Mobil Lebih Banyak Parkir Selama PPKM, Lakukan 5 Hal Ini Agar Selalu Prima

tips rawat mobil

Di masa pemberlakuan PPKM Darurat 3-20 Juli 2021 ini, intensitas penggunaan mobil akan berkurang. Mobil lebih banyak terparkir di garasi. Bukan berarti dibiamkan begitu saja. Meski jarang digunakan bukan berarti mobil tak butuh perhatian. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan guna memastikan mobil tetap dalam kondisi sehat. Berikut ini adalah lima tips mudah yang dapat dilakukan.

1. Panaskan mobil selama 10-15 menit

Saat tidak digunakan, rutinitas memanaskan mobil tetaplah penting untuk dilakukan agar sirkulasi oli terjaga dan dapat tetap melumasi komponen-komponen di dalam mesin mobil dengan baik. Selain itu, rutinitas memanaskan mobil juga dapat menjaga daya aki agar tetap dapat bekerja secara maksimal dan tegangan listriknya tetap stabil.

2. Sesekali ubah posisi parkir mobil

Sambil memanaskan mobil, jangan lupa untuk sesekali mengubah posisi parkir agar roda ban juga ikut bergerak. Hal ini dapat memastikan bentuk ban tetap ideal karena tidak bertumpu pada satu posisi tertentu dalam waktu yang lama. Selain itu, roda ban yang terlalu lama didiamkan juga dapat kehilangan tekanan udaranya dan mengempis dengan mudah.

3. Cek ban mobil

Bagian yang paling penting untuk Anda periksa. Maklum di masa PPKM, mobil lebih banyak terparkir. Sementara fungsi penting ban adalah menahan seluruh bobot kendaraan. Jika ban diam terlalu lama, maka beban hanya tertumpu pada satu bagian saja. Tekanan ban yang rendah dan cuaca yang sangat dingin dapat berkontribusi kondisi ban. Pastikan kondisi ban seperti telapak ban belum aus dan tekanan angin terjaga sesuai rekomendasi pabrik. Periksa pula dinding ban dari risiko benjol dan permukaan pelek mobil jangan sampai ada yang retak atau pecah. Lakukan langkah yang sama pada ban cadangan. Jangan segan untuk mengganti ban mobil jika ditemukan masalah. Jika Anda akan menggunakan kendaraan, disarankan untuk memeriksa tekanan ban Anda dan memompa sesuai dengan spesifikasi pabrik. Anda dapat menemukan rekomendasi pabrikan untuk tekanan ban baik di pintu pengemudi atau di manual mobil Anda.

tips rawat ban

4. Periksa kondisi bahan bakar dan oli secara rutin

Mobil yang lama tidak terpakai dapat menimbulkan pengendapan pada bahan bakar dan oli yang disebabkan oleh tidak adanya tekanan pada mesin. Periksa kondisi oli mesin dengan mengecek takarannya melalui dipstick dan melihat odometer untuk memantau waktu terakhir ganti oli mesin. Oli mesin adalah komponen yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas dan pelindung dari gesekan pada komponen mesin. Rekomendasi penggantian oli mesin adalah setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Sebenarnya selain oli mesin, ada oli transmisi yang harus diperhatikan kondisinya. Namun karena posisi transmisi ada di kolong mobil, Anda cukup memastikan tidak ada kebocoran di rumah transmisi dan memeriksa kapan terakhir menggantinya. Jangan lupa juga untuk tetap memastikan bahwa mesin mobil memiliki level bahan bakar dan oli yang memadai.

5. Tetap jaga kondisi interior mobil

Berkurangnya penggunaan mobil selama masa PPKM Darurat juga dapat menyebabkan berkurangnya pertukaran udara di dalam kabin yang biasanya terjadi saat pengendara berada di dalam mobil. Hal ini menyebabkan kondisi interior mobil menjadi lebih lembab dan dapat memicu munculnya jamur. Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi interior mobil, jangan lupa untuk tetap membuka jendela atau panoramic sunroof agar sirkulasi udara tetap terjaga. Bila perlu, memindahkan posisi parkir mobil ke tempat yang terkena sinar matahari juga dapat mengurangi potensi munculnya jamur. Selain itu, untuk memastikan agar sirkulasi tetap segar dan bersih. RAJU FEBRIAN

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature