Beranda New Cars Ini Fitur-Fitur Baru Pada Toyota New Fortuner, Worth It Enggak?

Ini Fitur-Fitur Baru Pada Toyota New Fortuner, Worth It Enggak?

JAKARTA, carvaganza.com –  Kehadiran Toyota New Fortuner beberapa hari kemarin melengkapi armada line-up PT Toyota-Astra Motor (TAM). Apalagi kehadirannya dibarengkan dengan New Innova untuk memberikan amplifikasi besar kepada pasar lokal.

Toyota Fortuner adalah SUV medium yang dibuat dengan platform pickup yang sama dengan yang dipakai Hilux. Mengadopsi layout tiga baris jok dengan konfigurasi penggerak RWD  ataupun 4WD. Sama dengan Hilux, merupakan proyek IMV yang telah dirintis oleh pabrikan Jepang.

Di Indonesia, Toyota Fortuner telah dirancang sebagai SUV dengan kapasitas 7 penumpang. Memiliki kemampuan melintasi segala medan dan diturunkan pada kompetisi Asia Rally Cross Country dengan driver Takuma Aoki. Fortuner menjadi salah satu SUV populer di Indonesia, bersaing dengan Mitsubishi Pajero Sport di segmennya.

Ragam keunggulan tersemat di sekujur tubuh dan jeroannya. New Fortuner yang kemarin dirilis ke pasar nasional, semakin memperteguh kesan tersebut. Berikut ragam penyempurnaan yang dilakukan demi mempertinggi kelebihan yang dimiliki. Dengan kenaikan harga Rp 11 juta – 20 jutaan apakah kelebihan baru yang dimiliki New Fortuner sudah cukup buat Anda?

Baca juga: Toyota Luncurkan Fortuner dan Kijang Innova Facelift, Tegaskan Kesan Premium

Eksterior

Sebagai SUV chassis ladder frame dan postur jangkung, tampilan harus jadi daya tarik utama. Tampilan bodinya harus terlihat mapan, kokoh dan bertampang kuat. Selain itu, juga harus terlihat mewah apalagi, harga New Fortuner tipe terendah  sekarang sudah tembus di atas Rp 500 jutaan, tepatnya Rp 504,9 juta untuk tipe G transmisi manual.

Grille dan garnish pada lampu LED dibuat lebih besar dengan desain baru yang lebih segar. Biar kelihatan makin dominan dan berkelas. Sentuhan baru juga diberikan pada desain bumper baru, desain grille radiator, desain head lamp LED dan desain fog lamp LED. Penambahan ornamen diberikan pada bumper, grille dan fog lamp. Sentuhan itu diberikan pada semua model, tapi bedanya pada TRD Sportivo adalah garnish chrome berkelir dark.

Pada bagian kaki-kaki, ada yang baru pada velg alloy 18 inci pada tipe TRD Sportivo. Membuat postur jangkung SUV jadi lebih tegap. Kaca spion untuk seluruh model memakai kelir sewarna bodi, sedangkan untuk TRD Sportivo memakai kelir hitam. Warna hitam juga dipakai pada step cover TRD Sportivo dan G, sementara tipe lainnya mengaplikasikan warna silver.

Seluruh model mendapatkan backdoor garnish berkelir chrome, sementara untuk tipe tertinggi TRD Sportivo berkelir black chrome. Untuk TRD Sportivo juga memperoleh tambahan spoiler pada bumper belakang. Pabrikan juga menyematkan fitur baru Kick Sensor dan Power Back Door pada tipe VRZ dan SRZ. Tadinya fitur tersebut cuma ada di varian TRD Sportivo.

Interior

Nilai kemewahan dan elegan dipertinggi. Semua model sudah menggunakan bahan kulit berkelir hitam, kecuali Tipe G yang masih mengadopsi bahan fabric berkelir dark grey. Desain Cluster Meter 4,2 inci dibuat baru, plus sejumlah improvement. Misalnya, TFT Opening Animation teranyar, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display dan SPORT/ECO Mode Display.

Baca juga: Toyota Fortuner Legender Jadi Konsideran TAM Masuk Ke Indonesia

Untuk menambah kenyamanan, jok depan baik untuk pengemudi maupun penumpang dapat diatur secara elektrik. Sentuhan pembaruan juga pada entertainment jok belakang dengan ilumuniasi dan fitur Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari. Nah semua kebaruan itu tersedia di model SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo, sementara spion anti silau untuk semua model.

Fitur Infotainment

Fitur ini dipusatkan pada head unit layar sentuh 9 inci. Sudah memiliki konektivitas Miracast dan SDL, voice command dan surround monitor. Pada tipe VRZ, SRZ dan TRD Sportivo ditambahi fitur NFC dan Smartphone Connection. Tak lupa juga wireless charger sehingga mempermuah pengisian ulang baterei smartphone tanpa kabel. Fitur ini biasanya terdapat pada SUV premium papan atas.

Fitur keselamatan

Layar sentuh yang terdapat di tengah dashboard juga berfungsi sebagai kamera parkir untuk meningkatkan keselamatan. Semakin lengkap dengan mengaplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering TRD Sportivo, VRZ dan G. Fitur ini membuat kendaraan bisa dengan mudah dan nyaman dikendalikan di ragam kecepatan. Nah, fitur juga akan mempermudah manuver di medan berat, misalnya di medan bertanah dan berlumpur.

Untuk mendeteksi objek yang tidak kelihatan pada saat Anda melaju di highway, sudah ada Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning System, Moving Object Detection (MOD) dan Headway Monitoring Warning (HMW). HMW ini adalah fitur yang memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety New Fortuner. Nah seluruh fitur akan memberikan peringatan dini kepada pengemudi lewat surround monitor.

Pabrikan menambahkan fitur Limited Slip Differential pada VRZ 4×4 dan 7 airbag untuk tipe VRZ 4×4 dan G 4×4. Fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC) dan Traction Control (TRC) menjadi fitur standar di semua model.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...