Beranda Updates Isuzu mu-X Baru Siap Masuk Indonesia, IAMI: Tahun Depan!

Isuzu mu-X Baru Siap Masuk Indonesia, IAMI: Tahun Depan!

JAKARTA, Carvaganza — Penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19 membuat Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memutar otak. Salah satunya adalah merencakan kehadiran Isuzu MU-X. Model ini telah meluncur di Thailand. Tapi kapan mobil ini masuk Indonesia? Generasi mobil SUV ladder frame ini mendapat banyak penyegaran. Desain dibuat lebih premium dan juga dilakukan penyematan fitur-fitur modern. Diantaranya adalah penggunaan fitur keamanan enam airbag.

Thomas Aquino Wijanarka, Instructor Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), mengatakan rival Toyota Fortuner dan Mitsubshi Pajero Sport itu akan dibawa tahun depan. “Sedang dalam tahap proses, mudah-mudahan dalam tahun depan,” ujar Thomas Wijanarka.

Model ini mendapat banyak perombakan dibandingkan generasi sebelumnya. Dari sektor eksterior, wajah Isuzu MU-X terlihat ramping dan tajam dengan bentuk gril lebih kecil. Di bagian belakang, ubahan juga dilakukan. Lampu belakang juga terlihat lebih minimalis dari model sebelumnya.

Isuzu Mu-X generasi ketiga ini disebutkan menggunakan basis Isuzu D-Max yang berdimensi cukup besar yakni panjang 4.850 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.875 mm dengan jarak sumbu roda 2.855 mm. Nuansa Isuzu D-Max juga terasa saat memasuki ruang kabinnya berkat penyematan head unit 9-inch yang sudah terkoneksi Android Auto dan Apple CarPlay, serta AC dual zone modern digital.

Di sektor keamanan dan keselamatan, Isuzu Mu-X terbaru ini dibekali 6-airbags, electronic stability control, ABS, EBD, brake assist, hill start assist, hill descent control and traction control. Sementara varian tertinggi sudah dilengkapi blind spot monitor, rear cross-traffic alert, forward collision warning, autonomous emergency braking, lane departure warning, speed limiter, automatic high beam, multi-collision brake, parking assist dan pedal misapplication system.

Urusan jantung pacu, ia menggendong mesin 4-silinder turbodiesel dengan dua pilihan mesin yakni RZ4E-TC 1.900 cc bertenaga 148 hp dan torsi 350 Nm, sertai mesin 4JJ3-TCX 3.000 cc dengan tenaga maksimal 188 hp dan torsi 450 Nm. Mesin ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Tersedia juga pilihan penggerak roda dua dan penggerak empat roda.

Belum diketahui, berapa harga jual MU-X jika nanti dipasarkan di Indonesia. Namun melihat situs resminya, sekarang mobil ini dipasarkan dari Rp 490 juta (tipe 4×4 MT) sampai Rp 499,5 juta (tipe Premiere). Sedangkan model barunya di Thailand, dijual mulai 1.109.000 baht (tipe 1.9 Active 2WD AT) atau setara Rp 522,4 juta, sampai 1.579.000 baht (tipe 3.0 Ultimate 4WD AT) atau setara Rp 743,8 juta.

Baca juga: Penyegaran Isuzu mu-X 2021, Pancarkan Aura Premium

Penjualan Isuzu

Industri otomotif Tanah Air dibuat berantakan akibat pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020. Akibatnya, otomotif nasional terdampak. Penjualan turun cukup drastis meski mulai terdapat sedikit peningkatan. Pukulan tak hanya dirasakan pasar kendaraan penumpang, tapi juga kendaraan niaga. Pukulan ini juga dirasakan Isuzu Astra Motor Indonesia, salah satu pemain truk di segmen light duty truck (LDT) dan medium duty truck (MDT) di Indonesia.

Thomas Wijanarka mengatakan penjualan kendaraan Isuzu selama Januari ke September 2020 mengalami penurunan 31 persen. Meski demikian, penurunan ini tidak setajam yang terjadi di rata-rata industri. Pasar otomotif di periode ini ambles sampai 46 persen. “Penjualan sama dengan market otomotif secara umum kami mengalami penurunan, untuk data YTD Sep 2020, penurunan kami di 31%, masih dibawah penurunan market otomotif di angka 46 persen,” kata Thomas.

Untuk unit terjual, Thomas menyatakan, truk LDT Isuzu Elf NMR masih menjadi kontributor penjualan terbesar Isuzu. Total penjualan year to date Januari-September sebanyak 5.935 unit,” ujarnya. Jika angka ini dibandingkan periode yang sama tahun 2019 lalu, penurunan penjualan Isuzu Elf memang cukup besar, mencapai 37.9 persen.

Kontribusi penjualan terbesar kedua Isuzu adalah kendaraan niaga ringan Isuzu Traga yang selama Januari sampai September 2020 membukukan penjualan 4.286 unit. “Isuzu Traga bisa dikatakan tidak mengalami penurunan,” timpal Puti Annisa Moeloek, Marketing Communication PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Selama masa pandemi ini, memang hampir seluruh segmen industri yang selama ini berbelanja truk baru, mengalami penurunan. Kategori yang paling terkena di truck besar Isuzu GIGA. Biasanya kalau terjadi penurunan perekonomian maka di sektor otomotif yang paling dulu terkena dampak adalah kendaraan truck besar (Kateogir 3 dan 5) disusul dengan light truck, pick up dan lain-lain. Akan tetapi ketika perekonomian naik, maka komersial pula yang naik terlebih dahulu

“Tetapi ada pula segmen-segmen yang stabil dan malah mengalami kenaikan. Kami fokus pada segment yang stabil, contohnya di segmen logistik. Pada saat pandemi logistik masih tetap diperlukan untuk menjalankan kebutuhan masyarakat,” tutup Thomas.

RAJU FEBRIAN

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Masa Pandemi, Isuzu mu-X Jadi Ambulans

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...