Beranda New Cars Toyota Perkenalkan Compact SUV Yaris Cross, Lawan Juke

Toyota Perkenalkan Compact SUV Yaris Cross, Lawan Juke

TOKYO, Carvaganza.com – Toyota akhirnya bisa juga melansir compact SUV terbarunya yang diberi nama Yaris Cross. Tadinya model ini akan diungkapkan pada Maret lalu di Geneva Motor Show 2020. Namun harus dibatalkan lantaran pandemi COVID-19. Adik C-HR ini mengisi celah market di segmen yang belum tersentuh perusahaan. Akan dijual di Jepang pertengahan tahun ini dan Eropa mulai tahun depan.

Toyota sepertinya mencoba mensiasati keinginan kaum urban. Gayanya adalah SUV kompak yang mungil. Tapi tetap menghadirkan kenyamanan berkendara seperti saudaranya yang hatchback. Setidaknya, versi Cross ini punya tampilan dan tubuh yang berbeda denan hatchback.

Yaris Cross mengusung wheelbase sependek 2.560 mm, sambil menampilkan overhang yang lebih panjang. Meningkat 240 mm (9,4 inci) menjadi 4.180 mm. Ia juga 20 mm lebih lebar dan 90 mm lebih jenjang dari Yaris versi global (bukan seperti di Indonesia). Sehingga secara postur unit lebih kecil dari Toyota C-HR.

Memang kalau dipandang tampilannya tidak seagresif C-HR. Pun itu tak jadi masalah. Sebab untuk memikat lebih banyak pembeli, Toyota harus meracik secara kasual dan mementingkan fungsi. Karena tidak semua orang menyukai gaya unik C-HR. Tapi tetap diapresiasi. Lihat proporsi tubuhnya yang kian tegak, lalu peningkatan ruang, plus kursi belakang bisa dilipat 40:20:40.

Tampilan

Otomatis bahasa rancang Keen Look mengalir di sekujur tubuh. Terlihat dari dual grille, lampu vertikal, sorot depan dan beberapa ornamen lain. Urusan pencahayaan mengenakan teknologi LED di seluruh bagian. Lalu pelek berkelopak 18 inci dua warna turut memaniskan tampilan. Sementara di buritan, tatanan mirip Toyota Harrier yang pekan kemarin dilansir. Stop lamp bergaris tipis, menyatukan ke dua rumah lampu. Bumper belakang cenderung polos kemudian berpadu dengan seluruh alis roda (fender) hitam.

Lanjut ke kabin Yaris Cross. Kontur dasbor relatif sederhana namun kesan mewahnya tetap menyeruak. Ada paduan balutan dua warna pada jok serta panel pintu: coklat plus hitam. Head unit pakai gaya mengambang dengan multikonektivitas. AC digital, tombol steering switch lengkap berserta meter cluster menarik. Juga infotainment yang menawarkan Apple CarPlay dan Android Auto.

Mesin

Ada dua varian yang ditawarkan, jantung pacu mesin 1.5 liter inline 3 silinder Dynamic Force Engine. Diperkuat transmisi Direct Shift CVT dan manual 6-speeda. Tenaga disalurkan ke roda depan. Satu lagi, yang menarik adalah penggunaan powertrain hybrid.

Mesin yang sama dipadukan dengan sebuah motor listrik. Mesin pembakaran internal diklaim mengantongi efisiensi termal hingga 40 persen. Dan dapat memberi daya secara mandiri dalam mode gerak roda depan (FWD). Namun bila sensor mendeteksi kondisi cengkeraman buruk. Komputer langsung mengalihkan ke sistem AWD. Saat semua roda bergerak, itu amat membantu pengemudi menerabas hujan, salju atau bahkan medan berpasir. Toyota enyebutnya sebagai electric four-wheel-drive system atau E-Four.

Total output yang diberikan mode hybrid ialah 116 tenaga kuda. Tidak terdengar besar memang. Pasalnya crossover ini hanya berorientasi untuk di kota saja. Toyota mengklaim mode gerak roda depan hanya memancarkan emisi CO2 kurang dari 120 g/km. Sedang AWD mengeluarkan karbon di bawah 135 g/km berdasar metode pengukuran WLTP. Pabrikan berjanji membangun lebih dari 150.000 unit setiap tahun di pabrik Valenciennes Prancis.

Crossover mulai dijual di daratan Eropa pada musim panas 2021. Toyota berharap model baru ini bisa melewati Nissan Juke dan Ford Puma.

Sumber: Toyota, autocar

 

Baca Juga: Sempat Tertunda, Toyota Akhirnya Merilis Yaris Cross Hybrid 2020

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Disambut Antusiasme Tinggi, Nissan Mulai Serahkan Kicks e-Power ke Konsumen

JAKARTA, Carvaganza.com – Kehadiran Nissan Kicks e-Power telah menjadi sensasi bagi pasar otomotif di Indonesia, lewat teknologi inovatifnya dalam hal elektrifikasi. Apalagi, Kicks menjadi...

Beli Saham Lebih Banyak, Mercedes-Benz dan Aston Martin akan Semakin Mesra

STUTTGART, Carvaganza.om – Hubungan antara Mercedes-Benz dengan Aston Martin akan semakin mesra ke depannya, dengan semakin posesifnya Mercedes terhadap pabrikan Inggris itu. Karena, Mercedes...

Asuransi Astra Raih Corporate Image Awards untuk Keenam Kali

JAKARTA, Carvaganza -- Citra positif perusahaan menjadi bagian penting. Konsumen akan memiliki kepercayaan jika sebuah perusahaan mempunyai citra yang positif. Inilah yang sukses dilakukan...

Cuma Untuk 999 Konsumen, V-Kool Limited Edition Solitaire Series Dijual Rp 12 Juta

Produsen kaca film, V-Kool, saat ini menawarkan produk terbarunya bernama Limited Edition Solitaire Series. Diklaim sebagai produk kaca film terbaik dan tercanggih saat ini,...

Bocor! Tampang Nissan Navara Facelift Jelang Rilis Pekan Depan

CANBERRA, Carvaganza.com – Nissan siap merilis Navara versi facelift tidak lama lagi. Diumumkan lewat Twitter oleh Nissan Australia, peluncuran New Navara 2021 akan berlangsung...