Beranda New Cars Punya Mesin 315 Hp, Ini VW Golf Paling Kencang Sepanjang Sejarah

Punya Mesin 315 Hp, Ini VW Golf Paling Kencang Sepanjang Sejarah

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Menepati janji peluncuran yang telah disampaikan belum lama ini, Volkswagen (VW) telah resmi meluncurkan Golf R di generasi baru. Melengkapi rangkaian keluarga generasi kedelapan (Mk8) Golf, mobil ini menjadi varian terkencang yang pernah diproduksi. Kehadiran Golf R akan menegaskan kembali benchmark performa di segmen hot hatchback.

Golf R kini menjadi model kelima yang melengkapi keluarga model kencang VW, menyusul Arteon R dan Tiguan R. Performa mesin paling ganas dalam sejarah model Golf ditawarkan oleh Golf R. Yaitu dengan mesin empat silinder 2,0 liter turbo, yang menghasilkan kombinasi 315 hp dan torsi 420 Nm. Angka tersebut sudah meningkat 27 hp dan 41 Nm dari varian Golf GTI.

Oleh mesin berkode EA888 yang dijuluki sebagai Evo4, akselerasi 0-100 km/jam bisa dicapai oleh Golf R dalam waktu 4,7 detik. Torsi puncak mesin klaimnya sudah bisa dinikmati sejak menyentuh 2.100 rpm, sampai dengan 5.350 rpm. Bukan hanya dari mesin, peningkatan performa juga datang dari upaya optimalisasi pada berbagai sector teknis dalam Golf R.

VW memberikan rangkaian upgrade untuk meningkatan kemampuan manuver dan kelincahan handling. Contohnya berupa sistem torque-vectoring yang dibawa sebelumnya pada versi kencang Arteon dan Tiguan. Dengan sistem ini, distribusi output ke roda depan dan belakang bisa dilakukan dengan berbagai variabel. Bahkan, meski basisnya menggunakan penggerak roda depan, distribusi output bisa lebih optimal di antara masing-masing roda belakang. Torque-vectoring ini memanfaatkan kopling plat ganda, yang menjanjikan keseimbangan output ke setiap roda dari 0-100%, hanya dalam hitungan milidetik.

Akan tersedia pilihan transmisi manual 6-speed untuk Golf R, namun sejauh ini dipastikan untuk konsumen di Amerika Serikat dan Kanada. Sementara transmisi otomatis DSG 7-speed khas VW, akan menjadi opsi utama, termasuk opsi satu-satunya untuk pasar Eropa. Sementara sistem all-wheel drive (AWD) disetel untuk semakin optimalkan performa, khususnya handling.

Pengurangan bobot juga dilakukan pada Golf R, mulai dari sistem rem yang lebih ringan 1,2 kg, lalu subframe alumunium juga dipangkas bobotnya sampai 3 kg. Dari varian Golf lainnya, versi R punya tongkrongan lebih rendah 20 mm, berkat paket suspensi baru.

Bicara soal visual, VW memberikan sentuhan ala motorsport melalui splitter yang terpasang di bumper depan, yang membuat tampangnya lebih agresif. Bagian belakang dihiasi diffuser berdimensi cukup besar, lalu disertai empat pipa knalpot Akrapovic di ujung bumper. Kaliper rem biru menghuni di balik velg berdesain bespoke.

Bagian interior, VW memasang jok sport dengan sentuhan detail biru pada aksen jahitan dan piping. Lingkar setir juga berdesain lebih sporty, dengan aksen biru senada di bagian dalam palang. Pedal set mendapat cover dengan bahan stainless steel, dan masih ada pilihan interface berbeda untuk sistem infotainment.

Untuk memanjakan pengemudi, Golf R memiliki tambahan dua mode berkendara khusus, yaitu Special dan Drift. Model Special dikembangkan untuk performa terbaik menggeber Golf R di Nurburgring, yang diklaim sudah 17 detik lebih kencang dari predesesornya. Sementara mode Drift, disebut memberikan levl baru kedinamisan dan kesenangann performa yang lebih maksimal.

Di kelasnya, Golf R melawan Mercedes-AMG A 45 S dan Renault Megane R Trophy. Namun sejauh ini belum diumumkan berapa harga yang dibanderol untuk Golf R. namun perkiraan Autocar, VW akan memasang label £34.000 atau setara dengan Rp643,3 jutaan. Mobil ini kabarnya sudah akan tersedia mulai bulan depan.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...