Beranda Updates Wah, Suzuki akan Stop Jual Jimny! Kenapa?

Wah, Suzuki akan Stop Jual Jimny! Kenapa?

JAKARTA, Carvaganza.com – Kabar kurang menggembirakan muncul untuk para pengincar Suzuki Jimny terbaru, yang disebutkan akan segera ditutup penjualannya pada tahun ini. Dihentikannya penjualan ini kabarnya akan terjadi secepatnya pada tahun ini.

Untungnya, kabar buruk ini bukan akan berlaku untuk para penggemar Jimny di seluruh dunia, karena hanya akan terjadi di benua Eropa. Suzuki kabarnya harus menutup keran penjualan Jimny di Eropa, berkaitan dengan regulasi kadar emisi CO2.

Autocar India melansir bahwa Suzuki sudah menginstruksikan dealer-dealer setempat untuk tidak lagi menerima pesanan Jimny dari konsumen. Hal tersebut untuk menyambut regulasi standar emisi baru yang akan diberlakukan di Eropa mulai tahun 2021.

Uni Eropa akan menerapkan regulasi emisi baru dengan standar lebih ketat, yang secara bertahap akan mulai berlaku mulai tahun ini. Sementara mulai 2021, setiap pabrikan hanya bisa menghasilkan emisi CO2 sebanya rata-rata 95 gram/kilometer.

Melihat kebijakan baru ini, Suzuki tampaknya ingin melakukan penyesuaian kembali untuk Jimny agar bisa sesuai standar baru. Sejauh ini hanya Jimny model dari Suzuki yang akan dihentikan penjualannya terkait kebijakan dan regulasi emisi baru ini.

Mayoritas produk Suzuki di Eropa tampaknya tidak akan terdampak oleh regulasi baru ini, karena sudah dilengkapi sistem hybrid dengan baterai 12 volt dan 48 volt. Apalagi, mayoritas produk Suzuki di Eropa merupakan mobil berdimensi kompak, dengan kapasitas mesin yang tidak besar.

Untuk Jimny sendiri, saat ini mesin K15B 1.5 liter miliknya tercatat menghasilkan emisi CO2 154 g/km untuk transmisi manual, dan 170 g/km pada transmisi otomatis. Untuk kejadian ini, Suzuki belum membahas soal model pengganti atau penerus untuk Jimny di Eropa.

Tidak Benar-Benar Hilang

Meski harus hilang dari pasar Eropa, Suzuki tidak menutup kemungkinan Jimny akan kembali dipasarkan. Karena Suzuki akan melakukan penyesuaian pada Jimny selama dihentikan penjualannya, agar bisa memenuhi tuntutan regulasi baru.

Bukan tidak mungkin Jimny akan kembali dipasarkan oleh Suzuki di Eropa, pada tahun 2021. Masih dari sumber yang sama, kabarnya Jimny akan kembali ke Eropa dengan status berbeda, yaitu menjadi kendaraan kelas komersial.

Suzuki akan mengubah Jimny di Eropa dengan standar kendaraan komersial, salah satunya dengan meniadakan kuris penumpang belakang dan sejumlah ubahan interior. Dengan bobot lebih ringan, diharapkan Jimny bisa dapatkan angka emisi CO2 setidaknya 95 g/km.

Begitu sudah memenuhi standar, bukan tidak mungkin kemudian Suzuki mengembalikan Jimny menjadi kendaraan penumpang.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Disambut Antusiasme Tinggi, Nissan Mulai Serahkan Kicks e-Power ke Konsumen

JAKARTA, Carvaganza.com – Kehadiran Nissan Kicks e-Power telah menjadi sensasi bagi pasar otomotif di Indonesia, lewat teknologi inovatifnya dalam hal elektrifikasi. Apalagi, Kicks menjadi...

Beli Saham Lebih Banyak, Mercedes-Benz dan Aston Martin akan Semakin Mesra

STUTTGART, Carvaganza.om – Hubungan antara Mercedes-Benz dengan Aston Martin akan semakin mesra ke depannya, dengan semakin posesifnya Mercedes terhadap pabrikan Inggris itu. Karena, Mercedes...

Asuransi Astra Raih Corporate Image Awards untuk Keenam Kali

JAKARTA, Carvaganza -- Citra positif perusahaan menjadi bagian penting. Konsumen akan memiliki kepercayaan jika sebuah perusahaan mempunyai citra yang positif. Inilah yang sukses dilakukan...

Cuma Untuk 999 Konsumen, V-Kool Limited Edition Solitaire Series Dijual Rp 12 Juta

Produsen kaca film, V-Kool, saat ini menawarkan produk terbarunya bernama Limited Edition Solitaire Series. Diklaim sebagai produk kaca film terbaik dan tercanggih saat ini,...

Bocor! Tampang Nissan Navara Facelift Jelang Rilis Pekan Depan

CANBERRA, Carvaganza.com – Nissan siap merilis Navara versi facelift tidak lama lagi. Diumumkan lewat Twitter oleh Nissan Australia, peluncuran New Navara 2021 akan berlangsung...