Beranda Updates Nissan Frontier Ini Sudah Tempuh Jarak 1,6 Juta KM!

Nissan Frontier Ini Sudah Tempuh Jarak 1,6 Juta KM!

CHICAGO, Carvaganza.com – Coba iseng cek berapa angka yang tertera di odometer alias penunjuk jarak tempuh kendaraan Anda. Sudah 10.000 km? Atau 100.000 km? Bandingkan dengan apa yang dilakukan Brian Murphy dari Chicago, Negara Bagian Illinois, Amerika Serikat. Ia mengendarai Nissan Frontier lansiran 2007 sampai menembus batas satu juta mil, lebih dari 1,6 juta kilometer. Jika dihitung, ini sama dengan jarak dua kali PP bumi ke bulan. Wow.

Catatan ini memang cukup menarik. Di hari kerja, ia berkendara sejak pagi dan kembali ke rumah malam hari sekitar 13 jam kemudian. Jika ditotal, Frontier yang ia beli sejak Juni 2007 sudah berjalan selama 50.000 jam dengan jarak tempih 1 juta mil. Artinya, jika dirata-rata ia kurang lebih berkendara hampir 300 mil (482 km) per hari. Kira-kira seperti jalan dari Jakarta ke Brebes dan kembali lagi.

Rutinitas ini memang biasa dilakukannya. Murphy sebagai delivery driver independen. Boleh di diacungi jempol sebuah pencapaian bagi seorang pria berumur 62 tahun. Pasalnya, rata-rata orang seumuran di AS hanya berkendara 15.859 mil (25.522 km) per tahun, atau kira-kira 40-an mil (64 km) per hari.

“Saya tak ragu mobil ini bisa menempuh satu juta mil. Ia kuat dan bensinnya irit, sesuai dengan kebutuhan saya untuk menyelesaikan pekerjaan,” katanya.

Baca Juga: Nissan Rilis Kompak SUV Murah Berbasis Renault Triber Tahun Ini

Semuanya Orisinil

Daftar spesifikasi Frontier milik Murphy ini standar-standar saja tidak ada ubahan sama sekali. Bodi bukan double cabin, hanya King-Cab berukuran 1,5 kali kabin. Drivetrain pun bukan 4×4. Mesin dibekali unit basic berkapasitas 2,5 liter empat silinder DOHC dan transmisi manual 5-speed. Ia menggelontorkan tenaga sebesar 152 hp dengan torsi puncak 232 Nm.

Itu baru soal daya tempuh. Yang lebih menarik adalah keawetan si mobil. Coba lihat dari foto, tampak sangat segar dan tidak terlihat babak belur bukan? Kelir merah merona awet muda tidak menunjukkan efek penuaan sama sekali. Juga dari cat bodi terlihat rapi, bak baru keluar dari pabrik. Mungkin beda cerita bila orang lain yang menggunakan. Tidak bakal seapik Murphy.

Ia juga merawat dengan apik mobilnya. Berdasar penuturan Murphy, pelat kopling sanggup bertahan sampai 801 ribu mil (1,2 juta km). Selain itu, timing chain diganti pada titik 700 ribu mil sebagai tindakan preventif. Alternator dan radiator menyerah pada 450 ribu mil (700 ribu-an km).

Baca Juga: Lawan Toyota C-HR Hybrid, Nissan Kicks e-Power Diduga Kuat Segera Dijual di Indonesia

Perawatan

“Saya mengganti oli tiap 10 ribu mil, dan berkendara dengan hati-hati. Semua komponen utama belum pernah diganti, itu sangat menarik,” katanya. Untuk perawatan rutin, Murphy memilih bengkel M’Lady Nissan di Crystal Lake, dealer tempat ia membeli mobil itu 13 tahun yang lalu.

Prestasi ini membuat terkesan Nissan. Mobil yang digunakan Murphy diproduksi di Nissan Smyrna Vehicle Asembly Plant di Smyrna Tennese. Perusahaan itu mengundang ia dan keluarganya ke Chicago Auto Show 2020 pertengahan bulan ini.

Karir Murphy sebagai delivery driver sudah dimulai sejak 45 tahun lalu di Chicago. Akhirnya pensiun dari korporasi pada 2016 dan kemudian melakoni pekerjaan paruh waktu pada 2007. Hebatnya ia tak pernah menggunakan GPS. Selain itu, catatan kepolisian menunjukkan ia bersih dari pelanggaran saat mengemudi. Meski sudah berumur, ia belum ingin berhenti melakukan pekerjaan pengantaran. “Truk saya layak beristirahat, tapi saya harus tetap sibuk,” tutupnya.

Sumber: Nissan
Baca juga: Nissan Frontier ini Berhasil Menembus Batas Sejuta Kilometer, Kondisinya Masih Sempurna

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...