WRC: Awali 2021 dengan Kemenangan, Ogier Cetak Rekor di Monte Carlo

MONTE CARLO, Carvaganza – Musim baru World Rally Championship (WRC) 2021 telah resmi dimulai oleh Reli Monte Carlo di Monako. Dari peta persaingan, Sebastien Ogier telah sukses menunjukkan performa terbaik untuk mempertahankan gelar juaranya. Kemenangan menjadi milik Ogier yang membela Toyota Gazoo Racing, yang sekaligus disertai sejumlah rekor.

Pereli berdarah Perancis itu meraih kemenangannya yang ke-50 kali di WRC, dan sekaligus kemenangan kedelapan kalinya di Monte Carlo. Kemenangan delapan kali ini menjadi yang terbanyak diraih oleh seorang pereli di Monte Carlo, mengalahkan rekor Sebastien Loeb. Kesempurnaan rekor ini ditandai dengan kemenangan 1-2 untuk Toyota di pesisir selatan Perancis ini.

Ogier baru bisa memastikan kemenangannya pada hari Minggu reli digelar, dengan memenangkan tiga dari empat stage di hari terakhir. Kemenangan stage termasuk salah satunya adalah Power Stage yang berbuah tambahan lima poin. Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah WRC, poin kemenangan Power Stage kini juga dimasukkan ke klasemen pabrikan.

Sebastien Ogier, WRC Monte Carlo 2021

Posisi terdepan menjadi milik Ogier, menyusul masalah teknis yang dialami pereli Hyundai, Ott Tanak yang sempat mendominasi dua hari pertama reli. Dua kali bocor ban menjegal upaya Tanak untuk bangkit di musim ini, demi mengejar gelar juara dunia keduanya. Pereli dari Estonia itu untuk dua tahun berturut-turut gagal finish di Monte Carlo, dengan tahun lalu mengalami tabrakan hebat.

Toyota sendiri menguasai dua podium teratas di Monte Carlo, lewat Elfyn Evans yang menyusul Ogier dengan jarak 32,6 detik. Terbukti, setup mobil Toyota Yaris WRC perkasa di trek yang menyajikan kombinasi kondisi basah, lembab, dan sedikit bersalju. Bahkan Toyota meraih finish 1-2-3 untuk Power Stage, dengan Kalle Rovanpera unggul raih posisi kedua di depan Evans.

Posisi ketiga di akhir Reli Monte Carlo menjadi milik Thierry Neuville dari Hyundai. Neuville sempat kesulitan menembus baris depan di dua hari pertama reli untuk beri perlawanan kepada pasukan Toyota. Namun akhirnya ritme terbaik ditemukan oleh Neuville di hari terakhir, yang musim ini bertandem dengan navigator baru, Matijn Wydaeghe.

Tidak cukup dengan finish 1-2, keperkasaan Toyota mengawali musim ditegaskan dengan diraihnya finish keempat oleh Rovanpera. Sementara pereli Toyota lainnya asa Jepang Takamoto Katsuta finish keenam, dengan Dani Sordo dari Hyundai. Jadi, Toyota menguasai empat posisi di enam besar keseluruhan Reli Monte Carlo.

Podium WRC Monte Carlo 2021

“Ini bukan akhir yang buruk untuk akhir pekan ini. Mobil terasa luar biasa, saya sangat menikmati akhir pekan ini, sangat menyenangkan sampai saya pikir saya hampir meneteskan air mata sekarang,” kata Ogier setelah kemenangannya. “Saya rasa itu keputusan yang bagus untuk meneruskan satu tahun lagi, tim ini hebat, terima kasih sebesar-besarnya ingin saya berikan kepada Anda semua.”

Kemenangan Bersama Toyota di Monte Carlo ini sekaligus menjadi milestone dan rekor tersendiri bagi Ogier. Selain kemenangan kedelapan, ini adalah kemenangan Ogier di Monte Carlo dengan empat pabrikan berbeda yaitu Toyota, Ford, VW dan Citroen. Ogier telah menyamai rekor Walter Rohrl yang tidak tersentuh selama 37 tahun.

Sementara Toyota dan Hyundai sanggup bersaing cukup kuat di Monte Carlo, situasi berbeda ditunjukkan oleh kubu Ford M-Sport. Saat masih stage awal, Teemu Suninen sudah tersingkir karena kecelakaan hebat yang membuat mobilnya tidak memungkinkan untuk meneruskan reli. Finish terbaik Ford Fiesta diberikan oleh Gus Greensmith di posisi ketujuh. (WAHYU HARIANTONO)

WRC Monte Carlo 2021

Sumber: WRC, Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda