Beranda Features FEATURE: Sering Klakson, Lampu Merah Makin Lama Menyala

FEATURE: Sering Klakson, Lampu Merah Makin Lama Menyala

MUMBAI, Carvaganza.com – Pernahkah Anda mengalami hal ini? Tengah berada di persimpangan menunggu lampu dari merah menjadi hijau, tiba-tiba kendaraan di belakang menekan klakson berkali-kali? Mereka tidak sabar menunggu kendaraan lain segera jalan. Mungkin dipikir lampu merah akan berganti menjadi hijau dengan bunyi berisik perangkat itu. Keadaan yang menyebalkan.

Padahal fungsi utama klakson bukan itu. Jika digunakan untuk memberitahu pengemudi depan yang lengah, boleh saja dilakukan. Tapi bila dibunyikan karena tidak sabar, ini hanya menciptakan polusi suara nan mengganggu. Lampu merah tidak akan segera berganti hijau bila terus dimaki. Kendati begitu, Itulah kenyataan di India. Contoh Mumbai, dinobatkan sebagai salah satu kota terpadat di dunia. Tak aneh bila kemacetan jadi permasalahan dan berujung pada polusi suara.

Tercatat setidaknya 18,41 juta orang memanfaatkan transportasi setiap harinya. Jalanan yang padat membuat kemacetan menjadi lumrah, dan kian bising dengan kebiasaan membunyikan klakson. Mungkin frustasi dan ingin memaki sehingga klakson menjadi senjata andalan. Kondisi crowded ini membat polusi turun tangan mencarikan jalan keluarnya.

Polisi coba pasang alat khusus disebut “The Punishing Signal”. Dijelaskan lewat cuitan video @MumbaiPolice. Beberapa titik kemacetan dipasang peranti yang disebut decibel meter. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi kebisingan dalam satuan desibel (dB).

Menyala Lama

Jika angka melampaui 85 dB, lampu lalu lintas bakal mengulang hitungan waktu. Semakin berisik, semakin lama pengendara tersangkut di persimpangan. Lucu, ekspresi pengendara tampak kebingungan kala penghitung mundur kembali ke titik awal. Pun orang sekitar menegur mereka yang tidak sabar.

Itulah solusi Kepolisian Mumbai terhadap kebanyakan pengemudi tidak sabaran. Di lampu lalu lintas pun ditulis “Semakin diklakson, semakin lama menunggu”. Sepertinya, aturan ini diterapkan sampai pengemudi benar-benar mengerti bahwa mereka harus sabar menunggu.

Lantas, bagaimana bila ada keadaan darurat? Saat harus segera ke rumah sakit misalnya. Cukup mengerikan bila orang sekitar tetap tidak mau mengikuti aturan sehingga lalu lintas tak kunjung lancar. Tentu butuh waktu yang tak cepat untuk mengubah suatu kebiasaan. Beruntung selama masa percobaan polisi sudah mempertimbangkan risiko ini. Mereka siapkan jalur hijau sebagai jalur emergency.

Hukuman seperti ini belum diberlakukan secara menyeluruh di kota Mumbai. Baru sebatas uji coba pada November dan Desember. Rencananya, jika berjalan dengan baik akan diimplememtasikan lebih luas lagi. Sejauh ini, masih bisa dibilang sopan meski seringkali terdengar klakson bernyanyi riang tak seirama, sepersekian detik setelah lampu hijau menyala.

Sumber: Interesting Engineering
Baca juga: Nissan Frontier Ini Sudah Tempuh Jarak 1,6 Juta KM!
Baca juga: Lampu Merah di Mumbai Menyala Lebih Lama Ketika Diklakson

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Harga Rp 829 Juta, Ini Kelebihan New Mercedes Benz GLB

JAKARTA, carvaganza.com – Peluncuran New Mercedes-Benz GLB dilakukan bersamaan dengan GLA 200 Progressive Line. Kedua model ini bermain di segmen yang sama yakni SUV/Crossover...

Barisan Fitur Canggih Yang Tersemat di New Mercedes-Benz GLA

JAKARTA, Carvaganza.com – Mercedes-Benz GLA 200 Progressive Line sudah masuk ke pasar nasional. Model ini menjadi SUV termurah pabrikan Mercy di Indonesia dengan banderol...

Proton X50 Sudah Siap Meluncur, Gunakan Turbo Lansiran Geely-Volvo

KUALA LUMPUR, Carvaganza.com – Jumlah model line-up Perusahaan Otomobil Nasional (Proton) bakal bertambah. Pabrikan Malaysia ini sedang bersiap menjual medium SUV X50 yang memiliki...

Rolls-Royce Ghost Extended Meluncur, Penambahan Dimensi Dibungkus Kemewahan

GODWOOD, Carvaganza.com - Belum genap sebulan sejak resmi diluncurkan, Rolls-Royce merilis model tambahan untuk Ghost. Yakni Ghost Extended dengan  penambahan dimensi panjang untuk memberikan...

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...