Ini Dia ByKolles PMC Project, Hypercar Saingan Toyota di WEC 2021

GREDING, Carvaganza – Toyota telah tunjukkan kesiapannya menyambut era baru kelas primer World Endurance Championship (WEC) dengan meluncurkan GR010 Hybrid. Tidak lama kemudian, rival Toyota di kelas Hypercar menyusul lewat diungkapnya mobil balap ByKolles Racing. Inilah rival pertama Toyota yang telah memperkenalkan wujud mobil balapnya musim ini.

Oleh ByKolles, mobil ini diberikan nama sebagai PMC Project. Selain berperan sebagai senjata andalan ByKolles di WEC, juga akan diwujudkan menjadi mobil road-legal atau track spec nantinya. Jadi, pengembangan mobil PMC Project akan dilakukan dalam dua arah.

Jika Scuderia Glickenhaus akan membangun mobil balap berbasis mobil jalan raya produksinya, ByKolles justru sebaliknya. ByKolles akan pertama kalinya membuat mobil jalan raya yang dikembangkan dari mobil balap.

ByKolles PMC Project LM Hypercar

Bedanya dengan Toyota, ByKolles membuat mobil ini mengandalkan hanya mesin V8 naturally-aspirated yang menghasilkan tenaga 700 hp. Tidak ada sistem powertrain hybrid diusung oleh ByKolles, dan angka tersebut sudah pada batas Balance of Performance (BoP). Bobot kosong PMC Project diklaim pada angka 1.039 kilogram.

Mesin yang sama akan dipakai juga untuk mobil versi track day, namun outputnya dikurangi menjadi hanya 650 kilogram. Sedangkan untuk versi jalan raya, ByKolles justru akan memakai sistem hybrid, sehingga motor listrik dan mesin V8 akan menghasilkan tenaga mencapai 1.000 hp. Selain itu, mesin V8 ini akan bisa bekerja memanfaatkan biofuel.

Dalam pengungkapan PMC Project ini, ByKolles merilis langsung foto dari tiga versi mobil tersebut, baik mobil Le Mans Hypercar, versi track day dan jalan raya. Ciri khas utama dari PMC Project adalah dari fascia depan yang menerapkan splitter besar pada semua varian. Lampu utama dibuat dengan desain tajam dan ramping, sementara sentuhan desian ala mobil balap diwakili oleh roof scoop besar, lalu shark fin yang menyambung sampai ke sayap belakang. Namun untuk versi jalan raya, shark fin dihilangkan.

ByKolles PMC Project Track

Dari sisi kokpit sendiri, tentunya versi mobil balap hanya menyediakan satu buah jok yang terpasang di tengah kokpit. Sementara untuk versi jalan raya, akan disediakan opsi jok tambahan untuk penumpang, bahkan sampai dua buah. Meski tidak disebutkan format atau konfigurasinya, kemungkinan ByKolles akan mengadopsi layout interior seperti McLaren F1 atau Speedtail.

Saat ini ketiga varian PMC Project sedan dalam masa pengembangan di markas ByKolles di Greding, Jerman. Rencananya, pengembangan akan tuntas menjadi unit yang siap digeber pada kuartal pertama tahun 2021. Sementara musim balap WEC 2021 akan diawali dengan seri 1000 Miles of Sebring pada 19 Maret, kemudian gelaran utama Le Mans 24 Hour pada 12-13 Juni.

ByKolles dan Toyota sudah pasti akan berlaga langsung di tahun perdana Le Mans Hypercar, disusul Scuderia Glickenhaus. Sementara Peugeot baru akan bergabung pada tahun 2022. Untuk Audi dan Porsche yang menyatakan comeback ke WEC, akan turun dengan format refulasi LMDh.

ByKolles PMC Project Road Car

Sumber: Carscoops, Motor Authority

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda