Penuhi Kebutuhan Masa Pandemi, Isuzu mu-X Jadi Ambulans

JAKARTA, Carvaganza -- Belum pulihnya kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 membuat daya beli masyarakat turun. Astra Isuzu membuat startegi dengan menyasar segmen-segmen pelanggan yang masih berpeluang tumbuh khususnya di masa pandemi. Peluang tersebut salah satunya adalah di bidang kesehatan. Isuzu melakukan produksi mu-X menjadi Ambulans dan dipasarkan di beberapa wilayah. Seperti yang dilakukan oleh Astra Isuzu Manado, dimana penjualan Isuzu mu-X di daerah sana digunakan sebagai ambulans. Mengingat daerah Manado memiliki kondisi geografis yang cukup ekstrem. “Upaya kami adalah melakukan penetrasi pasar ke sektor yang tidak terlalu terdampak Covid19, salah satunya adalah di bidang kesehatan. Seperti produk SUV Isuzu mu-X 4x4 yang dijadikan Ambulans,” kata Samuel Pilo Bunga, Regional Manager Astra Isuzu Area Sulawesi. Pasar juga menanggapi hal positif terkait dengan ketersediaan ambulans 4x4 ini.Kemarin (23 Sept 2020) Astra Isuzu Manado telah menyerahkan secara bertahap kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud sejumlah 11 unit ambulans Isuzu mu-X, dan terbanyak untuk lima unit diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Talaud. Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Talaud tersebut menggunakan Isuzu Panther sebagai ambulans selama 20 tahun. Menurut dr Kerry Monanging, Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Talaud, kehadiran Isuzu mu-X AMbulans ini sangat membantu layanan kesehatan pada masyarakat Talaud. “Kondisi jalan yang ekstrem di sini, membuat kami membutuhkan ambulans yang unggul di segala medan, dengan dobel gardan dan irit bahan bakar. Dan ketika Isuzu mu-X 4x4 dapat diubah menjadi ambulans, kami langsung memilihnya,” katanya. Sementara Elieser Adung, Branch Manager Astra Isuzu Manado, menambahkan, “Penawaran ini kami sampaikan karena berdasarkan product fit, ketangguhan Isuzu mu-X yang sesuai untuk digunakan pada kondisi medan di Talaud yang cukup ekstrem, khususnya saat memberikan pelayanan kesehatan ke pelosok-pelosok.”

Spesifikasi mu-X

Jenis SUV garapan Isuzu ini mengandalkan mesin diesel 4JK1-TC 2,5 liter. Disokong Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System). Ia sudah mengantongi teknologi direct fuel common rail bertekanan tinggi. Resultan pembakarannya, tenaga 136 PS dan torsi 320 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Penyaluran output daya pakai transmisi triptonic otomatis lima percepatan atau manual lima percepatan. Versi ambulan menggunakan gerak roda 4x4. Namun bisa beralih menggunakan 4x2 dengan memutar selektor di konsol tengah. Dalam urusan handling, mu-X tergolong nyaman. Sebab ia pakai suspensi independent double wishbone di bagian depan. Dan 5-link pada roda belakang. Coil spring juga stabilizer bar tersedia pada empat rodanya. Racikan redaman ini mampu menerjemahkan medan terjal menjadi guncangan halus di kabin. Namun menjadi kurang stabil saat melesat kencang lantaran terlalu empuk. Fitur keamanan terpasang di Mu-X jua komplet. Ia dibekali dual SRS Airbags, sistem pengereman cakram di roda depan dan drum di belakang. Namun diimbuhi Anti-Lock Braking System, Electronic Brakeforce Distribution, Brake Assist. Kemudian Electronic Stability Control, Traction Control System, Hill Start Assist, Hill Descent Control, dual SRS Airbags, Immobilizer dan Anti Theft Alarm System. Jadi tatkala menjelma menjadi ambulans, sang SUV memiliki kapabilitas sesuai peruntukannya.

Layanan Isuzu

Produksi mu-X edisi Ambulans ini merupakan bagian dari layanan Isuzu. Selain penjualan, Isuzu juga terus meningkatkan layanan purna jual baik layanan servis maupun ketersediaan suku cadang yang dibutuhkan. Pada saat ini Astra Isuzu memiliki 51 Outlet di seluruh Indonesia dengan 358 mekanik tersertifikasi Isuzu Indonesia, 5 Outlet After Sales Point (Jawa Timur-Blitar dan Lumajang, Kalimantan Selatan-Tanah Bumbu, Sumatera Utara-Labuhan Batu, Sumatera Barat-Solok). Kemudian terdapat 600 Part Network dengan ribuan jaringan distribusinya yang tersebar di 355 kota seluruh Indonesia, 69 unit Bengkel Isuzu Berjalan Mobil & 5 unit Bengkel Isuzu Berjalan Motor, dan Field Advisor yang siap 24 jam dihubungi untuk membantu keluhan kendaraan Isuzu konsumen. ANJAR LEKSANA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda