Diisukan Batal Lagi, Monako Tegaskan akan Tetap Gelar F1

MONTE CARLO, Carvaganza – Formula 1 telah melakiukan revisi jadwal kalender balap musim 2021 pekan lalu, dengan digesernya jadwal seri Australia. Dampak dari pandemic global di 2020 masih berlangsung, setidaknya sudah dua balapan yang terpengaruh. Sitiuasi ini meluas, dengan memunculkan rumor seri klasik seperti Monako akan kembali dibatalkan.

Hal tersebut langsung dibantah oleh penyelenggara Grand Prix Monako, dengan menegaskan balapan akan tetap digelar tahun ini. Tahun lalu, Monako tidak menggelar balapan karena jadwal yang tidak memungkinkan untuk digeser, serta penerapan protokol kesehatan yang belum siap. Seri balapan terglamor di F1 ini dijadwalkan berlangsung pada 23 Mei 2021, menjadi seri kelima.

“Meski rumor terbaru beredar di website dan media sosial tertentu, @ACM_Media dapat menginformasi bahwa #MonacoGP akan berlangsung dari 20 hingga 23 mei 2021,” jelas Automobile Club de Monaco (ACM) sebagai penyelenggara melalui Twitter.

Monako merupakan salah satu seri klasik dan tertua yang masih ada di kalender F1, selain Italia, Inggris, dan Belgia. Tahun lalu untuk pertama kalinya dalam sejarah F1, Monako batal digelar dan tidak masuk kalender F1 yang direvisi karena pandemi. Setelah lebih dari 60 tahun, 2020 menjadi kali pertama Monako tidak menggelar balapan di sirkuit jalan rayanya.

Selain untuk F1, ACM yang mengorganisir kegiatan motorsport di Monako juga memastikan bahwa gelaran Historic Grand Prix dan Formula E di negara kecil tersebut tidak terganggu. Historic Grand Prix yang melombakan mobil-mobil balap klasik dijadwalkan pada 23-25 April, sementara Formula E pada tanggal 8 Mei.

Sementara status tiga balapan bergengsi dipastikan oleh Monako akan tetap digelar, pekan ini satu ajang motorsport dunia telah berlangsung di Monte Carlo. WRC telah mengawali musim 2021 dengan kick-off seri Reli Monte Carlo 2021 yang digelar di pesisir selatan Perancis ini. Monte Carlo sendiri memang sudah menjadi seri tradisional WRC yang selalu digelar membuka musim.

Keraguan status balapan di Monako muncul karena rumor yang menyebut seri balapan di sirkuit jalan raya akan sulit digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Bukan hanya Monako, rumor ini juga menyebut seri lain seperti Azerbaijan dan Singapura, yang tahun lalu dibatalkan. Namun sejauh ini Azerbaijan dan Singapura belum merespons atau merilis pernyataan terkait rumor ini.

Sejauh ini, kalender F1 2021 telah merevisi dua seri, yaitu Australia yang awalnya menjadi pembuka digeser ke bulan November. Wabah yang belum mereda di Melbourne dan sekitarnya tidak memungkinkan gelaran akbar seperti F1 untuk digelar. Lalu seri China di Shanghai, saat ini statusnya belum bisa dipastikan dan belum ada rencana untuk mengubah jadwal.

Akhirnya, seri pertama musim 2021 akan berlangsung di Bahrain, sepekan setelah jadwal awal Australia sebelum digeser. F1 juga memindahkan sesi tes pra musim dari Barcelona di Spanyol menjadi ke Bahrain, demi menghemat pengeluaran pada sisi logistik. Tes akan digelar selama tiga hari pada bulan Februari mendatang. WAHYU HARIANTONO / RS

Sumber: Grandprix247

Artikel yang direkomendasikan untuk anda