Beranda Updates Penting! Ini Jadwal “One Way” Arus Balik

Penting! Ini Jadwal “One Way” Arus Balik

Foto: jasamarga.com

JAKARTA, 7 Juni 2019 – Hari Raya Idul Fitri 1440 H sudah memasuki hari ketiga. Sebagian pemudik sudah mulai bersiap untuk kembali ke Jakarta. Bagi pengguna tol, simak jawal one way saat arus balik.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Evaluasi Arus Mudik dan Persiapan Pelaksanaan Arus Balik Lalu Lintas Lebaran Tahun 2019. Rakor ini dihadiri Korlantas Polri, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Bagi pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan mudik, diimbau agar berangkat pada pagi hari untuk menghindari kecenderungan jam favorit arus balik pada siang-sore hari.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menambahkan bahwa Jasa Marga memprediksi puncak arus balik Lebaran 2019 jatuh pada H+3 atau pada tanggal 9 Juni 2019 dengan prediksi jumlah kendaraan mencapai 104 Ribu Kendaraan yang melewati GT Cikampek Utama ke arah Jakarta.

“Kami mengimbau masyarakat tidak fokus hanya pada satu tanggal tertentu saja. Untuk pemudik yang menggunakan akses jalan tol dapat menikmati diskon tarif tol sebesar 15% pada tanggal 10-12 Juni 2019,” kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani.

Foto: jasamarga.com

Baca juga: Hari Pertama Lebaran 2019, Lebih Dari 200 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta
Baca juga: Jasa Marga Berlakukan Contraflow dari KM 34 – KM 47 Jakarta Cikampek
Baca juga: 1,2 juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta Sampai Dengan H-1 Lebaran 2019

Jasa Marga dan pihak-pihak terkait, kata Desi sudah menyiapkan berbagai langkah seperti rambu-rambu di akses masuk rest area dan penambahan mobile toilet. Untuk mengantisipasi mobil mogok di jalan tol, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan menambah mobil Layanan Jalan Tol (mobil patroli) dan menempatkan mobil derek serta menempatkan bengkel Agen Pemegang Merk (APM) di rest area tipe A.

Gerbang Tol (GT) Palimanan merupakan gerbang tol pembayaran cluster 2 dan tapping cluster 1, akan dilakukan penambahan mobile reader dari 28 unit menjadi 38 unit dan EDC dari 2 menjadi 12 di GT Palimanan.

Nah, untuk waktu pelaksanaan one way catat. One way akan diberlakukan pada tanggal 7 Juni s/d 10 Juni 2019 dimulai pukul 12.00 WIB s/d pukul 24.00 WIB dari KM 414 GT Kalikangkung s/d KM 70 GT Cikampek Utama. Sementara akan diberlakukan contraflow dari KM 70 s/d KM 65 atau sesuai dinamika di lapangan dengan pertimbangan diskresi Kepolisian.

Desi juga mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan perjalanan balik agar dapat lebih baik dari perjalanan mudik kemarin. Pastikan untuk mengisi BBM dan saldo uang elektronik dengan maksimal sebelum masuk ke jalan tol.

“Ini untuk menghindari kepadatan yang bisa terjadi di gerbang tol akibat kurang saldo dan kepadatan di rest area karena BBM habis. Selain itu cek kondisi kendaraan, pastikan kondisinya baik, agar tidak mengalami gangguan yang dapat mengurangi kapasitas lajur,” imbau Desi.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza