Beranda New Cars Toyota Luncurkan Fortuner dan Kijang Innova Facelift, Tegaskan Kesan Premium

Toyota Luncurkan Fortuner dan Kijang Innova Facelift, Tegaskan Kesan Premium

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 sudah menjadi tahun yang cukup sulit bagi sebagian besar kalangan masyarakat. Namun nyatanya tidak menjadi penghalang bagi PT Toyota-Astra Motor (TAM) untuk terus meluncurkan produk barunya. Di bulan Oktober 2020 ini, PT TAM merilis dua model baru sekaligus, yaitu New Toyota Fortuner dan New Toyota Kijang Innova.

Peluncuran ini menjadi jawaban Toyota atas berbagai rumor dan rangkaian bocoran yang beredar di dunia maya belakangan ini. Dua model ini adalah andalan Toyota di masing-masing segmennya, yaitu MPV dan SUV, yang sama-sama berkonfigurasi tiga baris. Toyota ingin menjadikan Fortuner dan Innova semakin menarik di pasar otomotif, lewat berbagai penyegaran jelang masa edarnya yang menjelang lima tahun.

Dua pendekatan karakter berbeda dilakukan Toyota pada penyegaran Fortuner dan Kijang Innova baru ini. Fortuner sebagai SUV dibuat semakin sporty dan modern yang meningkatkan kesan gagahnya. Sementara Kijang Innova menegaskan kelasnya yang semakin ke arah premium, termasuk melalui varian Venturer. Keduanya termasuk dalam series produk IMV (Innovative Multipurpose Vehicle), Bersama Hilux yang Agustus lalu juga sudah dapat refreshment.

Dijelaskan Henry Tanoto selaku Vice President Director PT TAM, penyegaran yang diterapkan baik pada Fortuner dan Kijang Innova, demi memenuhi kebutuhan konsumen seiring berubahnya zaman. Seiring waktu, kebutuhan dan tuntutan kelengkapan pada sebuah mobil juga semakin berubah. Apalagi mengikuti demografi usia konsumen yang semakin bergeser di era modern ini.

“Untuk itu kami melakukan pembaruan pada New Fortuner dan New Kijang Innova dengan tetap mempertahankan DNA kedua mobil ini, namun juga menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan saat ini serta tren yang senantiasa berkembang. Kami harap baik New Fortuner dan New Kijang Innova dapat menjadi pilihan terbaik dalam mendukung mobilitas keluarga Indonesia,” kata Henry.

New Fortuner

Ini adalah penyegaran pertama Toyota Fortuner sejak generasi kedua meluncur di Indonesia pada tahun 2016 lalu. Kesuksesan Fortuner merajai kelas SUV besar 7-seater mendorong Toyota memberikan penyegaran agar tidak termakan usia. Dan kalau melihat timeline Toyota tahun ini, Fortuner adalah model facelift kesekian yang meluncur.

Ubahan penampilan luar alias eksterior menjadi yang paling signifikan pada New Fortuner, sama seperti yang diluncurkan di Thailand, Juni lalu. Tampilan lebih mewah sekaligus tetap gagah menjadi menu eksterior New Fortuner. Grille depan dibikin lebih menonjol dengan kombinasi warna chrome dan hitam, diberi aksen merah. Dinamisnya wajah Fortuner diikuti grafis LED DRL baru, lalu desain intake bawah yang bersudut tajam.

Pada varian Fortuner TRD Sportivo yang dipresentasikan, velg tampil baru berdiameter 18 inci dual tone, diikuti spion samping hitam. Bagian belakang ikut mendapat LED bar yang baru pada stop lamp, yang memiliki efek 3 dimensi. Kepraktisan sebagai SUV ditunjukkan lewat power tailgate yang didukung kick sensor, kini tersedia pada semua varian.

Sementara saat masuk ke dalam kabin, pembaruan yang bisa dijumpai yaitu kini tersemat fitur wireless charging pad untuk smartphone. Head unit layar sentuh 9 inci kini memiliki koneksi Miracast dan SDL, voice command, dan surround monitor. Bahkan mengadopsi fitur Corolla Cross, head unit Fortuner baru sudah dilengkapi NFC dan smartphone connection, untuk semua varian.

Mesin andalan 2GD-FTV 2,4 liter diesel di balik bonnet Fortuner menyimpan tenaga 147 hp dan torsi 400 Nm. Fortuner mengandalkan mesin ini untuk semua varian, termasuk pada pilihan drivetrain 4×2 dan 4×4. Efisiensi kerja mesin ditingkatkan lewat teknologi electronically controlled commn-rail injection system yang memiliki tekanan 250 MPa.

New Kijang Innova

Mengusung nama legendaris Kijang yang sudah dipercaya sebagai mobil keluarga khas di Indonesia sejak 1977, Kijang Innova facelift 2020 membawa kenyamanan dan kualitas yang semakin tinggi. Innova telah dikembangkan berdasarkan berbagai macam kebutuhan mobilitas keluarga Indonesia dengan tetap mempertahankan DNA-nya yaitu durability, comfortability, dan peace of mind.

Klaim Toyota, New Kijang Innova kini menjadi kendaraan penumpang yang semakin “prestige premium” dan “cool tough”. Tidak hanya permainan pada visual, Toyota juga perhatikan aspek Kesehatan yang belakangan menjadi concern dalam menyegarkan Innova baru.

Ubahan eksterior terbilang minimalis, baik untuk New Kijang Innova maupun New Venturer, dengan peneygaran utama pada grille, bumper depan, dan velg. Kijang Innova menjadi sedikit lebih sporty, sementara Venturer semakin mengejar tampilan berkesan premium.

Format interior Kijang Innova kini menyediakan opsi captain seat untuk varian G dan V, yang sebelumnya hanya dimiliki varian Q. Sementara Venturer, captain seat sudah menjadi opsi default sejak awal mobil ini diperkenalkan tahun 2017 lalu. Peningkatan infotainment menggunakan head unit serupa New Fortuner, 9 inci pada varian tertinggi, yang sudah mendukung NFC.

Untuk menyesuaikan situasi saat ini yang sangat memperhatikan kesehatan, khususnya mengenai sirkulasi udara, ada fitur baru disematkan. Toyota memberikan Kijang Innova dan Venturer fitur Integrated Air Purifier (car ionizer) yang akan otomatis meningkatkan kualitas udara di dalam kabin. Fitur akan bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin.

Harga

Dengan penyegaran tentunya diikuti pembaruan harga juga untuk dua model baru ini. Mulai dari New Fortuner, PT TAM merilis versi facelift dengan harga on the road Jakarta mulai Rp 504,9 juta pada varian 4×2 G M/T DSL. Kemudian harga tertinggi pada varian 4×4 SRZ A/T DSL ditawarkan dengan harga Rp 704,5 juta.

Sementara lini Kijang Innova, versi baru ini dipasarkan mulai dengan Rp 337,6 juta melalui varian 2.0 G M/T BSN. Varian termahal Kijang Innova ada pada Rp 440,9 juta pada varian 2.4 V A/T DSL. Sementara Venturer, mulai dengan Rp 433,5 juta pada varian 2.0 M/T BSN, sampai dengan Rp 495,7 juta untuk varian 2.4 A/T DSL.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Disambut Antusiasme Tinggi, Nissan Mulai Serahkan Kicks e-Power ke Konsumen

JAKARTA, Carvaganza.com – Kehadiran Nissan Kicks e-Power telah menjadi sensasi bagi pasar otomotif di Indonesia, lewat teknologi inovatifnya dalam hal elektrifikasi. Apalagi, Kicks menjadi...

Beli Saham Lebih Banyak, Mercedes-Benz dan Aston Martin akan Semakin Mesra

STUTTGART, Carvaganza.om – Hubungan antara Mercedes-Benz dengan Aston Martin akan semakin mesra ke depannya, dengan semakin posesifnya Mercedes terhadap pabrikan Inggris itu. Karena, Mercedes...

Asuransi Astra Raih Corporate Image Awards untuk Keenam Kali

JAKARTA, Carvaganza -- Citra positif perusahaan menjadi bagian penting. Konsumen akan memiliki kepercayaan jika sebuah perusahaan mempunyai citra yang positif. Inilah yang sukses dilakukan...

Cuma Untuk 999 Konsumen, V-Kool Limited Edition Solitaire Series Dijual Rp 12 Juta

Produsen kaca film, V-Kool, saat ini menawarkan produk terbarunya bernama Limited Edition Solitaire Series. Diklaim sebagai produk kaca film terbaik dan tercanggih saat ini,...

Bocor! Tampang Nissan Navara Facelift Jelang Rilis Pekan Depan

CANBERRA, Carvaganza.com – Nissan siap merilis Navara versi facelift tidak lama lagi. Diumumkan lewat Twitter oleh Nissan Australia, peluncuran New Navara 2021 akan berlangsung...