prix Australia 2021 versi revisi ditempatkan pada tanggal 18-21 November 2021.


“Ini awal tahun yang sibuk di Formula 1 dan kami senang untuk memastikan bahwa jumlah balapan yang direncanakan untuk musim ini tetap tidak berubah,” ujar Stefano Domenicali, Presiden dan CEO Formula 1.


Imola


“Pandemi global belum membuat kehidupan kembali normal, tapi kami menunjukkan pada 2020 bahwa kami dapat balapan dengan aman sebagai olahraga internasional pertama yang kembali dan kami memiliki pengalaman dan rencana untuk mewujudkan musim kami.”


Di tahun 2020 lalu, F1 menjadi ajang olahraga internasional pertama di dunia yang berhasil memulai kembali rangkaian musimnya di dunia. Seri Australia 2020 yang awalnya sudah siap digelar, harus dibatalkan last minute karena beberapa anggota paddock terdiagnosa positif COVID-19. Berbekal pengalaman terhadap protokol kesehatan dan serangkaian langkah pencegahan, F1 cukup yakin akan bisa menjalankan musim 2021.


Sementara menyesuaikan perubahan pada kalender, sesi tes pra musim yang sebelumnya direncanakan berlangsung di Barcelona, Spanyol, akan dipindah ke Bahrain. Dengan begitu, para tim tidak perlu memindahkan logistiknya jelang seri pertama digelar.


Sumber: Formula 1


Revisi Jadwal F1 2021


WAHYU HARIANTONO