Beranda Updates Verstappen Raih Kemenangan Perdana Honda di F1 GP Austria 2019

Verstappen Raih Kemenangan Perdana Honda di F1 GP Austria 2019

SPIELBERG, 1 Juli 2019Honda akhirnya berhasil meraih kemenangan perdananya di Formula 1, sejak kembali sebagai pemasok mesin pada tahun 2015. Kemenangan Honda diraih atas kemenangan Max Verstappen, pembalap Red Bull Racing pada seri F1 Grand Prix Austria 2019.

Pada balapan di hari Minggu (30/6/2019) lalu itu, Verstappen sukses merebut kemenangan dari Charles Leclerc, pembalap Ferrari yang mendominasi balapan sejak start. Padahal, Verstappen sempat tercecer setelah startnya dari posisi kedua yang lambat.

Di lap pertama, Verstappen terlempar sampai ke posisi ketujuh, dan harus berjuang sepanjang balapan untuk memperbaiki posisinya. Kondisi ini membuat perhatian beralih ke Leclerc yang dikejar oleh duo Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton.

Sampai akhirnya masuk ke posisi lima besar, Verstappen menjadi pembalap terakhir yang masuk pit di antara para rivalnya, yaitu pada lap 32. Verstappen berganti dari kompon ban medium ke hard, 10 lap setelah Leclerc yang berganti dari ban soft ke medium.

Satu per satu, pembalap muda berpaspor Belanda itu berhasil kembali ke posisi kedua dengan menyalip Sebastian Vettel (Ferrari), Hamilton dan kemudian Bottas. Sampai pada akhirnya sepuluh lap jealng finish, Verstappen dengan set ban lebih segar memburu Leclerc dengan jarak kurang dari 5 detik.

Jarak antara Leclerc dan Verstappen akhirnya tidak sampai 1 detik pada lap 67 dari 71 lap, memungkinkannya untuk menggunakan DRS (Drag Reduction System). Setelah berusaha beberapa kali, akhirnya posisi terdepan direbut Verstappen dari Leclerc, dua lap jelang finish.

https://twitter.com/F1/status/1145354715061993472

Aksi menyalip Verstappen sempat kontroversial karena melibatkan senggolan dengan mobil Leclerc, yang kemudian dinyatakan bebas dari penalti oleh steward. Verstappen finish dengan jarak 2,7 detik dari Leclerc, yang diikuti oleh Bottas di posisi ketiga, lalu Vettel dan Hamilton di belakangnya.

Kemenangan ini menjadi yang pertama untuk mesin Honda sejak tahun 2006, saat Jenson Button menang bersama tim Honda pada seri Hongaria. Verstappen dan Red Bull juga sukses mematahkan dominasi kemenangan Mercedes sejak awal musim 2019.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza