Beranda New Cars Penyegaran Isuzu mu-X 2021, Pancarkan Aura Premium

Penyegaran Isuzu mu-X 2021, Pancarkan Aura Premium

BANGKOK, Carvaganza.com – Isuzu telah resmi merilis model penyegaran untuk Isuzu mu-X 2021 di Thailand, 28 Oktober 2020 lalu. Tak hanya tampilan yang disegarkan, sejumlah ubahan pun terjadi, seperti penyangga roda. Walau menyandang nama ‘All New’, namun bagian mekanikal pacu penenggak solar tak disentuh. Mereka masih percaya pada durabilitas kedua mesinnya. Dan semua dilakukan demi menggaet konsumen lebih luas, maupun menyuguhkan kebutuhan pasar potensial di sana.

Kaki-kaki

Sorotan pertama berupa suspense, yang mana bawaan mu-X terkenal punya racikan terlalu empuk. Untuk melindas jalan tak rata mungkin nyaman, tetapi melesat di jalan mulus bakal terasa limbung. Mereka menyadari itu, dengan mengganti penyangga roda belakang. Isuzu membekali sang SUV pembaruan dengan McPherson Strut di depan. Tapi di belakang tingkat kekakuan per suspensi 5-link telah meningkat signifikan. Pusat roll yang ditinggikan dengan merelokasi link lateral. Lalu stabilizer dilebarkan tinggkan efektivitasnya. Selain itu, bersama dengan suspensi depan yang direkayasa dalam pengembangan D-MAX. Dijanjikan penambahan stabilitas plus kenyamanan berkendara.

Struktur Tubuh

Bodi mu-X pun berubah, Isuzu membuat pilar melingkar bagian tertutup setengah bodi belakang. Hingga memperkuat sambungan antarbagian, kekakuan lentur body meningkat. Rancang bangun semacam itu juga punya maksud yakni mengontrol perpindahan beban jika terjadi tabrakan. Kemudian guncangan tersebar dan diserap, membuat zona aman untuk melindungi penumpang.

Penggunaan pelat baja high-tensile 980 Mpa menambah kekuatan. Juga memberi kekakuan bodi ke tingkat lebih baik, sekaligus menjaganya tetap ringan. Dengan meningkatkan struktur dinamis itu, kebisingan kabin ikut teredam lantaran perambatan padat telah dikurangi. Selain itu, material berbusa dipasang di dalam pilar untuk mereduksi kebisingan maupun getaran. Pengadopsian lift-gate plastik membuat kendaraan lebih ringan dan memberikan tampilan tajam.

Interior

Dengan konsep Solid anda Elegan. Panel instrumen mu-X membentang lebar sekaligus memproyeksikan gambar SUV bak kendaraan premium melalui gaya unik. Head unit 9 inci bertengger di tengah dashboard. Lingkar kemudi dibikin lebih modern berupa tiga palang lebar berbalut kulit. Sudah dilengkapi audio switch dan banyak tombol pengaturan. Material soft touch bertebaran di mana-mana. Ada di trim pintu, di atas dasbor serta beberapa panel lain. Lalu kesan mewah kabin ditonjolkan dengan paduan dua warna interior: coklat plus hitam.

Desain Eksterior

Isuzu ingin memproyeksikan citra premium nan canggih pada mu-X 2021, dengan cara dibekali lampu proyektor Bi-LED yang dipasang di bagian depan. Sorot mata utama tampak tajam. Kisi-kisi depan berbalut chrome dengan desain formatif, berorientasi pada kemewahan. Bagian belakang dirancang untuk memberikan tampilan inovatif. Wujudnya garis LED meliuk, plus rekayasa rumah lampu buritan. Lantas sebagai pembeda lagi dari model pendahulu, kini tangki bensin bervolume lebih besar, dari sebelumnya 65 liter, sekarang 80 liter.

Mesin Tetap Sama

mu-X generasi teranyar berpijak pada sasis jenis ladder frame seperti pada unit saat ini dan D-Max paling gres. Duduk di depan rangka, unit pacu penenggak solar berkode RZ4E-TC 1,9 liter plus induksi turbo. Enjin menghasilkan tenaga 148 hp pada 3.600 rpm. Kemudian torsi puncak 350 Nm, diraih sejak 1.800 rpm – 2.600 rpm.

Lalu pilihan lebih besar berupa mesin diesel 3,0 liter dengan tenaga 174 hp. Kemudian ouput torsi puncak tersedia 380 Nm. Pilihan penyaluran daya tersedia manual enam percepatan dan 6-speed otomatis. Penggerak tipe 4×4 tersedia di varian atas, sementara model reguler pakai penyalur roda dua (2WD) di belakang. Kemungkinan konfigurasi ini tak berubah tapi bisa jadi output disempurnakan.

Untuk dijadikan pembanding, seperti di Indonesia, lantaran pakai standar emisi diesel Euro 2. Isuzu Astra Motor Indonesia senantiasa mengandalkan mekanikal pacu 4JK1-TC, 2,5 liter. Disokong Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System). Ia sudah mengantongi teknologi direct fuel common rail bertekanan tinggi. Resultan pembakarannya, tenaga 133 hp dan torsi 320 Nm pada 1.800 – 2.800 rpm. Keluaran tenaga kalah jauh dari tipe 1,9 liter turbo.

Alasan utama PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) belum memboyong mesin terbaru lantaran kendala standar emisi. Di sini masih menggunakan standar Euro 2, sementara di Thailand sudah menerapkan Euro 4. Bakal tambah biaya lagi jika harus impor dan menurunkan grade perangkat mekanis. Sehingga nilai jual kendaraan tidak bisa kompetitif. Sekadar menyegarkan ingatan kembali.

Karena pandemi Covid-19, pemerintah akhirnya menunda kebijakan Euro 4 untuk mesin diesel. Semula dijadwalkan April 2021 harus mundur menjadi April 2022. Sebelumnya KLHK pada 2017 merilis aturan emisi Euro 4 yang diatur dalam P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. Isinya tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru kategori M, N, dan O atau standar emisi Euro 4. Agen pemegang merek setuju dengan regulator lantaran ada sejumlah kendala. Berdasar alasan ini, agaknya masih lama IAMI membawa mu-X terbaru ke sini.

Sumber: Isuzu.co.jp

ANJAR LEKSANA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua Di Dunia, Tesla Semakin Bersinar

JAKARTA, carvaganza – Ragam terobosan yang dilakukan oleh Elon Musk telah menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia kedua. Kekayaannya sekarang mengalahkan Bill Gates,...

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...